Bagi wanita yang sedang hamil muda, sudah jadi kewajiban untuk selalu menjaga asupan makanan dan minuman agar tidak membahayakan janin. Kesehatan janin menjadi yang utama.

Nah, jika para calon ibu ini masih bingung harus makan apa saja yang kandungan gizinya bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi beserta ibu hamil itu sendiri, maka berikut 10 jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

1Makanan Bersereal

saatnyamakan.blogspot.com

Makanan sehat bagi ibu hamil muda adalah makanan yang mengandung sereal atau yang memang sudah diolah secara khusus menjadi makanan bersereal.

Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan sereal, maka akan membantu menghilangkan rasa mual. Nafsu makan juga akan bertambah.

Makanan sereal mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, dan kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan.

2Daging Tanpa Lemak

anekatop10.com

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berikutnya adalah daging, khususnya konsumsi daging yang tanpa lemak. Daging tanpa lemak menjadi sumber protein yang tinggi bagi janin.

Tapi jangan sampai mengkonsumsi daging yang dipanaskan dengan uap ya. Ketika membeli daging pun usahakan memilih daging segar yang sudah dipisahkan dari lemaknya.

Kalau khawatir dengan daging sapi atau ayam, maka bisa diganti dengan daging ikan salmon. Daging salmon mengandung Omega-3 dan protein tinggi. Batasi konsumsi salmon hanya 12 ons saja dalam seminggu, demi menghindari gejala merkuri.

3Susu

health.kompas.com

Susu merupakan mimuman sehat bagi ibu hamil. Susu memiliki kandungan yang mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi.

Selain itu susu juga dapat memperbaiki jaringan yang rusak, membantu dalam pembentukan otot, dan transportasi oksigen ke janin dalam kandungan.

Susu yang baik untuk ibu hamil adalah susu kedelai karena bisa mencukupi kebutuhan Vitamin D.

4Kacang-kacangan

health.kompas.com

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yaitu berupa kacang-kacangan. Makanan jenis ini sangat baik untuk janin. Kacang diperlukan untuk membantu membangun sistem saraf pada bayi.

Kacang mengandung asam folat dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil muda. Kacang yang sangat disarankan adalah kacang hijau.

5Ubi Jalar

kedaulatanpangan.net

Makanan sehat berikutnya yaitu ubi jalar. Kandungan warna oranye pada ubi jalar yaitu karotenoid. Ialah pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh manusia.

Di dalam Ubi jalar terdapat sumber kandungan vitamin C, folat, dan serat. Ubi jalar sebenarnya seperti kacang hijau namun, tetap harus dikonsumsi dalam batasan tertentu (tidak berlebihan).

6Telur

reduced-vps-servers.com

Satu telur sama dengan 90 kalori. Kandungan di dalam telur selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, ada banyak protein yang penting bagi kehamilan.

Telur juga kaya akan kolin, yang berfungsi untuk membantu mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak.

Telur juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Sama seperti daging ikan salmon. Telur juga mengandung omega-3, yang berperan penting bagi otak.

7Buah-buahan

dhanyinfo.net

Mengkonsumsi buah buahan segar juga merupakan daftar makanan sehat untuk ibu hamil. Buah yang mengandung Vitamin C seperti jeruk sangat dianjurkan untuk membantu memerangi infeksi pada janin dan rahim, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

8Air dan Vitamin

gigisusu.net

Kosumsi air putih yang banyak diharuskan bagi semua orang, apalagi ibu hamil. Minuman berupa air putih bisa dicampur dengan sari buah segar untuk menghilagkan rasa mual yang sering datang. Jadi bisa dikreasikan dengan apa saja.

Mengkonsumsi vitamin juga penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter mengenai vitamin apa yang cocok bagi wanita hamil.

9Biji-bijian

necturajuice.com

Makanan sehat untuk ibu hamil muda seperti biji-bijian atau gandum juga tak kalah baik. Tanaman gandum mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien.

10Sayur-sayuran Hijau

pedulisehat.info

Sama seperti buah-buahan, mengkonsumsi sayuran hijau juga sangat baik untuk ibu hamil, Pilih sayuran seperti bayam, sawi dan sauran hijau lainnya yang mengandung zat besi.

Selain mampu mencegah anemia, sayuran juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, terdapat vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat.