Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Enak dan Wajib Dicicipi

sumber singgahi.com

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang cukup banyak memiliki tempat wisata yang unik seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, makam batu dan masih banyak lagi.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke suatu daerah yaitu mencicipi makanan khas penduduk lokal yang biasa mereka makan. Hal ini mungkin sebuah peraturan wajib tapi tidak tertulis saat traveling.

Jadi apabila kamu berencana ingin pergi berwisata ke Kalimantan Selatan, ada baiknya simak ulasan beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicicipi berikut ini

1Soto Banjar

Image: http://holobis.net/

Mungkin yang paling terkenal dari semua makanan khas Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar, bahkan banyak restoran dan warung makan di Indonesia yang mengunakan Soto Banjar sebagai salah satu menu spesialnya.

Soto Banjar ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan jenis Soto pada umumnya di Indonesia, perbedaannya mungkin hanya pada kuahnya yang lebih bening. Walaupun begitu ada juga Soto Banjar yang kuahnya agak keruh.

Keunikan Soto Banjar dibanding jenis Soto lain di Indonesia yaitu tidak mengunakan nasi melainkan pakai ketupat, dan katanya lebih nikmat lagi kalau disantap bersama Sate.

2Nasi Kuning

sumber nasikunin.blogspot.co.id

Meski identik dengan soto banjar tapi tak ada salahnya mencoba kuliner lain di kota ini, salah satunya nasi kuning. Nasi kuning di Banjarmasin merupakan salah satu menu favorit sarapan. Hampir semua warung makan yang buka pada pagi hari selalu menyediakan makanan yang satu ini. Biasanya dikombinasikan dengan menu sarapan lainnya seperti lontong atau bubur ayam.

Beberapa warung menyajikan nasi kuning dengan bungkus daun pisang, beberapa menggunakan kertas pembungkus. Sedangkan untuk makan di tempat biasanya disajikan dalam piring. Lauk yang lazim disajikan dan menjadi ciri nasi kuning khas Banjar adalah ikan haruan. Jenis ikan ini memang menjadi lauk favorit. Haruan yang dalam bahasa Indonesia berarti ikan gabus diolah dengan bumbu habang (merah) khas Banjar. Pilihan lainnya adalah hintalu (telur) dan ayam. Beberapa tempat menyediakan dendeng dan hati.

Jika anda sedang berkunjung ke Banjarmasin, tak perlu jauh-jauh mencari nasi kuning. Begitu anda keluar dari hotel, lalu anda lihat kerumunan orang di sebuah warung di ujung jalan, maka dapat dipastikan ada warung nasi kuning. Budaya mawarung masyarakat Banjar di pagi hari turut menyumbang maraknya warung nasi kuning di kota ini.

3Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan via wikimedia.org

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu Ketupat Kandangan. Makanan ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang karena di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, makanan ini sudah terkenal dimana-mana.

Berbeda dengan Soto Banjar, Ketupat Kandangan memiliki kuah yang keruh karena ditambahkan santan sebagai penambah citarasanya. Selain itu, terkadang ditambahkan ikan atau telur sebagai variasi lauknya.

Perbedaan Ketupat Kandangan dengan ketupat pada umumnya yaitu nasi ketupatnya agak lebih keras. Tapi, hal ini bukanlah mengurangi citarasanya, justru malah meningkatkan kenikmatan ketupat tersebut. Yang belum coba, wajib mencicipinya.

4Ikan Seluang

sumber singgahi.com

Ikan seluang adalah salah satu spesies Rasbora spp. Ikan seluang merupakan ikan yang banyak terdapat di sungai di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Brunei dan Indonesia. Ikan ini bersisik seperti ikan lampam tetapi berbentuk tirus seperti anak Jelawat. Ukuran ikan ini antara 2 hingga 4 inci.

Di Banjarmasin, ikan saluang diolah menjadi penganan yang sangat enak. Ikan seluang goreng merupakan penganan khas Kota Banjarmasin yang banyak digemari masyarakat maupun pendatang. Dengan ukuran mungil, rasa ikan saluang goreng ini sangat renyah. Cocok dan sangat enak untuk dijadikan lauk ataupun sekadar cemilan.

5Patin Baubar

Patin Baubar via twitter.com

Patin Baubar adalah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke Ikan Patin tersebut.

Dengan cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini jadi lebih nikmat dan katanya, makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih hangat saja.

Perlu diketahui juga, di perairan seperti sungai-sungai di Kalimantan Selatan sangat mudah mendapat Ikan Patin, bahkan sekarang ini banyak warga disana yang membudidayakan Ikan Patin dan warga di Kalimantan Selatan sering memasak Ikan Patin dengan cara dipepes atau dibakar.

6Manday

Image: MasakanDapurku.com

Selanjutnya adalah Manday. Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak atau kalau orang Kalimantan Selatan menyebutnya tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.

Proses pengawetannya pun cukup sederhana yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedangkan lama pengawetan tergantung selera masing-masing, makin lama semakin asam rasanya dan semakin enak.

Manday umumnya dimasak dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah maka rasa asam dari kulit cempedak pasti enak rasanya.

7Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar via tribunnews.com

Gangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayur ini harus mengunakan Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sesuai dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini memiliki rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang pasti mengugah selera untuk segera menyantapnya. Katanya, sayur ini lebih nikmat kalau disantap dengan nasi putih hangat.

8Bingka

Bingka via wikipedia.org

Bingka adalah salah satu cemilan makanan khas Kalimantan Selatan, atau lebih tepatnya adalah cemilan khas dari suku Banjar yaitu suku asli Kalimantan Selatan. Sedangkan rasanya adalah manis, lembut dan sedikit berlemak.

Cemilan ini biasanya disajikan bersama cemilan dan kue khas Kalimantan Selatan lainnya untuk acara pernikahan. Selain itu, Bingka juga salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa di Kalimantan Selatan.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, garam, dan gula pasir. Kemudian dipanggang mengunakan cetakan yang berbentuk bunga. Selain itu, terdapat berbagai varian rasa seperti Labu, Kentang, Tapai, dan Pandan.

9Amparan Tatak

Amparan Tatak via wikimedia.org

Satu lagi kue khas Kalimantan Selatan yang menarik diketahui yaitu Amparan tatak. Kue ini sudah tidak asing lagi di sana dan rasanya manis. Sedangkan cara pembuatannya pun sederhana saja dan tidak sulit.

Bahan yang diperlukan adalah tepung beras dan santan, sedangkan bahan isian dari makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini adalah pisang atau terkadang bisa juga diisi dengan Nangka dan ditambah daun Pandan agar lebih nikmat.

10Iwak Pakasam (Iwak Basamu)

Iwak Pakasam (Iwak Basamu) via sangatunikz2.blogspot.co.id

Pembuatan Iwak Pakasam atau kadang juga disebut Iwak Basamu ini hampir sama dengan Manday, perbedaannya hanya bahan dasarnya yaitu ikan seperti Ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, dan Ikan Sepat.

Proses pembuatannya yaitu ikan yang sudah dibersihkan akan diberikan garam seperti Manday dan diberi juga samu yaitu beras yang sudah ditumbuk tapi masih berbentuk. Kemudian ikan tersebut didiamkan beberapa waktu.

Lamanya pengawetannya tergantung selera masing-masing, ada yang berbulan-bulan saja, tapi ada juga yang bertahun-tahun. Katanya, semakin lama maka akan semakin asin dan enak rasanya. Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng.

11Kelepon Martapura

Kelepon Martapura via wikipedia.org

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu Kelepon Martapura. Makanan ini dikenal sebagai jajanan pasar dan terkenal dengan semboyannya “Pacah di ilat” yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya pecah di lidah.

Ini adalah salah satu makanan khas yang paling enak dimakan pada sore hari sambil bersantai dan makanan ini banyak ditemukan di kota Martapura yaitu ibukota salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan.

12Gangan Humbut

Gangan Humbut via angsaungu.wordpress.com

Makanan khas Kalimantan Selatan lainnya yaitu Gangan Humbut. Makanan ini memiliki rasa yang sedikit manis tapi justru rasa manis itulah yang mampu mengugah selera dan biasanya disantap dengan sepiring nasi hangat.

Humbut sendiri berasal dari bagian inti pohon kelapa (nyiur) yang kemudian diolah menjadi sayur dan biasanya makanan khas ini disajikan sebagai menu wajib di acara hajatan seperti perkawinan dan sebagainya.

 

Nah, bicara soal cita rasa, makanan khas ini mempunyai rasa yang manis dan gurih. Namun jangan salah, rasa manis tersebutlah yang justru bisa menumbuhkan selera kamu untuk terus memakannya. Biasanya gangan humbut dijasikan dengan nasi hangat dan berbagai jenis lauk lainnya.

13Pepes Patin dan Patin Bakar

Selalin ikan haruan, ikan patin juga dapat dengan mudah kalian temui di daerah Kalimantan Selatan. Ikan yang terkenal dengan kelembutan dagingnya ini sangat terkenal dan populer di kalagan pecinta ikan air tawar. Disamping kenikmatannya, ikan ini juga terkenal dengan sejuta manfaatnya, mulai dari pencegah penyakit Kardiovacular, Mengurangi kolesterol, mencegah jantung koroner, mengoptimalkan pertumbuhan bayi, membentuk otot dan banyak lagi lainnya.

14Dodol Kandangan

sumber makananoleholeh.com

Kandangan adalah nama kota yang terletak di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kota yang sekaligus menjadi ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan ini mempunyai makanan khas yang terkenal, seperti dodol kandangan. Dodol kandangan merupakan dodol terenak yang dimiliki oleh Kota Seribu Sungai. Dodol satu ini termasuk makanan khas Banjarmasin yang paling sering dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas. Para wisatawan yang ingin membeli dodol kandangan bisa datang ke pusat oleh-oleh atau langsung ke tempat produksinya yang berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

15Sayur Kambang Tigarun

sumber tribunnews.com

Pada zaman dulu, masyarakat Banjar begitu gemar menyantap nasi, lauk, dan lalapan sayur. Ada banyak macam sayur yang biasa dipilih, seperti kambang tigarun salah satunya. Kambang tigarun merupakan tanaman sayur yang bagian kembangnya paling banyak dipakai sebagai lalapan. Meskipun banyak disukai penduduk Banjar, sayuran ini termasuk tanaman musiman sehingga keberadaannya tidak selalu di setiap waktu.

Kambang tigarun yang hendak diolah juga harus memilih yang sudah mengembang bunganya. Perlu diketahui juga kalau tanaman kambang tigarun mempunyai rasa pahit, jadi mereka yang biasa menyantapnya masuk dalam kategori penyuka makanan pahit. Kambang tigarun atau jaruk tigarun yang akan dijadikan lalapan sebelumnya harus direndam terlebih dahulu selama berhari-hari. Kalau sudah tiga sampat empat hari proses perendaman, biasanya kambang tigarun sudah bisa dinikmati bersama cacapan asam.

16Cacapan Asam

sumber makananoleholeh.com

Pada poin sebelumnya sempat dituliskan kalau sayur kambang tigarun biasanya dihidangkan bersama cacapan asam. Apa itu cacapan asam? Cacapan asam adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang mudahnya bisa dianggap sebagai sambal, tapi sebenarnya bukan. Jika sambal biasanya padat, beda dengan cacapan asam yang justru cair karena dibuat dengan komposisi air serta makanan ini berwarna bening, bukan kemerahan seperti sambal.

Cacapan asam terbuat dari buah asam yang diproses dengan cara dicacah. Karena proses tersebut makanan ini juga disebut cacahan asam oleh orang Banjar. Sementara arti cacapan sendiri merujuk pada cara penyajiannya yang mencacap atau meresapkan suatu bahan ke dalam cairan [yang dipilih adalah buah-buahan yang asam seperti mangga muda, belimbing wuluh, binjau, atau ramania]. Rasa dari cacapan asam berpadu antara asam dan pedas.

17Sate Tulang

sumber makananoleholeh.com

Banyak orang menganggap kalau sate hanya banyak ditemukan di pulau Jawa, padahal tidak. Seperti di Kalimantan Selatan, kita bisa mendapati kuliner sate yang menjadi primadona di kota Banjar, sate tulang namanya. Jika kamu sedang menapakkan kaki di Banjarmasin, jangan sampai melewatkan makanan khas Kalimantan Selatan ini.

Sate tulang bukanlah sate yang menusuk tulang, itu hanya nama saja. Lalu, bahan apa yang dijadikan sate? Bahan yang digunakan adalah sisa-sisa tubuh ayam yang biasanya tidak terpakai, seperti leher, kulit, dan lemaknya. Semua bahan tersebut digiling dan diberi bumbu habang atau bumbu merah yang dominan cabai. Rasa dari sate tulang sebenarnya tidak hanya pedas, tetapi ada juga manisnya.

18Lontong Orari

sumber cumilebay.com

Menjelajah ke tanah Banjar jangan sampai melewatkan salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan yang enak dan terkenal, lontong orari namanya. Setiap orang yang singgah ke kota Banjarmasin harus memasukkan lontong orari ke dalam daftar kuliner yang wajib dicoba. Lontong orari adalah makanan khas dari Banjarmasin yang bisa dijadikan menu sarapan, santap siang, atau makan malam saat berada di Bumi Antasari.

Lontong orari adalah makanan berkuah gurih yang secara fisik tampilannya tidak jauh berbeda dengan lontong sayur yang bisa ditemukan di Jakarta. Tapi saat lontong terbang ke lidah baru terasa perbedaannya. Pertama, bentuk dari lontong orari tidak bulat panjang, tetapi segitiga. Kedua, lauk yang digunakan pada lontong orari lebih banyak dari lontong sayur pada umumnya selain itu ada juga yang unik, yakni terdapatnya ikan haruan dalam seporsi lontong orari.

19Nasi Itik Gambut

sumber makananoleholeh.com

Rata-rata makanan khas Kalimantan Selatan memang paling banyak berasal dari Banjarmasin. Seperti di daerah Gambut yang menjadi daerah penyangga kota Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat kuliner khas berupa nasi itik. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Satu porsi itik gambut biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Cara penyajian yang identik dengan masakan Sunda atau Jawa ini membuat nasi itik gambut mudah diterima hingga berbagai lapisan masyarakat. Nasi itik gambut sendiri bisa ditemukan di warung-warung yang banyak berjejer di sekitaran kota Banjarmasin, terutama di daerah Gambut.

20Bubur Baayak

sumber makananoleholeh.com

Bubur baayak adalah makanan tradisional khas Kalimantan Selatan yang menjadi warisan kuliner di Banjarmasin. Bubur tradisional ini mempunyai warna cokelat dengan paduan cita rasa manis dan gurih. Bubur baayak terbuat dari campuran tepung beras, tepung gandum, santan, gula merah, garam, dan air. Adonan bubur baayak berbentuk butiran-butiran yang diproses dengan cara disaring sembari digoyang-goyang hingga adonannya kalis.

Penjual bubur baayak sendiri cukup banyak ditemukan di kota Banjarmasin karena proses pembuatannya yang terbilang mudah. Bagi setiap pembeli yang ingin menikmati semangkuk bubur baayak, mereka hanya perlu mengeluarkan uang tidak lebih dari Rp10.000. Biasanya bubur baayak menjadi menu sarapan sehingga warung penjualnya pun sudah tutup di siang hari.

21Hintalu Karuang

sumber kalsel.prokal.co

Makanan khas Banjar ini mempunyai nama yang unik, yaitu Hintalu Karuang. Dalam bahasa Indonesia, Hintalu berarti telur dan Karuang berarti kelelawar. Kenapa dinamakan hintalu karuang? Bentuk masakannya yang bulat kecil dianggap mirip telur kelelawar. Dengan kuah gula kental manis serta santan menambah kenikmatan makanan ini.

Rasanya yang manis cocok sekali dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Bahan utamanya yang berupa tepung ketan untuk membuatnya mudah sekali ditemukan di pasar tradisional maupun di mini market. Hintalu Karuang cocok dinikmati dengan teh hangat tawar, karena rasanya yang dominan manis.

Nah, itulah beberapa makanan khas Kalimantan Selatan. Sebenarnya masih banyak makanan khas asal Kalimantan Selatan, tapi karena terbatas infomasi yang ada mungkin cukup itu dulu dan semoga informasi ini bermamfaat terutama untuk mereka yang berencana berkunjung ke Kalimantan Selatan dalan waktu dekat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here