Berbicara tentang bulan suci Ramadhan, maka tak jauh juga pada pembicaraan tentang hari raya Idul Fitri. Hari raya yang merupakan hari kemenangan sekaligus umat Muslim kembali kepada kesucian.

Setelah sebulan penuh berpuasa menahan haus, lapar, dan hawa nafsu, Allah memberikan ganjaran kenikmatan ampunan dan fitrah (kesucian) pada hambaNya yang telah berhasil kuat sampai menemui Idul Fitri.

Idul Fitri datang di tanggal 1 Syawal, setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Pada hari ini semua umat Muslim diharamkan berpuasa, dan disunnahkan menjalankan sholat Id berjamaah di masjid.

Selain itu, di Negara Indonesia kita ini, ada beberapa tradisi yang mewarnai suasana keakraban dan suka cita di hari yang penuh kesucian tersebut. Salah satunya adalah berbagai makanan yang biasa dihidangkan untuk menjamu sanak saudara.

Nah, membicarakan tentang makanan khas Idul Fitri ala masyarakat Indonesia ini, pasti kamu sudah akrab sekali dengan makanan-makanan di bawah ini kan?

1Opor Ayam

youtube.com

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang ngangenin. Gurihnya bumbu opor sangat kental dengan suasana keakraban di hari raya Idul Fitri.

Makanan yang terbuat dari santan gurih dan ayam serta ada tambahan tahu atau tempe ini, kadang disajikan dengan cita rasa pedas sekali, pedas sedang, atau tidak pedas sama sekali.

Selain bisa dimakan langsung, masyarakat Indonesia biasanya juga menyantapnya dengan nasi atau lontong, atau juga dengan ketupat.

Memang kebanyakan masyarakat pulau Jawa yang menyediakan masakan ini, namun sekarang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia ikut menyediakan masakan ini saat hari raya Idul Fitri tiba.

2Ketupat

satujam.com

Ketupat merupakan makanan yang terbuat dari nasi, mirip dengan lontong, dan dibungkus dengan daun kelapa (janur), dijalin sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah bentuk belah ketupat.

Makanan ini sangat lekat dengan Idul Fitri bahkan menjadi ikon bagi hari raya umat Muslim tersebut.

Selain bisa dimakan dengan opor, ketupat juga bisa dimakan dengan masakan atau lauk pauk lainnya.

3Sambel Goreng Hati

devitashiyamawati.wordpress.com

Masakan ini mulanya memang hanya dimasak oleh masyarakat Jawa, namun kemudian masyarakat luar Jawa mulai memasakan masakan ini dan menjadikannya sebagai salah satu makanan khas Idul Fitri di Indonesia.

Sambal goreng hati terbuat dari kentang dan campuran hati ayam serta petai, dengan bumbu setengah pedas sampai pedas sekali yang amat khas.

4Kue Kering

kumpulanfotogambarwallpaperterbaru.blogspot.com

Untuk makanan ringannya, masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dengan hadirnya jajanan seperti kue kering dan jajanan kering lainnya di meja ruang tamu, tempat dimana para tamu yang akan bersilaturahim bertandang ke rumah.

Kue kering selain praktis juga diminati karena tahan lama dan rasanya yang lezat serta gurih.

Hmm, setelah membaca tentang makanan khas Idul Fitri di masyarakat Indonesia di atas, apakah perasaan rindumu pada hari raya Idul Fitri semakin besar? Hehehe.