Makanan ini belum begitu familiar di lidah masyarakat Indonesia pada umumnya. Kalau kamu ingin mencicipi makanan ini pun tidak bisa ditemukan dengan mudah di pinggir jalan, di pasar, atau di kedai.

Lain ceritanya kalau orang asli daerah ini yang memasaknya langsung atau kamu berkunjung ke tempat asal muasal makanan ini dibuat.

Makanan ini berasal dari Papua Barat. Ibukotanya adalah Manokwari. Penasaran apa saja makanan unik yang berasal dari Papua Barat dan satu-satunya di dunia?

1Papeda

en.wikipedia.org

Papeda adalah makanan khas wilayah timur, termasuk wilayah Papua Barat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu dan diolah menyerupai bubur, berwarna putih dan bertekstur lengket hingga menyerupai lem.

Rasa asli papeda hambar. Ia biasa dimakan dengan ikan seperti tongkol atau mubara yang dimasak dengan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. Cara makan papeda sama seperti makan nasi dan lauk-pauk pada umumnya.

2Martabak Sagu

kaskus.co.id

Sesuai namanya, martabak ini terbuat dari sagu yang dihaluskan kemudian digoreng dan diberi gula merah. Martabak sagu berasal dari Kabupaten Fakfak.

Yang membedakan martabak sagu dengan martabak telur atau martabak cokelat pada umumnya adalah bahan pokoknya yang berupa sagu.

Rasanya cukup enak dan manis. Tertarik mencoba?

3Sate Ulat Sagu

kebudayaanindonesia.com

Jangan mual atau jiik dengan makanan yang satu ini. Sebetulnya, rasa makanan ini enak lho. Memang bagi yang tidak biasa melihat bahkan menemukan kebiasaan ini, Sate Ulat Sagu justru tidak akan membuatmu nafsu makan.

Ulat Sagu diperoleh dari batang pohon sagu yang sudah tua. Masyrakat asli papua yang telah terbiasa hidup di alam, seringkali mengkonsumsi ulat sagu tanpa diolah terlebih dahulu.

Namun sekarang sudah banyak ditemukan pengolahan ulat sagu dengan cara dibakar hingga hampir mirip dengan sate. Lebih tepatnya sate ulat sagu.

4Ikan Bakar Manokwari

dherdian.wordpress.com

Sesuai namanya, makanan khas ini berasal dari wilayah Manokwari, Papua Barat. Manokwari sendiri merupakan Ibukota Provinsi Papua Barat.

Jenis ikan yang dibakar ini adalah ikan tongkol. Kalau kamu berkesempatan mengunjungi Manokwari, jangan lupa cicipi hidangan pedas ini. Sambal yang digunakan dijamin beda dengan sambal yang pernah kamu makan selama ini.

5Ikan Bungkus

travelblog.ticktab.com

Sekilas, bentuknya mirip ikan pepes dan menggunakan resep yang hampir sama. Namun ad perbedaan bahan dasar di antara keduanya.

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan ikan bungkus adalah jenis ikan laut. Pembuatan ikan bungkus pun memerlukan bumbu yang lebih beragam dan tambahan daun salam untuk membungkus.

6Udang Selingkuh

rasiaziza.it.student.pens.ac.id

Udang Selingkuh khas Wamena Papua barat ini memang unik. Selain dari namanya, bentuk udang ini juga aneh: memiliki tangan atau capit seperti kepiting.

Maka disebut udang selingkuh karena mungkin si udang dianggap berselingkuh dengan kepiting.

Oh ya, udang ini sangat populer di wilayah Wamena, Papua Barat. Penyajian udang ini bisa dengan digoreng, dibakar atau direbus.