Jepang sebagai bangsa timur seperti Indonesia, pastinya juga punya tradisi yang kental. Bahasa, etika, dan tata krama masih terjaga di negara matahari tersebut. Begitu pula dengan tradisi kuliner yang sangat kaya di sana.

Jepang seperti tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Persentuhan budaya itu mulai dari sebelum kemerdekaan Indonesia. Bagi generasi tua, Negara Jepang mungkin selalu terngiang sebagai negara penjajah.

Kakek nenek kita sering menceritakan kekejaman penjajahan Jepang walaupun periodenya sangat singkat, yakni selama 3,5 tahun.

Bagi generasi muda, Jepang sangat identik dengan kemajuan teknologi. Mulai dari otomotif, elektronik, sampai dengan gadget, banyak produk Jepang merajai pasar Indonesia. Siapa yang tidak tahu merk Toyota, Honda, Sony, Toshiba, dan banyak lainnya.

youtube.com
youtube.com

Beda lagi bagi anak-anak dan remaja, Jepang bagi mereka identik dengan film kartun (anime) yang keren. Jaman dulu kartun legendaris Doraemon, kalau sekarang Naruto juga tidak kalah digemari.

Bicara tentang kuliner, poin terakhir di atas yang banyak memperkenalkan kuliner Jepang ke Indonesia. Film-film anime seringkali menayangkan nama-nama makanan yang biasa dimakan masyarakat Jepang.

Selain film anime, film drama dan action juga ramai ditonton di Indonesia.

Pelajar dan tenaga kerja yang mengadu nasib di Jepang juga menjadi agen budaya yang turut mempromosikan kuliner Jepang. Akhirnya saat ini banyak jenis makanan dari Jepang yang akrab di lidah dan telinga kita.

Apa saja makanan Jepang yang populer di Indonesia? Ini dia daftarnya.

1Ramen

dapurasik.com

Bagi kamu penggemar film Naruto, pasti kamu tahu makanan paling disukai Naruto ini. Mie ramen sangat sering hadir dalam banyak tayangan film Jepang. Selain sangat enak dan mengenyangkan, makanan ini juga mudah dibuat.

Mie ramen adalah campuran kuah kaldu (biasanya dari babi) dengan bahan-bahan lezat seperti menma, chasiu, telur, dan juga irisan daun bawang yang membuat rasa mie ramen lebih gurih.

Kamu bisa mencoba untuk membuatnya di rumah, tentunya dengan kaldu dari daging yang halal. Kalau tidak sempat membuatnya, saat ini sudah marak rumah makan yang secara khusus menyajikan mie ramen yang dapat kamu beli.

2Dorayaki

resepmasakterbaru.com

Ingat Doraemon pasti akan ingat makanan ini, kartun yang sangat legendaris di Jepang maupun di Indonesia telah memperkenalkan kue tradisional dorayaki ke seluruh dunia.

Bentuknya bundar pipih sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan sangat manis karena berasal dari adonan yang mengandung madu.

3Sushi

belmontmarket.com

Selain karena banyak dipopulerkan dalam film-film Jepang, sushi banyak disukai di Indonesia karena bahannya yang cocok. Sushi sebenarnya adalah nasi yang dibentuk/dibungkus bersama lauk.

Lauk bisa beragam, biasanya yang dipilih makanan laut, daging, dan sayuran mentah atau matang. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka, beras, garam, dan gula.

4Teriyaki

id.wikihow.com

Di salah satu film Fast and Furious yang mengambil setting lokasi di Tokyo ada satu lagu OST yang terkenal. Lagu tersebut dinyanyikan oleh grup yang bernama Teriyaki Boyz.

Nama makanan Teriyaki kini sangat populer di Indonesia. Teriyaki sendiri sebenarnya adalah saus yang disiramkan ke makanan lain seperti ikan dan daging.

Cara memasaknya adalah  dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk selanjutnya menggunakan saus teriyaki. Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran sama semua.

5Onigiri

itadakimasuanime.wordpress.com

Ini makanan yang sering dijadikan bekal perjalanan bagi orang Jepang. Dalam film-film Jepang, onigiri sering tayang sebagai makanan ninja. Mungkin karena ninja nggak sempet masak atau jajan di warung kayaknya ya.

Sama seperti sushi, onigiri juga terbuat dari nasi yang dipadatkan. Sewaktu masih hangat nasi dipadatkan sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras.