Bagi sebagian orang mungkin buah durian memiliki bau yang tidak menyenangkan dan membuat perut terasa mual. Tapi jika kamu adalah penikmat durian, maka bau durian akan sangat kamu sukai dimanapun dan kapanpun.

Di Indonesia durian bisa kamu temui di beberapa daerah, terutama Medan. Durian khas Medan memang memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan dengan durian-durian daerah lain.

Tapi ternyata durian tidak hanya bisa dimakan secara langsung, tetapi juga bisa diolah menjadi ragam makanan yang akan menggoyang lidahmu. Daging buahnya yang empuk, lembut, dan terasa manis memang cocok dijadikan isian maupun bahan dasar dari makanan-makanan berikut ini.

1Pancake Durian

www.dapurasik.com

Pancake adalah kue dadar sederhana yang biasanya dijadikan menu sarapan, tetapi berbeda dengan pancake durian. Dipadukan dengan cream yang lembut dan berbahan isi durian membuat pancake durian banyak dicari orang.

Makanan olahan asli Medan ini bisa kamu temui di beberapa toko dan online shop. Pancake lebih nikmat jika dipadukan dengan teh hangat atau jeruk hangat. Hmmm, lezat bukan?

2Serabi Durian

joiceyusriani.wordpress.com

Serabi durian kini banyak dicari oleh para pemburu kuliner. Serabi yang dimasak secara tradisional dengan menggunakan tungku kemudian disajikan dengan menggunakan saus durian yang kental dan manis dijamin bikin kamu ketagihan.

Apalagi kalau gratis, pasti kamu akan suka. Ups!

3Tempoyak Durian

resepcaramembuat1.blogspot.com

Tempoyak durian adalah durian yang di feremntasi. Makanan khas Palembang ini sering disajikan sebagai pelengkap lauk pauk, dimakan bersama nasi dan sambal seruit akan membuat tempoyak lebih istimewa dan nikmat.

4Lempok Durian

cipika.co.id

Kalau di Garut makanan ini disebut dengan Dodol Durian, tetapi masyarakat Pontianak menyebutnya dengan Lempok Durian.

Makanan ini sudah menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut karena rasanya yang manis dan aroma wangi khas durian yang begitu menggoda. Lempok durian umumnya berbentuk potongan persegi dan sepintas terlihat mirip dengan bronis.

5Klapertart Durian

gitamicakes.blogspot.com

Klapertart ternyata ada juga lho yang terbuat dari buah durian. Soal rasa jangan ditanya, tentu akan sangat memanjakan lidahmu. Biasanya klapertart durian akan disajikan sebagai hidangan penutup.

Kelembutan klapertart itu sendiri yang berpadu dengan daging buah durian serta taburan kismis akan membuat makanan ini semakin mantap.

Wah! Kalau sudah begini, masih nolak durian? Ngga dong ya.

SHARE