Indonesia kaya akan ragam budaya, suku dan bahasa. Tidak itu saja, setiap daerah juga memiliki masakan khas yang begitu lezat.

Uniknya, disamping setiap daerah memiliki masakan khasnya masing-masing. Ada juga masakan yang sudah dikenal luas di seluruh Indonesia.

Aneka masakan ini sudah menjadi makanan favorit rakyat Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua hampir dipastikan kamu bisa menemukan warung atau rumah makan yang menjual makanan ini.

Mulai dari pedagang makanan kaki lima hingga restoran bintang lima.

Namun, tahukah kamu jika terdapat masakan yang sudah menjadi primadona khas asli Indonesia tapi sebenarnya asal muasalnya bukan dari Indonesia.

1Nasi Goreng

resepmasakankomplit.com

Kapan saja, di mana saja kamu bisa menikmati masakan satu ini. Pasti selalu pas di lidah. Baik di waktu pagi, siang, sore, apalagi bila dikonsumsi di malam hari. Kelezatannya selalu bisa kamu rasakan.

Selain itu, untuk mendapatkan nasi goreng cukup mudah. Hampir di setiap sudut kota kamu akan menemukannya. Bahkan jika kamu tidak dapat menemukannya, membuat sendiri pun sangat mudah.

Perkembangan teknologi informasi yang kian maju membuat para pedagang nasi goreng mulai berinovasi menambah varian campuran menunya.

Ada yang menambahkan seafood, sosis, bakso, ampela ati, daging, dan lain sebagainya.

pergidulu.com
pergidulu.com

Warnanya pun kian bervariasi. Mulai dari nasi goreng merah, putih, hijau,bahkan ada juga nasi goreng hitam.

Nasi goreng Indonesia memang terkenal lezat. Bahkan orang-orang luar negeri pun sangat menggemari makanan ini. Akan tetapi, nasi goreng ternyata bukanlah berasal dari Indonesia.

Konon makanan ini berasal dari negeri Tiongkok dan sudah ada sejak 4000 Sebelum Masehi.

Makanan berbahan nasi ini tercipta karena bangsa Tionghoa tidak suka dengan makanan dingin atau sisa kemarin. Sehingga nasi yang telah dingin akhirnya digoreng dan dihidangkan kembali.

Nasi goreng tersebar hingga Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia dengan dibawa oleh para perantau Tionghoa.

2Mie

bidikutama.com

Mulai dari mie buatan sendiri hingga mie cepat saji sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia. Para pedagang mie di negeri ini sangat banyak jumlahnya.

Jika kamu mencoba berkeliling untuk mencari variasi menu mie juga akan mudah menemukannya.

Di negeri ini bahkan ada produk mie cepat saji yang memiliki banyak variasi rasa dan keberadaannya pun cukup fenomenal hingga produk ini telah diekspor ke luar negeri.

wilandwayanskitchen.com
wilandwayanskitchen.com

Makanan yang terbuat dari adonan tipis memanjang dan digulung ini berbahan baku tepung terigu dan telor. Walaupun erat kaitannya dengan Indonesia, namun mie justru berasal dari luar negeri.

Negara seperti Italia, Tiongkok dan Jazirah Arab mengklaim sebagai negara penemu mie.

Namun sebuah tulisan tertua yang membahas tentang mie menyatakan bahwa makanan ini ada sejak Dinasti Han Timur antara tahun 25 hingga 220 Masehi.

Bisa jadi mie memang berasal dari dataran Tiongkok.

3Siomay

perusahaanku.co

Terkadang setelah makan nasi atau mengkonsumsi makanan utama lainnya, kamu masih tetap merasakan lapar.

Padahal waktu belum memasuki jadwal makan berikutnya. Siomay bisa menjadi makanan sampingan untuk mengganjal perutmu yang sudah mulai lapar.

Siomay berbahan tepung dibungkus dengan kulit pangsit. Ada beragam isi di dalamnya. Mulai dari ikan, daging ayam dan daging sapi.

rajasiomay.besaba.com
rajasiomay.besaba.com

Penyajiannya bisa ditambahkan bahan pelengkap lainnya seperti kol, kentang, tahu, telor, serta saus kacang yang nikmat.

Tetapi, siomay bukan berasal dari Indonesia. Bangsa Mongolia Dalam adalah yang pertama kali membuat dan mengkonsumsinya.

Siomay menjadi makanan harian mereka hingga akhirnya dikenal dan tersebar di seantero Indonesia.