Salah satu kebutuhan mendasar manusia untuk menjalani kehidupan adalah kesehatan. Tanpanya tentu kita tidak bisa beraktivitas dengan maksimal, atau lebih jauh lagi berujung pada kematian.

Kata orang, sehat itu mahal, ungkapan yang tidak sepenuhnya benar. Mahal karena sudah terlanjur sakit, mahal karena pengobatan tidak terjangkau.

Namun jika kita mau konsekuen menjalani gaya hidup sehat, pola makan yang sehat, akhirnya sehat menjadi murah.

Soal pola makan sehat menjadi susah dizaman sekarang, banyak makanan industri yang tidak jelas bahan dan proses pembuatannya.

Karenanya label makanan sehat menjadi incaran banyak orang. Mulai dari makanan organik, makanan bersertifikasi kesehatan sampai dengan makanan herbal.

Apa kamu yang termasuk mendamba makanan sehat? Namun hati-hatilah, selidik punya selidik, ternyata ada beberapa makanan yang sehat yang justru menjadi bumerang bagi kesehatan.

Makanan yang sebenarnya mengandung zat yang menyehatkan, karena salah kita mengolahnya, justru menjadi makanan yang mematikan.

Maka hati-hatilah dalam memilih makanan sehat, berikut 7 makanan sehat yang bisa membahayakan tubuh kamu.

1Seledri

tokoherbalasamurat.com

Banyak manfaat kesehatan yang dikandung seledri, seperti sumber vitamin dan nutrisi yang tinggi.

Besarnya khasiat seledri ternyata juga menyimpan potensi bahaya bagi tubuh. Tapi jangan khawatir, itu hanya terjadi sewaktu kita tidak benar dalam mengolahnya.

Awas! jangan pernah coba memasukkan seledri ke dalam kuah sup yang masih dalam kondisi masak. Seledri akan melepaskan nitrit yang berbahaya dan beracun bagi tubuh.

2Minyak Zaitun

disehat.com

Minyak zaitun dikenal menyehatkan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak ini baik untuk kesehatan jantung, usus dan kulit, serta mencegah dari beberapa penyakit seperti kanker dan diabetes.

Namun kalau kamu menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng telur, ayam atau makanan apa apapun, minyak zaitun dapat membuat makanan yang lezat jadi beracun.

Ketika minyak zaitun dipanaskan, maka zat yang terkandung di dalamnya berubah menjadi karsinogenik. Karsinogenik punya sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru dan berujung pada kanker.

3Almond

pxlfitness.com

Khasiat sehat kacang almond bukan sesuatu yang baru bagi banyak orang. Kandungannya yang kaya akan vitamin E, kalsium, fosfor, besi dan magnesium, menjadikannya sebagai makanan favorit.

Tapi awas! jangan asal waktu memilih almond. Ada jenis almond liar yang mengandung zat sianida. Zat yang menyerang pembuluh darah jantung dan menyebabkan kematian.

Pastikan kamu membeli almond dari produsen yang terpercaya. Karena kandungan zat sianida dapat dihilangkan jika diproses dengan benar.

4Kentang

kaloriku.com

Ini makanan yang paling akrab bagi masyrakat Indonesia. Kandungan gizinya tinggi, disamping rasanya yang enak dalam banyak olahan.

Banyak kandungan sehat dari kentang seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral yang penting bagi tubuh kita.

Namun, lagi-lagi hati-hati dalam memilih . Jangan pernah memilih kentang hijau karena mengandung racun solanin. Racun ini menyebabkan kamu muntah-muntah pada awalnya dan berakhir dengan serangan jantung.

5Margarin

farrago.co.id

Makanan industri yang berasal dari minyak nabati ini juga banyak dikatakan menyehatkan. Apalagi kalau kita lihat iklan-iklan margarin di televisi, penuh kata-kata buaian tentang kandungan sehat produknya.

Walaupun benar margarin mengandung banyak zat bermanfaat, namun dibalik itu juga menyimpan potensi bahaya.

Ada banyak senyawa yang tidak sehat di margarin. Setelah diteliti oleh para pakar, margarin mengandung heksana, bahan kimia industri yang memiliki efek toksik.

Maka ada baiknya untuk tidak keseringan mengonsumsi margarin.

6Apel

www.sunpride.co.id

Rasanya seger dan manis. Buah ini menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari dan dikonsumsi semua orang.

Saking nikmatnya, sampai-sampai kulit dan bijinya sering kita telan juga kedalam perut. Tapi tahukah kamu kalau biji apel mengandung amygdalin walau dalam jumlah kecil.

Apabila amygdalin menyatu dengan enzim pencernaan, maka akan menghasilkan hidrogen sianida yang berbahaya.