Seorang ibu menyusui memang membutuhkan asupan gizi yang baik agar kualitas ASI juga terjaga. Tapi ketika menjalankan ibadah puasa menjadi dilematis karena berpuasa dianggap akan mengurangi asupan gizi ibu menyusui.

Padahal ibadah puasa juga penting karena itu adalah kewajiban setiap muslim. Walaupun dalam agama Islam ibu menyusui diberikan keringanan untuk tidak menjalankan puasa, tapi tetap sang ibu sangat ingin betul untuk menjalankan puasa.

Menurut penjelasan medis, ternyata puasa yang biasanya sekitar 14 jam ini tidak membahayakan bagi ibu menyusui dan sang bayi. Ibu menyusui boleh berpuasa asalkan bukan pada usia bayi di bawah 6 bulan.

Kita tahu bayi 6 bulan kebawah hanya mengandalkan ASI sebagai satu-satunya sumber makanan. Pada masa itu, metabolisme tubuh ibu bekerja dengan giat untuk terus menerus memproduksi ASI dengan komposisi yang lengkap.

Syarat kedua adalah soal kondisi sang ibu, apakah keadaan ibu kekurangan gizi atau tidak. Apabila menderita kekurangan gizi berat, tidak ada lagi cadangan gizi yang dapat memasok kebutuhan produksi ASI yang lengkap.

Pada kondisi itu jelas berpuasa menjadi berbahaya bahkan jatuh pada hukum haram.

Untuk itu bagi ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa, sangat dianjurkan untuk memilih makanan yang sesuai untuk kebutuhan gizi. Paling utama adalah pada makan sahur, karena makan sahur ini bekal untuk 14 jam puasa.

Apa saja makanan sahur yang paling cocok untuk ibu menyusui? Berikut daftarnya.

1Buah Segar

komprominews.com

Tidak ada menyangkal kandungan gizi yang dipunyai buah-buahan. Maka jangan lupa untuk dikupas buah-buahannya pada malam hari sebelum tidur, agar nanti langsung siap disantap pada waktu sahur.

2Buah Kurma

manfaatbagus.com

Diantara buah segar, buah kurma yang terbaik untuk makan sahur. Kurma mempunyai kandungan gula yang tinggi tapi tidak berbahaya, gula itulah menjadi sumber energi bagi manusia.

Anjuran memakan kurma juga sesuai dengan sunnah nabi, dalam riwayat Rasulullah SAW bersabda, “Sahurnya orang mukmin adalah buah kurma.” [HR. Abu Daud]. Apa yang dianjurkan nabi sudah pasti itu paling bermanfaat.

3Telur rebus

bobo.kidnesia.com

Protein adalah kandungan penting dalam pemenuhan gizi. Sumber protein yang tinggi ada pada telur. Selain itu telur juga mengandung asam lemak omega-3. Paling baik untuk menghidangkan telur adalah dengan direbus.

4Green Smoothie atau Jus Hijau

blisstree.com

Makanan dari daun-daunan hijau akan meningkatkan kandungan lemak dalam ASI dan berfungsi sebagai penambah energi.

Bila terlalu repot untuk dibuat makanan dan sayuran, kamu cukup membuat jus atau smoothie dari bayam, sawi, kangkung, rumput gandum, atau sayuran hijau lainnya.

Spirulina (ganggang hijau), rumput laut, rumput barley/jelai, daun alfalfa, dan makanan herbal lainnya termasuk ke dalam makanan yang baik untuk penambah energi di pagi hari.

5Ubi panggang

ubibakarmaducilembu.blogspot.com

Ubi juga dapat membantu meningkatkan suplai ASI. Kandungan pada ubi adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, dan juga beberapa kandungan lain yang baik untuk persiapan puasa.

Agar lebih nikmat dalam penyajiannya, ubi panggang adalah yang terbaik dan pasti disukai oleh ibu dan keluarga.

6Oatmeal atau Bubur Gandum

fitmamarealfood.com

Ini adalah makanan yang biasa dikonsumsi Ibu Hamil di Amerika Serikat karena dianggap dapat meningkatkan produksi ASI.

Oats adalah makanan bernutrisi tinggi dan mengandung banyak protein, vitamin, mineral utama, serta minor (mineral yang dibutuhkan kurang dari 100 mg/hari).

Sebagai pelengkap rasa dan untuk menambah nutrisi baik juga untuk disajikan dengan kacang-kacangan dan mentega.

7Kacang Almond

jualkacangalmondmurah.com

Kebanyakan kacang-kacangan sangat baik bagi nutrisi ibu hamil, tapi yang terbaik di antara semua adalah kacang almond. Kacang Almond mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan produksi ASI