penulispro.com

Nostalgia 5 Makanan Khas Indonesia yang Tak Lekang Usia

Posted on

Rindukah kamu dengan jajanan pasar murah meriah nan lezat yang dulu mewarnai masa kecilmu? Sekarang sudah banyak jenis makanan baru yang berasal dari mancanegara. Makanan asing tersebut seakan menggeser posisi makanan tradisional Indonesia.

Padahal, makanan daerah tak kalah lezat lho dengan makanan barat. Beragamnya suku dan budaya di Indonesia ternyata juga mempengaruhi keberagaman makanannya. Masih ingatkah kamu dengan makanan khas Indonesia yang umumnya dikonsumsi masyarakat?

Kalau lupa, yuk kita nostalgia!

Grontol

elliprakoso.blogspot.com
elliprakoso.blogspot.com

Pernah mencoba grontol? Camilan ini berupa jagung pipil yang disajikan dengan kelapa parut. Grontol adalah makanan tradisional yang berasal dari jagung yang direbus dan dihidangkan dengan diberi taburan parutan kelapa.

Hampir sebagian besar wilayah Jawa tengah mengenal makanan tradisional yang unik ini. Grontol bisa ditemui di Jawa Tengah, seperti di Pasar Gede Harjonagoro, Solo.

Di sana, biasanya jagung yang digunakan berwarna putih dan disajikan di wadah daun pisang dengan sendok janur. Di Jawa umumnya grontol hanya dimakan dengan taburan kelapa parut dan sedikit garam.

Di Jakarta juga kadang-kadang ada, dijajakan dengan gerobak atau sepeda. Grontol terkadang dijual bersama jajanan tradisional lainnya, seperti cenil, tiwul, gatot, ciwel, dan getuk. Seporsi grontol dijual dengan harga Rp 3.000-5.000.

Jagung yang dipakai tak sekadar direbus atau dikukus seperti camilan jagung manis modern. Jagung pipil direbus dengan air kapur sirih agar kulit biji jagungnya pecah. Setelah air rebusan dibuang, biji jagung dicuci dengan tangan untuk membuang kulitnya.

Biji jagung kemudian direbus lagi dengan air bersih hingga mekar dan matang. Jadilah jagung pipil rebus yang tampak lebih besar dan bertekstur agak padat. Setelah dicampur dengan kelapa parut, gula pasir, kinca, atau garam, siap dinikmati!

Bubur Sumsum

noble-house.tk
noble-house.tk

Bubur sumsum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengan kuah manis (air gula merah). Dibuat dari bahan tepung beras. Makanan ini selain terdapat di Indonesia juga terdapat di Malaysia.

Bubur sumsum merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang disajikan dengan kuah gula merah.

Bubur sumsum ini memiliki rasa yang enak sehingga makanan ini banyak digemari oleh semua orang disetiap kalangan. Selain rasanya yang enak, bubur ini memiliki tekstur yang halus dan lembut cocok dengan lidah kita.

Bubur sumsum kini sudah banyak dijual oleh para pedagang pinngir jalan maupun pedagang keliling, sehingga kita tidak terlalu sulit untuk mencari bubur sumsum.

Meskipun demikian, bubur sumsum sangat mudah untuk kita buat sendiri dengan bahan yang mudah untuk kita dapatkan. Bubur ini juga sangat cocok untuk makanan bayi atau orang yang sedang sakit apalagi orang yang sehat.

Kue Rangi

aniverdi.blogspot.com
aniverdi.blogspot.com

Kue Rangi atau sering disebut sagurangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih mudah dijumpai hingga saat ini.

Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu.

Untuk saus gula merahnya bisa juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera. Kue ini rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.

Cetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong atau bandros tapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue jadi hanya dikecilkan dan ditipiskan ukurannya.

Bahan serta bumbu untuk membuat kue rangi antara lain: kelapa tua, tepung sagu, gula merah serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama sehingga harus dihabiskan dalam satu hari karena mudah basi.

Getuk Lindri

jendelakuliner.com
jendelakuliner.com

Getuk merupakan jenis makanan dengan bahan utama dari ketela pohon atau singkong. Getuk adalah makanan yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Pengolahan getuk berawal dari singkong yang dikupas selanjutnya dikukus atau direbus dan sesudah matang ditumbuk atau digiling kemudain ditambahkan gula pewarna makanan. Untuk penyajian seringnya dengan taburan parutan kelapa.

Getuk lindri terkenal disebabkan cita rasanya yang empuk dan nikmat. Sajiannya yang seringkali beraneka warna membuat makanan ini memiliki daya pikat tersendiri.

Panganan ini umumnya dijual dengan gerobak ditemani suara tembang Jawa dengan volume kendang. Maka, hadirnya penjual getuk lindri dapat dikenali dari bunyi musik dan gerobak dorongnya.

Cenil

culturenesia.com
culturenesia.com

Kue cenil merupakan salah satu kue basah yang berbahan dasar tepung kanji. Kue ini lebih di kenal dengan ke unikanya yang berwarna warni.

Di samping itu, citarsanya juga sangat enak. Apalagi di tambah dengan parutan kelapa dan gula pasir membuat sajian ini banyak di gemari berbagai kalangan masyarakat.

Tidak heran jika kue cenil banyak di cari masyarakat untuk manyajikannya saat acara hajatan atau bebrapa acara yang lain.

Untuk proses membuat kue cenil memang cukup mudah, meskipun ada beberapa tahap dalam membuatnya. Bahkan bahan-bahan yang di gunakanpun sangat sederhana. Jadi tidak perlu banyak bahan jika sedikit bahan pun bisa di lah menjadi makanan yang sangat enak.

penulispro.com
penulispro.com

Nah, inilah beberapa contoh jajanan pasar yang luar biasa nikmat dan lezat. Kenapa di sebut jajanan pasar? karena makanan ini lebih banyak ditemukan di pasar daripada di toko-toko besar, supermarket, atau kedai.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *