Turki adalah kota yang memiliki perpaduan budaya barat dan timur. Berada di antara kedua kutub budaya gak cuma menjadikannya negara yang kaya akan tradisi tapi juga kuliner lezat.

Beragam kuliner khas akan memanjakanmu jika berkunjung ke negara yang dulunya beribukota Konstantinopel ini. Kali ini kamu akan mengenal beberapa makanan khas Turki yang dijamin bisa bikin kamu ngiler.

1Lahmacun

www.flickr.com

Makanna dengan roti pipih dan garing ini secara tradisional atasnya diberikan daging giling, salad, dan sari lemon. Bisa juga diberikan beetroot untuk kamu yang vegan. Bisa digulung, dilipat setengah, atau dirobek untuk di makan.

2Shawarma

www.thinkeatdrink.com

Kalau kamu pikir ini kebab, berarti kamu salah. Di Timur Tengah, khususnya Turki, makanan ini disebut shawarma. Rasanya hampir sama dengankebab versi Indonesia. Tapi yang paling khas, shawarma menggunakan daging kambing dan olive oil.

Jadi, kalau kamu mau beli kebab bilangnya beli shawarma ya. Jangan bilang kebab. Hihi.

3Baklava

desserts.wikia.com

Baklava adalah camilan khas Turki yang terdiri dari walnut, pistasio, diberi madu atau gula dan dibungkus adonan roti tipis. Coocknya makan baklava sama kopi hitam, karena rasanya manis banget dan legit.

4Kebab

www.youtube.com

Kebab itu sebutan untuk hidangan daging panggang atau bakar yang ditusuk dengan batang besi. Ada yang bilang kalau kebab berasal dari Arab. Tapi ada juga yang bilang kalau kebab dari Turki.

Mau dari Arab atau Turki, yang penting rasa kebab enak banget.

5Hummus

en.wikipedia.org

Sekilas, hummus mirip kayak krim atau yogurt. Tapi sebenarnya ini adalah salad. Hummus terbuat dari chickpeas atau kacang Arab, yang dicampur olive oil, jus lemon, garam, dan lada. Lebih enak makan hummus pakai roti pita lho.

Apasih roti pita itu?

6Roti Pita

balannambiar.wordpress.com

Roti pita sudah jadi makanan pokok buat orang Turki. Biasanya, roti pita diisi dengan daging kambing, sapi atau ayam. Jangan pernah makan roti pita tanpa pendamping sseperti saus atau salad ya.

7Pilav

www.mutfaktayfasi.com

Pilav adalah nasi Turki yang selalu lezat dengan kesederhanaannya. Berlemak dan dibakar, makanan ini bisa jadi hal terlezat yang ada di piringmu. Jangan lupa berikan yogurt yang melimpah pada nasimu agar rasanya semakin menakjubkan.

SHARE