Nampaknya sudah mulai sedikit demi sedikit orang yang paham akan pola hidup sehat. Tidak heran sekarang ini banyak yang mulai memilah-milah makanan, ya, tentu dengan alasan kesehatan. Selain itu, di antara mereka juga beralasan ingin menjaga penampilan.

But did you know Guys? Kadang sih ya tapi, ada makanan yang katanya sehat, tapi di balik itu semua, terselip bahaya yang tak terduga lho.

Mereka punya efek buruk yang sama dengan makanan berlemak kadar tinggi! Jauh dari ekspektasi bukan? Mau tahu makanan apa saja yang sehat tapi katanya saja? yuuk disimak disini.

1Roti Putih

health.liputan6.com

Ada beberapa negara dengan makanan pokok roti putih. Tapi sebenarnya, roti putih mengandung banyak gula dan tetap tak bisa mengenyangkan pemakannya.

Justru yang lebih baik dari roti putih ini adalah roti gandum, karena roti gandum mengandung serat lebih banyak sehingga dapat mengenyangkan lebih lama. Tidak heran jika roti gandum cocok bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan.

2Ayam Goreng

saimenbakery.com

Kita tahu, tubuh memerlukan asupan protein setiap harinya. Di Indonesia bahan makanan paling populer dan mudah didapat untuk sumber protein adalah daging ayam.

Tapi sayangnya pengolahannya kebanyakan digoreng. Tentu akan menimbulkan bahaya penyakit baru bukan?  Gorengan memang enak, tapi waspadalah terhadap tekanan darah dan tingkat kolesterolmu.

Benar sih protein Guys, tapi pengolahannya juga harus sehat, yups, agar protein dapat masuk dengan baik ke dalam tubuh kita. Kita bisa mengolahnya dikukus atau dipanggang.

3Salad dengan Saus Krim

aliexpress.com

Nah, yang satu ini santapan vegetarian Guys. Salad memang bernutrisi karena tersusun atas sayuran, buah, dan bahan rendah kalori lainnya.

Akan tetapi kebanyakan mereka kurang memperhatikan saus salad yang mereka konsumsi. Ya pokoknya asal salad, pasti sehat begitu saja. Perlu kamu tahu, bahan krim yang ada dalam saus salad ternyata mengandung banyak lemak dan kalori.

Kita bisa menggunakan saus berbahan minyak sayur untuk saus salad kita. Selain ringan untuk pencernaan, saus yang satu ini punya kalori yang lebih sedikit.

4Nasi Putih

bebekgarang.com

Di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia, nasi putih menjadi makanan pokok sehingga banyak yang beranngapan kalau tidak nasi putih tidak sehat. Padahal, nasi putih justru membuat tubuh menyimpan lemak ketika tak dibutuhkan.

Selain karbohidrat, tak ada lagi kandungan gizi yang dipunyai nasi. Lha, lalu apa kalau bukan nasi putih? Nasi merah Guys jawabannya, karena selain banyak serat, nasi merah juga lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi.

Satu lagi, beras merah juga membuat orang tahan kenyang lebih lama sehingga cocok bagi mereka yang berprogram diet.

5Sirup Jagung

food.detik.com

Sampai saat ini masih banyak diperdebatkan tentang penggunaan sirup jagung sebagai pengganti gula karena kadar kalorinya yang rendah. Tapi nyatanya sirup jagung dapat mempercepat penambahan berat badan yang drastis.

Selain itu, seseorang yang mengonsumsi sirup jagung lebih besar kemungkinannya untuk makan makanan manis yang lain.

Semua orang tahu bahwa makanan manis dapat menyebabkan diabetes jika dimakan secara berlebihan.Pakar medis lantas menyarankan penggunaan buah atau madu sebagai untuk pengganti gula.

Apakah kalian adalah salah satu yang tertipu makanan yang digadang-gadang sebagai makanan sehat ini? Sayang sekali, tapi sekarang sudah tahu bukan? Semoga bermanfaat!