Melahirkan bayi yang sehat dan cerdas adalah impian setiap orangtua. Untuk meraih mimpinya, seorang ibu hamil harus menjaga dan memilih makanan apa yang boleh ia konsumsi.

Makanan bergizi sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Tujuannya agar berat badan tetap seimbang dan bayi yang ada di dalam kandungan terjaga kesehatannya.

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi penting, di antaranya, zat besi, folid acid, karbohidrat, asam folat, protein, dan lain-lain.

Nah, berikut ini merupakan makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Yuk, simak ulasannya!

1Walnut

cloudfront.net

Kacang memang mengandung antioksidan yang lebih baik dibandingkan vitamin E biasa. Jenis kacang yang mendapat peringkat tertinggi yakni walnut. Kandungan antioksidannya paling baik di antara jenis kacang lainnya.

Kalau kamu tidak suka makanan berupa ikan, cobalah mengonsumsi walnut ini untuk mendapatkan asupan vitamin B kompleks dan omega-3.

Kandungan omega-3 dalam walnut setara dengan yang terkandung dalam ikan salmon. Manfaat omega-3 yakni untuk membantu pertumbuhan otak janin.

2Daging Tanpa Lemak

kitchensoko.com

Manfaat mengonsumsi daging selama kehamilan yakni dapat memperlancar proses pembentukan janin, mencegah risiko janin prematur, pembentukan tulang, dan kekebalan tubuh.

Namun, ada aturan khusus dalam mengonsumsi daging. Ibu hamil dilarang mengonsumsi daging yang banyak lemak dan cepat saji. Daging cepat saji dapat menyebabkan bakteri toksoplasma dan salmonella berkembang di dalam janin.

Cobalah mengonsumsi daging tanpa lemak saja agar janinmu tetap aman hingga persalinan.

3Ubi Jalar

bakeryandsnacks.com

Ingin mata tetap sehat selama hamil? Mengonsumsi ubi jalar adalah solusinya. Ubi jalar mengandung vitamin A yang tinggi dan sangat baik untuk mata.

Kamu boleh memakan ubi jalar sebanyak yang kamu suka. Tidak seperti telur, susu, dan hati yang konsumsinya dibatasi, ubi jalar ini tidak memiliki takaran khusus untuk dikonsumsi.

4Sayuran Hijau

radaronline.com

Sayuran hijau sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak vitamin. Mulai dari vitamin A, C, hingga K. Pilih sayuran yang berwarna hijau tua.

Semakin tua warnanya, maka semakin baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

5Biji-bijian

photobucket.com

Jenis makanan berikutnya yang sangat dianjurkan yakni dari biji-bijian. Salah satu biji-bijian yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil yakni oatmeal.

Kandungan yang terdapat pada biji-bijian yaitu serat dan nutrisi vitamin E yang tinggi.

Zat fitonutrien merupakan zat yang paling banyak terdapat dalam oatmeal. Zat tersebut bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh.

6Alpukat

megabuah.com

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya deforminitas atau kelainan pada janin. Selain itu, alpukat juga mengandung kalsium dan vitamin yang berguna bagi tubuh.

Konsumsilah alpukat secara rutin untuk mencegah terjadinya kelainan seperti, kelainan tulang pada janin.

7Telur

griyawisata.com

Telur mengandung 90 kalori dalam setiap butirnya. Selain itu, telur juga mengandung 12 macam vitamin dan mineral serta protein tinggi.

Salah satu zat yang paling penting untuk ibu hamil yakni kolin. Telur kaya akan zat tersebut. Manfaat kolin yakni membantu pertumbuhan badan dan perkembangan otak bayi.

Di samping itu, kolin juga bisa mencegah cacat tabung saraf. Kandungan omega-3 dalam telur bagus untuk penglihatan dan otak.

8Ikan Salmon

ikanlaut.net

Banyak ibu hamil yang menggemari makanan berupa ikan. Tapi, tidak sembarang ikan bisa dikonsumsi.

Kalau memang sangat menginginkan ikan, cobalah konsumsi ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang paling aman dikonsumsi. Kandungan merkuri dalam ikan salmon terbilang paling rendah.

Ikan salmon bermanfaat membantu pengembangan sistem saraf pada janin. Upayakan kamu mengonsumsi ikan salmon maksimal 12 ons per-minggu.