Hamil, adalah momen yang sangat penting bagi kita para wanita. Betapa tidak? karena di masa itu kita akan merasakan setiap detakan yang berasal dari janin yang ada di perut kita. Ibu membutuhkan asupan nutrisi yang tepat selama masa kehamilan.

Janin menyerap nutrisi makanan dari apa yang dimakan oleh ibunya. Maka, sebagai ibu kita harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan selama kehamilan. Ibu yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat juga.

Asupan makanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, selama masa kehamilan pastikan kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk perkembangan janin kita.

Bingung mau makan apa? Oke, disini akan kita berikan jenis- jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk para ibu yang sedang hamil, selamat menyimak..

1Yoghurt

resepharian.com

Adalah makanan rendah lemah dan sumber protein. Sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil, kandungan kalsium dari yoghurt baik untuk pertumbuhan janin, mengapa?

Bayi membutuhkan banyak kalsium untuk perkembangan tulang yang sehat. Seorang wanita yang sedang hamil membutuhkan asupan 1000 mg kalsium per hari.

2Kacang Merah dan Brokoli

bebeclub.co.id

Kacang merah tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga zat besi. Brokoli mengandung banyak air, vitamin C, asam folat dan vitamin B. Kedua jenis makana ini juga sangat baik untuk kamu ibu hamil.

Selama masa kehamilan tubuh dan bayi kamu membutuhkan nutrisi untuk mempertahankan dan membentuk sel-sel baru, yang dapat kamu peroleh dengan banyak mengkonsumsi kacang merah dan brokoli. Jika nutrisi ini tidak terpenuhi, bayi bisa terlahir cacat.

3Ayam dan Telur

cosmomom.net

Adalah salah satu makanan sehat yang kaya vitamin D dan penting untuk mempertahankan metabolisme yang sehat dan penyerapan nutrisi. Ayam dan telur sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Di dalam ayam dan telur ini mengandung banyak protein yang berguna membentuk dan menjaga jaringan otot tubuh dan bayi kamu supaya tubuh dengan baik.

4Oat dan Gandum

id.openrice.com

Adalah makanan pokok pengganti nasi. Lebih sehat dan rendah lemak. Makanan ini juga sangat baik bagi ibu yang sedang hamil. Karena di dalam gandum sangat kaya karbohidrat kompleks, yang membuat seseorang merasa kenyang.

Jadi bagi wanita yang sedang hamil, sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan ini

5Minyak Zaitun

selingkaran.com

Juga sering disebut dengan sebutan minyak ajaib. Minyak ini sangat kaya akan lemak tak jenuh dan vitamin E. Biasanya kita bisa menambahkannya ke salad atau sebagai pengganti minyak goreng.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kasar dan tetap halus elastis.

6Susu

casting.id

Susu sangat diperlukan oleh setiap wanita hamil. Dalam susu sangat kaya akan protein, susu juga mengandung banyak kalsium dan vitamin B12.

Protein berfungsi membangun dan memperbaiki jaringan tubuh (otot, tulang, mata, kulit, jantung, dan hati) membantu pembentukan darah, cairan ketuban dan plasenta.

Membentuk antibody. Protein dibutuhkan sebanyak 60 gr perhari. Sumber protein selain susu terdapat pada kacang-kacangan. Kalsium yang terkandung dalam susu membantu pembentukan tulang dan gigi bayi juga mempersiapkan ASI.

7Jus Jeruk

ibu-hamil.web.id

Dalam jus jeruk tidak hanya mengandung vitamin C dan asam folat, jus jeruk juga merupakan sumber potassium yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi.

Jadi, untuk wanita yang sedang hamil, biasakan minum jus jeruk untuk menjaga kehamilan kita.

Demikian beberapa jenis makanan yang bisa kita jadikan referensi, sangat mudah kita temukan di sekitar kita kan? Semoga bermanfaat.

 

 

SHARE