belmontmarket.com

6 Makanan Khas Jepang yang Bikin Orang Indonesia Kesengsem

Posted on

Jepang merupakan negara yang sangat memegang teguh budayanya. Keunikan Jepang tersebut membuat banyak orang di dunia mengagumi dan mencintainya.

Jepang tidak hanya kaya budaya, tetapi juga kaya akan kulinernya. Makanan Jepang memiliki cita rasa yang khas, mulai dari makanan ringan sampai dengan yang mengenyangkan.

Unggas dan daging merupakan jenis konsumsi andalan masyarakat Jepang. Namun, kini kuliner Jepang lebih cenderung menggunakan bahan makanan dari laut, misalnya ikan laut, kerang, udang, cumi, dan sebagainya.

Kecap, tauco, dan tahu juga menjadi bahan makanan yang mendominasi masakan khas Jepang.

Konon, karena orang Jepang sering mengonsumsi makanan yang mengandung protein ini, mereka berumur panjang.

Dari sekian banyak masakan Jepang, daftar makanan berikut ini merupakan yang paling populer dan disukai mayoritas pecinta kuliner. Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Dorayaki

resepmasakterbaru.com

Apakah kamu pernah menonton serial atau film layar lebar Doraemon? Kalau pernah, pasti ingat dong dengan kue Jepang yang satu ini.

Kue dorayaki merupakan makanan kesukaan Doraemon. Bentuknya bulat, tapi sedikit ceper. Dorayaki ini rasanya manis karena terdapat campuran madu di dalamnya.

Kini, kue dorayaki tidak hanya dijual di Jepang saja, kamu bisa dengan mudah menemukannya di Indonesia.

Onigiri

arigatou.blogspot.com

Onigiri adalah salah satu makanan Jepang yang sangat terkenal. Terlebih setelah makanan ini ditayangkan dalam film bertema ninja.

Biasanya, onigiri dibawa sebagai bekal di perjalanan. Kalau di Indonesia, fungsinya serupa makanan bekal nasi ponggol.

Bentuk asli onigiri dari Jepang yakni segitiga bulat. Nama lain onigiri adalah omusubi. Untuk mendapatkan onigiri di Negeri Jepang sangatlah mudah. Pasalnya, onigiri kerap menjadi konsumsi harian orang Jepang.

Teriyaki

santa-monicaeat24hours.com

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan teriyaki Jepang. Negeri ini membuat produk yang sama, yakni teriyaki atau saus teriyaki.

Teriyaki merupakan makanan yang terbuat dari bahan sake, kecap asin dan gula pasir. Bahan-bahan tersebut dikombinasikan dengan ikan atau daging.

Mie Ramen

blueapron.com

Makanan Jepang terpopuler selanjutnya adalah ramen atau mie ramen. Makanan ini tenar karena sering ditampilkan dalam film kartun Jepang.

Selain disebut dengan nama ramen, orang Jepang menyebutnya chuka soba.

Campuran bahan dalam mie ramen terdiri dari bumbu khas Jepang, yaitu menma, chasiu, irisan daun bawang, dan juga kuah kaldu.

Beberapa orang yang pernah mencicipi mie ramen mengatakan rasanya gurih dan lezat.

Sushi

belmontmarket.com

Sebagaimana Indonesia, Negara Jepang juga punya makanan tradisional. Makanan tersebut sangat populer di berbagai kalangan, terutama anak muda. Kamu mengenalnya dengan sebutan sushi.

Seiring makin menjamurnya restoran Jepang, makanan sushi pun kian terkenal. Kekhasan yang dimiliki sushi yaitu bentuknya yang digulung dan berisi makanan dari laut, seperti daging dan sayuran.

Satu lagi yang khas yakni adanya daging mentah di dalam sushi. Kira-kira seperti apa ya rasanya?

Mochi

oliviaschoice.blog.com

Pernah makan kue mochi? Di kawasan Jawa Barat, kamu dapat menemukannya dengan mudah.

Namun, sebenarnya, kue mochi tersebut berasal dari Negara Jepang. Bentuknya bulat, lonjong dan berwarna-warni. Warna yang biasa ditorehkan yaitu, hijau, merah, kuning, dan putih.

Kue mochi terbuat dari beras ketan yang dihaluskan. Ketika pertama kali masuk ke dalam mulut, kue terasa lembut, lalu lambat laun menjadi agak lengket.

Pada perayaan tradisional mochitsuki, kue mochi dijadikan hidangan spesial. Soal kelezatan rasa, jangan ditanya lagi. Hampir semua orang yang mencicipi sangat menyukai sensasi saat mengunyah kue ini.

Demikianlah tadi, enam makanan khas Jepang yang paling populer. Daripada penasaran, langsung saja hunting dan nikmati kelezatannya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *