Siapa sih yang tidak tahu singkong? Makanan sejuta umat ini sudah menjadi konsumsi masyarakat yang murah, mudah cara membuatnya, mudah juga cara menanam dan merawatnya.

Tapi kalau kamu hanya tahu singkong goreng dan singkong rebus saja, maka sekarang sudah saatnya kamu tahu apa saja kreasi singkong yang sebetulnya sudah banyak dikonsumsi masyarakat.

Apa saja olahan singkong?

1Combro

reseppraktis.xyz

Siapkan 1 1/2 kg singkong yang cukup tua, sudah bagus dan enak untuk dikonsumsi, di parut halus, 1/2 butir kelapa yang sedang (tidak terlalu tua), parut halus kelapa tersebut. Siapkan juga garam, minyak untuk menggoreng.

Untuk isi combronya, siapkan 1 kotak (uk. 20 cm x 10 cm) oncom yang bagus, haluskan, bawang putih secukupnya, garam secukupnya, ketumbar secukupnya, cabai rawit bila suka pedas, bumbu penyedap, dan daun bawang rajang halus

Cara pengolahannya, isinya dihaluskan dijadikan satu adonan. Singkong yang telah diparut dicampur dgn kelapa parut dan garam.

Buat bulatan2 lonjong masukan bahan2 untuk isinya  Tutup menjadi bulatan lonjong, atau dapat dibentuk sesuai selera

Pipihkan sedikit sehingga bentuk combro agak sedikit pipih/gepeng Setelah semua adonan dibentuk, goreng dengan minyak panas. Angkat setelah agak kuning kecoklatan Hidangkan selagi panas, dengan cabe rawit bila suka

2Misro

tumblr.com

Misro memiliki bahan pembungkus yang sama dengan Combro. Cara membuatnya juga sama. Hanya isinya saja yang berbeda.

Jika Combro memakai oncom sebagai bahan isian, Misro cukup menggunakan gula merah yang diiris tipis sebagai isian.

Kalau kamu suka rasa manis, kamu bisa mengganti 50 gram gula merah dengan 50 gram gula pasir.

3Singkong Keju

cookpad.com

Siapkan 1 kg singkong, minyak goring, bubuk perasa buat french fries, susu kental manis, keju cheddar, 2 sdt garam, 1 lt air

Cara membuatnya yaitu kupas singkong, potong-potong melintang, cuci, tiriskan. Larutkan garam dengan air dalam sebuah wadah cekung. Goreng singkong hingga matang tapi masih pucat, angkat, langsung masukkan ke larutan air garam, biarkan 5 menit.

Bila singkong sudah mekar, angkat dari air garam, goreng kembali hingga kekuningan. Selagi masih hangat, taburi susu kental manis, bubuk perasa french fries, dan parutan keju cheddar. Sajikan.

4Gethuk

nyelo.blogspot.com

Gethuk singkong adalah getuk klasik, yang berbahan utama singkong atau cassava. Siapkan 500 gr singkong lalu kupas, 125 gram gula pasir, 1/4 sdm garam

Bahan pelengkap lainnya adalah 1/2 kepala muda, parut panjang, 1/4 sdt garam, 1 lbr daun pandan, 50 gr gula pasir.

Cara membuatnya yaitu kukus singkong dalam dandang yang telah dipanaskan hingga matang, angkat. keluarkan dari dandang, haluskan, campurkan gula pasir dan garam, aduk rata.

Taruh di loyang yang dialas daun pisang, tipiskan hingga 1 1/2 cm, dinginkan, potong (2 x 2) cm. Campur kelapa muda dengan garam hingga rata, tambahkan daum pandan, kukus hingga matang.

Sajikan gethuk singkong dengan kelapa muda dan gula pasir.

5Keripik Singkong Balado

jual-keripik-sanjai-balado.blogspot.com

Siapa sih yang tidak suka camilan yang satu ini. Keripik Singkong merupakan camilan yang sudah pasti banyak dinikmati di dalam maupun luar negri.

Keripik singkong bisa diolah menjadi berbagai rasa yang menggugah selera, salah satunya adalah Keripik Singkong Balado. Rasa pedasnya kadang membuat kita jadi ketagihan.

Siapkan 500 gram singkong lalu diiris tipis, 1 sendok teh air kapur sirih, 1 sendok teh garam

750 ml air, 5 butir bawang merah, ditumbuk kasar, 5 buah cabai merah besar, ditumbuk kasar, 5 buah cabai merah keriting ditumbuk kasar, 2 lembar daun salam, 1 sendok teh garam, 50 gram gula pasir,

1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air, dilarutkan), 3 sendok makan minyak untuk menumis, minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya yaitu rendam singkong dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air. Diamkan 15 menit. Cuci bersih. Tiriskan singkong. Goreng dalam minyak panas sedang sampai matang dan kering.

Tumis bawang merah, cabai merah besar, cabai merah keriting, dan daun salam sampai harum.

Masukkan garam, gula pasir, dan air asam jawa. Aduk sampai kental. Tambahkan singkong goreng. Aduk sampai terbalut rata.

6Colenak

mik.upi.edu

Colenak merupakan jajanan khas Bandung berbahan dasar tape atau lebih dikenal dengan peuyeum. Jika musim hujan tiba, enak sekali makan colenak hangat ditambah saus kelapa parut yang manis.

Untuk membuatnya, siapkan dulu 1/2 kg tape/peuyeum, 1/2 butir kelapa diparut halus, 2 biji gula merah, air secukupnya mentega secukupnya, untuk olesan saat pemanggangan.

Pertama, cairkan dulu gula merah dengan cara direbus dengan air. Lalu saring. Rebus kembali gula merah yang sudah dicairkan tadi dengan kelapa parut. Tambahkan air jika terlalu kental.

Masak hingga matang. Biarkan dingin. Sekarang masing-masing tape/peuyeum dipotong-potong menjadi 3 bagian. Siapkan alat pemanggangan, sebaiknya gunakan wajan yang berbentuk datar.

Panggang tape/peuyeum di atas api kecil dengan cara ditekan hingga menjadi rata. Olesi dengan mentega di kedua permukaannya dan panggang hingga agak kecokelatan.

Sajikan selagi hangat bersama saus kelapa.

7Tape

rumahmesaeed.blogspot.com

Seumur-umur, tape yang paling enak yang pernah aku rasakan ya tape bondowoso, selain rasanya yang manis, aroma wanginya juga menggugah selera.

Untuk membuatnya, pertama-tama pilihlah singkong yang bagus dan rata, kemudian dikupas, dipotong- potong sesuai selera dan dicuci bersih.

Kemudian potongan singkong tersebut direbus sampai matang kemudian ditiriskan. Tunggu singkong tersebut sampai dingin, bias juga pakai kipas angin.

Sediakan ragi tape yang bias dibeli di took obat makanan, kemudian ditumbuk halus dan diayak pakai ayakan atau saringan. Taburkan ragi halus ke singkong-singkong yang sudah dingin sampai rata.

Sediakan tempat untuk menyimpan singkong yang sudah ditaburi ragi tersebut, bisa memakai plastic ataupun memakai daun pising atau daun jati. Peram bungkusan singkong tersebut kurang lebih 3 hari

Setelah 3 hari bukalah bungkusan singkong tersebut, dan tape singkong siap dinikmati.

8Peuyeum

butuhpiknik.xyz

Siapkan dandang kukus dalam keadaan panas,lalu kukus singkong sampai matang dan empuk.Kemudian keluarkan singkong kukus dari dandang dan biarkan hingga dingin.

Setelah dingin lumuri seluruh permukaan singkong kukus dengan ragi, lalu simpan dalam wadah kedap udara selama 1 malam.

Setelah disimpan 1 malam, kemudian ikat singkong beragi satu per satu dengan menggunakan tali, lalu simpan kembali dengan posisi tergantung pada suhu ruang selama 2 malam.

Peuyeum siap dinikmati.

SHARE