Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah penyakit tulang yang satu ini. ‘Osteoporosis’, ia merupakan suatu kondisi dimanan kualitas dan kepadatan tulang berkurang.

Lebih mudahnya kita memahami bahwa kondisi ini membuat tulang menjadi rapuh sehingga bisa menyebabkan risiko patah tulang.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penyakit osteoporosis antara lain merokok, keturunan, maupun aktivitas fisik.

Biasanya yang berisiko lebih besar terkena penyakit ini adalah wanita berusia di atas 40 tahun. Osteoporosis berkaitan erat dengan tulang, maka dari itu pentingnya kita menjaga nutrisi-nutrsi yang dapat menyehatkan tulang.

Nutrisi tersebut antara lain vitamin D, vitamin K, seng dan magnesium. Nah, berikut terdapat beberapa makanan yang dapat mencegah dan mengurangi risiko osteoporosis.

1Ikan

sikantong.blogspot.com

Ikan kaya akan kalsium. Selain lezat ikan sangat sehat dan baik bagi tulang. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya dapat dengan sempurna melawan osteoporosis.

Contoh ikan yang memiliki sumber kalsium terbesar adalah ikan sarden dan ikan salmon. Kamu bisa mencobanya.

2Susu

www.uripesehat.com

Sudah bukan hal asing lagi, susu dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tulang.  Mengkonsumsi susu secara teratur dapat mengurangi gejala osteoporosis.

Susu kaya akan kalsium, protein, dan vitamin yang juga dapat mencegah penuaan dini.

3Yoghurt

www.5viral.com

Yummy, dibalik nikmatnya yoghurt, ia memilki khasiat yang baik bagi tulang. Yakni dapat efektif mengurangi risiko osteoporosis.

Minuman dengan rasa asam ini adalah sumber kalsium yang baik selain itu juga mengandung vitamin D yang dapat mencegah kehilangan nutrisi tulang. Tulangpun akan sehat.

4Telur

www.galeritelur.com

Telur kaya akan vitamin, protein, kalsium, dan folat yang dapat melindungi kesehatan tulang. Alangkah baiknya jika telur dikonsumsi setiap hari.

Kandungan protein alami dalam telur dapat mencegah osteoporosis.

5Pisang

www.penabiru.com

Pisang merupakan buah yang mudah kita temui. Buah ini bisa dikatakan salah satu buah favorit bagi sebagian orang karena memiliki tekstur lembut, mudah dicerna dan rasanya manis segar.

Mengkonsumsi pisang secara teratur dapat menyerap kalsium dan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang.

Sehingga pisa juga efektif dalam mencegah osteoporosis.

6Kacang

panduanhidupsehat.com

Tahukah kamu bahwa kacang mengandung vitamin D, kalsium, serat dan antioksidan. Makanan ini dapat dijadikan pilihan sebagai makanan yang baik untuk mencegah osteoporosis.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat mengurangi risiko osteoporosis. Semoga bermanfaat.