Guys, kalian tahu bukan jaman sekarang apapun serba cepat? Yups, termasuk makanan sekalipun. Makanan cepat saji kini mulai menjamur di pasaran.

Cepat sih cepat Guys, tapi asal kamu tahu, justru makanan inilah yang mengundang banyak penyakit berbahaya karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh kita.

Penyakit yang datang pun bukan sembarangan penyakit Guys, bisa penyakit jantung, stroke, yang berujung pada kematian. Nah, mau tahu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol? Simak ya Guys!

1Kacang-Kacangan

health.kompas.com

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan.

Sedangkan jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya akan Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang baik untuk kesehatan jantung.

Eits, yang perlu kamu tahu Guys, hati-hati, jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula karena akan menurunkan manfaat kacang untuk penurunan kolesterol itu sendiri.

Konsumsi jenis kacang-kacangan yang belum dicampur dengan garam atau gula, secara teratur akan menurunkan kadar kolestrol.

2Gandum

jurnalasia.com

Guys, gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Gandum ini sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum.

3Beras Merah

disehat.com

Mungkin rasanya memang agak aneh jika tidak terbiasa mengonsumsinya. Tapi dibalik itu semua, beras merah mengandung banyak serat, kaya vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien.

Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah.Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

4Bayam

benesia.com

Sayuran hijau satu ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah.

Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice.

Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

5Seledri

1001budidaya.com

Mengandung antioksidan tinggi dan dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, dan untuk mencegah oksidasi LDL. Seledri bisa dimakan dalam bentuk sup, atau tumisan, atau bisa dalam bentuk juice.

6Buncis

teropongbisnis.com

Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin.

Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

7Biji Bunga Matahari

indonesian.alibaba.com

Biji bunga matahari atau yang biasa kita sebut kwaci menyimpan rahasia tersendiri. Did you know Guys? Ibaratnya kecil-kecil cabe rawit gitu ya, cemilan mungil ini termasuk dalam deretan makanan penurun kolesterol lho.

Why? Perlu kamu tahu, kwaci mengandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

8Kedelai

kemendag.go.id

Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang.

Buat kalian yang suka olahan kedelai, selamat yaa! Hehe

9Omega 3 di Ikan

kaskus.co.id

Omega 3 baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak karena serangan jantung. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 contohnya seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon.

10Apel

kidnesia.com

Apel memiliki zat beta-glucan yang berperan dalam mengontrol produksi kolesterol. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

Apel biasanya dibuat cuka apel, bisa juga dikonsumsi langsung. Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2.

Konsumsi cuka apel secara rutin akan menunjukan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL). Apel merupakan makanan untuk penderita diabetes super ampuh.

SHARE