Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, suku dan agama. Keaneragaman itulah yang membuat Indonesia juga memiliki keunikan, mulai dari bahasa hingga kulinernya.

Segala rupa dan bentuk seni, budaya dan suku di Indonesia memang telah tersohor di dunia. Namun, tidak hanya itu, kuliner khas Indonesia ternyata juga berhasil merebut hati penduduk dunia.

Ingin tahu, kuliner apa saja yang terkenal di mancanegara? Baca terus, yuk!

1Rendang

recipeshubs.com

Siapa yang tidak kenal rendang? Masakah yang dikenal berkuah buket dan rasanya lezat. Apalagi jika diberi tambahan sensasi pedas, dijamin menggugah selera makan kamu.

Hebatnya, masakan rendang ini menjadi kuliner yang tersohor di seluruh dunia. Rendang yang asli dari tanah Minang memang berhasil mengambil hati warga dunia.

Perhatian masyarakat dunia terhadap rendang dibuktikan dengan adanya penghargaan ranking satu versi CNN untuk masakan rendang.

Rendang dinilai sebagai makanan terlezat di dunia. Wow, fantastis bukan? Kamu sebagai Bangsa Indonesia mestinya bangga dong.

Kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri, tidak perlu takut tidak bisa makan rendang. Pasalnya, rendang dapat kamu jumpai di warung padang di seluruh dunia.

2Nasi goreng

recipeshubs.com

Nasi goreng khas Indonesia menjadi makanan favorit para turis asing yang berkunjung di Indonesia.

Bumbu rempah-rempah yang bertabur di dalam nasi goreng membuat rasa dan aroma masakan nasi goreng Indonesia berbeda dari yang lainnya.

Lagi-lagi kuliner Indonesia yang jadi juaranya. Nasi goreng pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat kedua oleh CNN pada tahun 2011. Sungguh prestasi yang luar biasa.

3Ketoprak

rivalargie.wordpress.com

Ketoprak yang ini bukan ketoprak sandiwara, lho, melainkan makanan ketoprak.

Kamu bisa menjumpai banyak penjual ketoprak di daerah Jakarta. Penjual ketoprak menggunakan fasilitas gerobak dorong yang dijajakan di pinggiran jalan.

Rasa ketoprak memang khas. Bahan-bahan yang dicampur dalam ketoprak, yakni bihun, kecambah, timun, tahun dan telur rebus.

Taburan sambal kacang di atasnya membuat ketoprak semakin lezat. Apalagi jika ditambahkan kerupuk dan emping melinjo, kriuknya makin menggoda selera.

4Gudeg

flickr.com

Kalau kamu pergi ke Yogyakarta, pasti menjumpai makanan gudeg. Gudeg sekarang tidak hanya dijual di daerah Yogyakarta tetapi juga hampir di seluruh Indonesia.

Nasi gudeg memang khas. Nasi gudeg memiliki rasa manis, gurih dan pedas.

Campuran lauk yang istimewa di atas nasi gudeg adalah nangka muda yang diolah menggunakan santan. Lauk lainnya yang ditambahkan yakni telur, sambal krecek dan kerupuk.

Melihat nasi gudeg sedemikian lezatnya, apakah kamu masih bisa menahan lapar?

5Gado-gado

gisaubc.com

Gado-gado dan salad merupakan makanan serupa tapi tak sama. Gado-gado berasal dari daerah Jawa. Bumbu gado-gado inilah yang menjadikannya berbeda dengan salad.

Gado-gado merupakan campuran sayur-mayur, telur rebus, kentang dan ditaburi bumbu kacang.

Sayur-mayur yang digunakan untuk bahan gado-gado sebelumnya direbus dan diiris kecil-kecil. Sementara makanan salad, sayuran dimakan mentahan dan tidak ada bumbu kacang.

Makanan gado-gado memang sudah digilai oleh penduduk dunia. Saking terkenalnya, gado-gado ini dijadikan salah satu menu yang diracik oleh seorang chef internasional.

Acara memasak tersebut ditayangkan di sebuah stasiun televisi luar negeri. Luar biasa ya, guys!

6Tempe

poenx13.wordpress.com

Nah, ini dia makanan yang dulunya hanya ada di Indonesia. Sejak berabad-abad lalu, tempe dikenal sebagai makanan favorit berprotein tinggi. Kandungan proteinnya sama dengan daging.

Kini, makanan yang dibuat dari kacang kedelai ini sudah diproduksi di luar negeri juga. Tempe jadi makin terkenal. Jadi, jangan malu makan tempe, ya!

7Soto

recipeshubs.com

Makanan khas Indonesia yang terkenal di mancanegara lainnya yakni soto. Kuliner ini sangat digemari wisatawan asing jika berkunjung di Indonesia.

Soto, pada dasarnya adalah makanan yang berisi potongan-potongan daging di dalam kuah kental berbumbu rempah-rempah.

Biasanya, soto juga disajikan bersama kecambah dan jeruk nipis. Bahkan beberapa daerah di Indonesia menambahkan tauco untuk penyedap rasa dalam soto. Pokoknya, rasa soto khas Indonesia tiada duanya.

Mau itu Soto Betawi, Banjar, Tegal, Madura atau Solo, semuanya tetap soto khas Indonesia. Soto pernah menggemparkan warga Spanyol, lho.

Sebuah stasiun televisi bernama Telemadrid menyiarkan acara memasak soto khas negeri permadani ini.

Ayo, siapa ingin mencoba kuliner soto?