Di awal-awal kehamilan terkadang seorang ibu malas untuk mengonsumsi makanan. Hal itu wajar, disebabkan oleh perubahan hormon. Akan tetapi itu tidak bisa dijadikan alasan untuk menolak makanan. Kamu harus ingat, bahwa dirimu sedang mengandung janin.

Perkembangan janin itu juga ditentukan dengan nutrisi yang didapat dari makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu mengalami mual-mual atau morning sick di awal kehamilan, kamu bisa mencegahnya.

Menurut seorang pakar gizi, ibu hamil yang mengalami mual pada trimester pertama kehamilan, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang kecil. Berikut ini makanan sehat yang bisa kamu konsumsi.

1Daging

www.intisari-online.com

Daging adalah sumber protein hewani yang baik dengan berbagai macam sumber vitamin. Ada vitamin B12, B6, dan niacin. Daging mampu mencegah anemia selama kehamilan. Jadi bagus nih jika ibu hamil mengonsumsi daging.

Selain itu, daging juga dapat membantu perkembangan janin dengan bantuan kolin yang terkandung di dalamnya. Kamu bisa kreasikan menu makanmu sehari-hari dengan menambahkan daging di dalamnya.

Untuk mengatasi kamu yang tidak suka daging, masak saja daging dengan irisan yang tipis ke dalam masakan kesukaanmu, sehingga rasa daging tidak menjadi dominan.

2Yoghurt

www.resepharian.com

Biasanya ketika kamu dinyatakan hamil, maka dokter akan menyarankanmu untuk mengonsumsi susu. Tetapi beberapa ibu hamil malah menjadi mual jika mencium aroma susu. Karenanya, cobalah mengganti susu dengan yoghurt.

Kandungan dalam yoghurt juga lebih baik daripada susu. Kandungannya berupa protein, kalsium, seng, dan vitamin B. Banyak resep yang bisa kamu coba untuk mengkreasikan yoghurt ini.

www.allbran.co.uk
www.allbran.co.uk

Kamu bisa makan saja langsung yoghurt dengan ditambahkan beberapa potong buah-buahan segar. Atau membuat yoghurt menjadi smoothies yang menyegarkan. Hilang dari mual, menambah nutrisi serta menjadikan sehat pula.

3Kacang-kacangan

panduanhidupsehat.com

Bukan rahasia lagi jika kacang-kacangan itu baik untuk kesehatan tubuh. Karena kacang-kacangan akan memberimu sumber protein, zat besi, kalsium, seng, dan asam folat. Semua kandungan ini akan dibutuhkan untuk perkembangan janinmu.

Kamu bisa megonsumsi kacang hijau atau kacang kedelai sebagai menu makanan selama kehamilanmu. Banyak sekali resep yang bisa kamu coba untuk mengolah berbagai macam jenis kacang-kacangan yang ada.

Atau jika sedang malas untuk berkutat di dapur, kamu bisa kok menjadikan kacang-kacangan itu sebagai camilan sehat untuk menemani ketika bercengkrama dengan suami.

4Berries

modernfarmer.com

Tahu kan strawbberry, blueberry, rasberry, dan buah berry lainnya? Rasanya yang asam akan memberikan kesegaran bagi tubuhmu, sehingga membantu dalam mengatasi rasa mual.

Buah-buah itu mengandung vitamin C, potasium, serat, asam folat dan antioksidan yang tinggi. Sudah tentu baik dan aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Bahkan, dalam berries mengandung phytonutrien yang dapat menjaga kerusakan sel tubuh ibu dan calon bayi.

Kamu bisa nih menjadikan berries ini sebagai pendamping untuk mengonsumsi yoghurt atau malah dijadikan smoothie saja. Hmmmm, pasti menyegarkan.

5Brokoli

www.diyetisyenim.org

Di awal kehamilan sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sayuran hijau. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah terjadi konstipasi selama kehamilan. Karena ada beberapa kasus ibu hamil yang mengalami konstipasi.

Salah satu sayuran hijau tersebut adalah brokoli. Kandungan kalsium, lutein, asam folat, zeaxantin, dan karotenoid di dalamnya baik untuk perkembangan penglihatan janin di dalam perut.

Kalium yang terkandung dalam brokoli juga membantu untuk menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh. Kamu bisa merebus brokoli untuk dijadikan cemilan jika suka. Atau membuatnya menjadi salad dicampur dengan sayuran lain? Begitu juga bisa.

Jadi, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi untuk kebaikan dirimu dan janin dalam kandunganmu.

SHARE