Selain terkenal dengan industri filmnya, Bollywood, India juga terkenal dengan keragaman masyarakat dan budayanya.

Jumlah penduduk India adalah salah satu yang terbanyak dan terpadat di dunia. Karenanya, tidak aneh jika budaya mereka yang tersebar dari utara hingga selatan juga beragam.

Seperti halnya Indonesia, budaya makanan di India penuh dengan bumbu dan rempah-rempah untuk menguatkan rasa. Dan yang paling menonjol adalah rasa pedas yang jadi cita rasa sebagian besar makanannya.

Bagi kamu yang berniat mengunjungi India, daftar makanan lezat berikut bisa jadi panduan kuliner saat menjelajah.

1Chaat

newyorkseriouseats.com

Dari segi tampilan, makanan satu ini sepertinya tidak tampak pedas. Tapi jangan salah.

Makanan satu ini terbuat dari kentang yang ditumbuk halus. Kentang kemudian disakikan dalam kuah yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, merica, lada, gula dan garam.

Chaat ini sangat terkenal di India bagian utara. Sebagai makanan camilan, chaat dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, pada penjual jajanan.

Di bagian barat India, makanan satu ini memiliki nama lain, yakni ragda pattice.

Ada kalanya makanan ini disajikan sebagai makanan pendamping di restoran-restoran elit India.

2Kaali Daal

foodliciousnan.wordpress.com

Tampak lezat dengan kuah coklatnya bukan? Makanan satu ini juga dikenal dengan ma ki dal. Kaali daal juga termasuk makanan yang sangat populer di daerah India bagian utara.

Kaali daal dikenal sebagai makanan kaum ekonomi kelas bawah. Makanan ini terbuat dari lentil (seperti kacang) hitam dengan kuah kari.

Saat dimakan, lentil akan terasa empuk. Untuk mencapai tingkat keempukkan tertentu ini, lentil butuh dimasak dalam waktu cukup lama.

Makanan ini biasa disajikan bersama dengan roti, di India utara. Sedangkan di India bagian selatan, kaali daal sering disajikan bersama dengan nasi hangat.

3Rogan Josh

youtube.com

Dari segi tampilan saja, makanan ini tampak pedas. Rogan josh adalah makanan yang berasal dari daging ayam atau daging domba.

Daging yang digunakan dimasak dengan kombinasi rasa yogurt, daun salam, merica, ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Untuk penyajiannya, ditambahkan paprika dan cabai Kashmir.

Oleh karenanya, makanan satu ini sangat kaya rasa dan cocok bagi kamu pecinta makanan pedas.

4Chole

foodliciousnan.wordpress.com

Tampilan cabai di atasnya membuatnya memiliki rasa pedas yang memikat.

Makanan satu ini adalah hidangan rumahan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah buncis, bawang dan tomat

Chole biasanya dijadikan lauk utama atau sebagai makanan pembuka. Rasa rempah yang kuat akan semakin nikmat jika disantap selagi makanan ini masih panas.

5Idli dan Sambar

en.wikipedia.org

Jika keempat jenis makanan tadi adalah mkananan berat, maka Idli dan Sambar adalah jenis makanan ringan berupa kue.

Kue ini terbuat dari fermentasi kacang hitam dan nasi. Pada saat disajikan, Idli biasanya dipasangkan bersama Sambar yang dibuat dari sayuran rebus dan memilikir asa pedas.

Kelengkapan jenis bahannya membuat hidangan ini mengandung gizi yang tinggi. Bahkan World Health Organization (WHO) menyatakan masakan ini sebagai salah satu makanan yang tinggi dan cocok untuk disajikan sebagai bekal.

bandung.panduanwisata.id
bandung.panduanwisata.id

Demikian tadi makanan lezat yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi India. Selain lezat, makanan dengan rasa pedas ini cocok untuk kamu pecinta makanan pedas.

Pada saat mengunjungi India, tentu berburu kuliner khasnya yang lezat menjadi salah satu menu wajib yang harus dilakukan.

Kombinasi yang pas ketika mengunjungi India sekaligus menikmati budaya India yang kaya akan ragam dan bentuk.