Diet banyak dilakukan oleh kaum wanita. Beberapa wanita mengatakan mereka lebih percaya diri ketika memiliki tubuh langsing.

Sebagian lagi mengungkapkan bahwa diet yang dilakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang terlalu gemuk rentan terserang berbagai jenis penyakit.

Nah, makanan apa saja yang cocok untuk dijadikan menu diet kamu? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1Kacang-kacangan

sehatdokter.com

Siapa sangka makanan berukuran kecil ini ternyata sangat baik dijadikan menu diet.

Sebagian dari kamu pasti khawatir jika mengonsumsi kacang akan membuat tubuh gemuk. Tapi, anggapan itu salah. Justru, kacang mengandung nutrisi yang seimbang untuk dijadikan menu diet.

Jenis kacang yang dianjurkan untuk jadi makanan diet, yaitu kacang almond, mede dan pistachio. Kandungan kalori ketiga jenis kacang ini nyaris sama.

Begitu pula dengan kandungan protein dan seratnya yang bisa menekan nafsu makan saat kamu merasa lapar.

Eits, tapi jangan mengonsumsi kacang tersebut bila telah digoreng. Kacang goreng mengandung lemak omega-6 yang tidak sehat. Nutrisi dalam kacang pun dapat rusak karena dampak penggorengan dengan minyak.

2Sup

huffpost.com

Sup merupakan menu makanan yang efektif menurunkan berat badan. Saat kamu mengonsumsi sup, maka sebagian ruangan dalam perutmu akan penuh. Itulah sebabnya kamu tidak merasa lapar lagi.

Satu mangkuk sup mengandung lebih dari 300 kalori sehingga kamu akan tetap bertenaga walaupun hanya makan sup. Dalam sup biasanya terdapat makanan yang kaya serat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

chentazulya.blogspot.com
chentazulya.blogspot.com

Adanya serat ini akan membantu memperlancar proses pencernaan. Jangan khawatirkan kandungan lemak dalam sup karena termasuk rendah lemak.

Kalau ingin menambahkan protein, kamu bisa memasukan sedikit ayam dan tahu ke dalam sup.

3Cokelat Hitam

huffpost.com

Banyak orang yang takut makan cokelat dengan alasan bisa menyebabkan kegemukan. Cokelat mengandung gula, lemak dan senyawa lainnya yang memang bisa menambah berat badan seseorang.

Tapi, ada jenis cokelat yang justru membantu program diet kamu, yaitu cokelat hitam.

Cokelat hitam baik untuk dikonsumsi saat kamu merasa lapar. Dengan mengonsumsi cokelat tersebut, rasa laparmu dapat dinetralisir. Kamu akan merasa kenyang dan tidak lagi tertarik mengonsumsi camilan lainnya.

4Apel

drakemedia.net

Ada banyak jenis apel di Indonesia. Namun, apel hijau merupakan jenis apel yang paling baik untuk dikonsumsi saat kamu menjalani program diet.

Buah apel memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Cobalah kamu ganti menu buah-buahan yang kamu konsumsi dengan buah apel hijau.

Buah apel hijau akan membantu kamu untuk membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

Kandungan serat dalam apel hijau tergolong tinggi. Ketika kamu mengonsumsi apel hijau, kamu akan merasa lebih kenyang. Hal ini yang akan membuatmu mengurangi makanan tinggi kalori.

Setiap kali kamu mengonsumsi 14 gram serat dalam apel hijau, maka itu setara dengan 1000 kalori yang kamu butuhkan setiap hari.

Mudah bukan cara dietnya?

5Jeruk Bali

necturajuice.com

Percaya atau tidak percaya, Jeruk Bali ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Kamu pasti kenal jeruk ini sebagai buah yang rasanya asam, manis dan segar. Biasa digunakan sebagai makanan pencuci mulut.

Jeruk Bali kaya akan vitamin C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Saat kamu sedang diet, Jeruk Bali ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Jeruk Bali juga mengandung pektin. Adanya kandungan tersebut menimbulkan rasa kenyang setelah mengonsumsinya.

Itulah sebabnya orang yang makan buah Jeruk Bali hanya sedikit makan atau bahkan tidak makan camilan lainnya.