www.makananbayi.org

Makanan Pendamping ASI yang Cocok Diberikan untuk Anak Usia 6-7 Bulan

Posted on

Makanan Pendamping ASI atau MPASI itu sudah bisa diberikan kepada si kecil sejak ia memasuki usia enam bulan. Kamu sebagai orangtua perlu memperhatikan waktu yang tepat dalam pemberian MPASI tersebut.

Selain itu, kamu pun harus tahu frekuensi, porsi dan jenis MPASI yang akan diberikan kepada buah hatimu. Hal ini perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anakmu.

Pemberian MPASI dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan rentang usia bayi. Mulailah memberikan bayi MPASI yang berupa makanan bertekstur lunak, lembek hingga padat.

olalababies.wordpress.com
olalababies.wordpress.com

Hal ini harus diketahui oleh para orangtua apalagi ibu-ibu dan ayah-ayah muda yang belum berpengalaman sama sekali. Jadi, berikanlah anak MPASI sesuai dengan urutannya agar mereka bisa menerima semua jenis makanan itu dengan baik.

Nah, berikut ini adalah Makanan Pendamping ASI yang cocok untuk kamu berikan pada bayimu yang masih berusia 6-7 bulan.

MPASI untuk Anak Usia 6 Bulan

www.makananbayi.org
www.makananbayi.org

MPASI yang diberikan kepada anak selain bertujuan untuk melengkapi kandungan gizinya, ia juga berguna dalam merangsang tumbuhnya gigi dan melatih kemampuan motorik si bayi. Dalam usia 6-7 bulan, berikanlah makanan bertekstur lunak dan cair kepada si bayi.

Kamu bisa memberikan mereka bubur susu dan biskuit yang dihaluskan untuk menjadi MPASI. Bubur susu bisa dibuat sangat mudah dari tepung beras yang dimasak sebentar dan dicampurkan dengan ASI.

dapurmamakeanu.blogspot.com
dapurmamakeanu.blogspot.com

Selain bubur susu, berikan variasi menu lain seperti bubur dari tepung beras merah maupun kacang hijau. Dalam bulan-bulan ini, pemberian MPASI dapat dikatakan sebagai tahap pengenalan, maka berikanlah MPASI dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Setelah itu, seiring berjalannya waktu, kentalkan MPASI dan tambahkan jumlahnya. Alangkah baiknya untuk mengenalkan satu jenis bahan MPASI terlebih dahulu atau jangan dicampur, nanti jika sudah berjalan beberapa hari, baru bisa dikombinasikan.

sazqueen.com
sazqueen.com

Hal ini bertujuan untuk melihat apakah makanan yang diberikan menimbulkan suatu alergi kepada si bayi. Selanjutnya, bayi bisa diberikan beberapa macam buah-buahan yang tak bergetah seperti pisang, jeruk, pepaya maupun labu.

Buah-buahan tersebut dapat dibuat jus dengan campuran susu dan diberikan sebanyak dua sendok sekali makan. Berikanlah dua hingga tiga hari berturut-turut satu jenis buah terlebih dahulu agar si kecil mengenal rasanya dengan sangat baik.

patriotis.me
patriotis.me

Jika anak sudah mulai mengenal beberapa macam rasa dari buah-buahan, kombinasikan antara buah dan bubur susu saat menyuapi mereka. Jadi, kamu bisa memberikan satu kali suap bubur susu dan diselingi dengan satu kali suap buah.

Apabila anak enggan untuk memakanya, jangan paksakan mereka dan coba kembali saat mereka mau makan ataupun ketika lapar.

MPASI untuk Anak Usia 7 Bulan

intanrastini.wordpress.com
intanrastini.wordpress.com

Nah, saat si kecil sudah satu bulan mendapat MPASI, di usianya yang ketujuh bulan, kamu bisa memberikan mereka menu lain lho. Coba untuk menyuapi si kecil dengan bubur saring.

Pilihkan makanan sumber karbohidrat  yang terbuat dari beras, kentang, kacang hijau, roti atau pasta dan tambahkan dengan sumber protein. Protein bisa di dapat dari hewani maupun nabati.

nyonyahijau.wordpress.com
nyonyahijau.wordpress.com

Jika ingin memberi anak protein hewani, kamu bisa olah kuning telur dalam campuran sumber karbohidrat untuk si anak. Campur saja semua bahan yang akan diberikan kepada anak dengan diblender atau diulek langsung di atas saringan.

Sebagai langkah awal, berikan saja dua sendok makan dalam sekali makan selama dua hingga tiga hari. Barulah di hari berikutnya, kamu bisa tambahkan jumlah suapan menjadi tujuh sendok makan dalam sekali makan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *