Beberapa makanan dan minuman disebutkan oleh ALLAH dalam alquran, tentu ini ada maksud tersembunyi di balik nama-nama tersebut. Setelah di gunakan manusia makanan dan minuman tersebut ternyata banyak sekali manfaatnya.

ALLAH menyebut makanan dan  minuman tersebut benar-benar tidak main-main dan ini menjadi pembuktian bahwa alquran adalah sebaik-baik pedoman dalam kehidupan.

Memang, semua makanan yang diberikan oleh ALLAH kepada manusia merupakan makanan yang baik bagi kesehatan, tapi beberapa nama makanan yang disebut dalam alquran ini tentu mempunyai keistimewaan tersendiri.

Berikut nama makanan dan minuman tersebut

1Buah Tin

ahmadfauziansori.com

Buah tin disebut satu kali dalam surat At tin saat awal surat. Buah tin ini mempunyai banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh manusia, seperti unsur gula yang sangat tinggi dan juga mengandung garam utama, seperti kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan K.

Buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti menghentikan pendarahan, mengobati bisul, melancarkan haid, memperlancar kencing dan ASI, mengobati usus dan lambung serta mengobati susah buang air besar.

Tapi kandungan gula yang tinggi, lebih dihindarkan kepada penderita diabetes dan kolestrol, cocoknya buah tin memang untuk orang normal dan untuk anak-anak sebagai penunjang pertumbuhannya.

2Buah Zaitun

mustlieliek.wordpress.com

Berikutnya makanan yang disebut dalam alquran adalah zaitun. Di sebut dalam alquran surat an nahl 11 yang artinya.

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Ya buah zaitu merupakan makanan yang banyak diambil dari minyaknya, dan manfaatnya pun sangat banyak sekali bagi kesehatan manusia.

Manfaat zaitun itu untuk kesehatan rambut, kesehatan kulit, menjaga kesehatan usus,mencegah cacingan pada anak, mecegah percepatan osteoporosis dan jika dikonsumsi anak-anak akan mempercepat dan menguatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

3Kurma

buahdiabetes.com

Sudah tidak bisa diragukan lagi, kurma merupakan salah satu makanan terbaik sepanjang zaman.

Buah disebut dalam alquran beberapa kali, selain seperti dalam surat an nahl diatas, kurma juga disebut dalam alquran surat diantaranya adalah: QS.2: 266, QS.16:11&67, QS.6:141 dan QS.26:148

Kurma mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan yaitu diantaranya untuk mencegah darah tinggi dan stroke, mengendalikan tekanan darah, menambah tenaga, menurunkan kolestrol, anti diare anti radang tenggorokan.

Kurma juga sangat cocok untuk ibu hamil, jadi sebagai manakan penunjang jika ibu hamil terasa mual dan sulit makan.

4Delima

stephanie-land.com

Buah delima merupakan buah yang disebut dalam alquran surat ar rahma yang artinya.

“Pada keduanya juga terdapat buah-buahan, serta pohon-pohon kurma dan delima,”  [Surah Ar-Rahman : ayat 68]

Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan performa pria, seperti kesehatan perut dan juga untuk menguatkannya, kerana mempunyai daya cengkeram yang lembut, bermanfaat juga untuk dada, tenggorokan dan paru-paru.

Mampu mengurangi batuk, menambah pengeluaran mani dan membangkitkan gairah pria. Tapi delima tidak bagus untuk orang yang sakit demam

 

5Anggur

manfaatco.blogspot.com

Anggur disebut oleh ALLAH dalam alquran di surat an nahl 11 yang artinya.

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Manfaat anggur juga sangat banyak sekali seperti sumber gula darah yang terbaik, bahan anti mikroba, menjaga kesehatan jantung, melawan radiasi, perlindungan dari kanker kulit dan sebagai perawatan kulit dan wajah.

6Mentimun

daradaeng.com

Mentimun juga merupakan makanan yang disebutkan dalam alquran.

“Wahai Musa, kami tidak sabar (sudah jemu) dengan makanan yang semacam sahaja; maka pohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, supaya dikeluarkan bagi kami sebahagian dari apa yang tumbuh di bumi.

Dari sayur-sayurannya, dan mentimunnya, dan bawang putihnya, dan adas (kacang dalnya), serta bawang merahnya ……. ”  [Surah Al-Baqarah : ayat 61]

Mentimun memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti meredakan panas dalam, membuang racun, menghilangkan dehidrasi, menyehatkan mata, anti kanker dan cocok untuk perawatan kulit.

7Susu

health.kompas.com

Susu merupakan minuman yang bisa didapat dari hewan, hal ini mengingatkan kita untuk dapat mengambil pelajaran dari hewan ternak, seperti yang tersebut dalam alquran di bawah ini.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu.

Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS An Nahl : 66)

Manfaat susu bagi manusia sangat banyak sekali, seperti melancarkan pencernaan dan siklus pembuangan manusia, menunjang pertumbuhan anak, mencegah osteoporosis dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, mudah lelah dan sering pusing.

8Madu

harianlampung.co.id

Sudah tidak bisa dipungkiri kehebatan dari madu, madu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Madu disebut dalam alquran oleh ALLAH dalam surat an nahl yang artinya.

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia.

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Manfaat madu sendiri seperti sebagai obat batuk dan radang,menjaga fungsi saluran cerna, menambah energi, menjaga imunitas tubuh, mengurangi gelaja alergi dan asma, mencegah bakteri, merawat rambut dan kulit serta dapat menurukan berat badan.