Ketika kita menjadi orang tua tentu kita menginginkan anak-anak kita tumbuh dengan sehat. Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu yang memiliki anak-anak yang tidak hanya sehat namun juga memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Kecerdasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan atau genetik dan asupan nutrisi yang diberikan orang tua.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang nutrisi yang dapat menunjang kecerdasan si buah hati. Bagi seorang ibu, nutrisi yang baik bisa diberikan ketika bayi masih dalam kandungan.

Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik atau mengandung gizi yang baik akan berperan dalam mendukung tumbuh kembang otak janin dalam kandungan.

Sebaiknya ketika hamil, ibu sudah mulai menjaga pola makanan dengan makanan sehat supaya bisa mendapatkan anak-anak yang cerdas.

Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi agar mendapatkan anak yang cerdas.

1Ikan Salmon

www.expatads.com

Ikan salmon memang sangat terkenal akan kandungan gizi yang sangat baik bagi otak dan kecerdasan otak. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam ikan salmon antara lain asam lemak omega-3, protein, EPA dan DHA.

Bagi para ibu hamil dapat mengonsumsi ikan salmon ini. Nutrisi yang ada di dalamnya dapat memaksimalkan tumbuh kembang otak janin.

2Kacang Hijau

www.reportaseterkini.com

Kacang hijau sudah lama dipercaya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan baik jika dikonsumsi.

Di dalam kacang hijau mengandung nutrisi yag lengkap antara lain protein, asam folat, potassium, zat besi, zink, magnesium, dan vitamin C.

Maka dari itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau. Kandungan gizi yang lengkap sangat baik bagi janin.

3Telur

mediaterkini.tk

Telur mengandung kholin dan protein yang sangat bermanfaat dalam mendukung perkembagan otak janin.

Tentu telur baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak hanya ibu hamil, telur juga sangat baik kita konsumsi setiap hari.

4Sayuran

anekatop10.com

Kita disarankan untuk mengonsumsi sayuran setiap hari. Sayur sangat baik bagi kesehatan. Tentu, hal ini juga berlaku pada ibu hamil.

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayuran berwarna cerah. Sayuran yang berwarna cerah mengandung antioksidan tinggi, kandungan ini bermanfaat mempertahankan kesehatan membran sel.

5Susu

ldncallsmeastranger.blogspot.com

Susu mengandung protein, vitamin D, vitamin B, dan kalsium yang bermanfaat mendukung pertumbuhan otak.

6Biji-bijian

vincentloegiono.files.wordpress.com

Selain makanan di atas, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi biji-bijian. Misalnya gandum.

Gandum kaya akan serat yang sangat baik bagi kesehatan dan janin dalam kandungan. Makanan ini membantu memberi nutrisi untuk janin sehingga mengurangi risiko melahirkan bayi cacat.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin B di dalam gandum membantu dalam menjaga sistem saraf agar tetap sehat.

7Buah-buahan Tertentu

buahan-sehat.blogspot.com

Terdapat beberapa buah-buahan yang baik bagi ibu hamil. Antara lain alpukat, jeruk, pisang, pepaya, buah berry, dan lain-lain.

Buah-buah tersebut mengandung gizi yang tinggi seperti antioksidan, omega-3,vitamin C, dan mineral penting.

Makan sehat saja tidak cukup, ibu hamil juga perlu menjaga pola gaya hidup yang sehat. Olahraga ringan, istirahat cukup dan tidak lupa untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter.