Kehamilan merupakan penyempurna kebahagiaan bagi pasangan yang baru saja mengarungi bahtera rumah tangga. Segala aktivitas ibu hamil harus selalu diperhatikan, termasuk juga dalam hal nutrisi.

Makanan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kecerdasan maupun kesehatan anak di masa depan. Hal ini disebabkan makanan sang ibu merupakan satu-satunya asupan bagi pertumbuhan janin di dalam rahim.

Kebutuhan gizi ibu hamil bahkan lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil. Sayangnya kondisi ngidam yang dialami ibu hamil pada trimester pertama sering kali membuat sang ibu malas untuk memvariasikan asupan makanan.

Kamu dapat menuruti keinginan untuk makanan ngidam apabila makanan tersebut sehat. Apabila makanan tersebut tidak sehat, lebih baik kamu mengendalikan keinginan tersebut, atau tidak berlebihan menngkonsumsinya.

Berikut ini makanan sehat yang baik dimakan oleh ibu hamil.

1Ikan-ikanan

ibu-hamil.web.id

Ikan merupakan sumber utama omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak janin. Jenis ikan yang paling direkomendasikan adalah ikan salmon. Hal ini disebabkan ikan salmon selain kaya akan omega 3 juga hanya sedikit mengandung merkuri.

Namun demikian tidak semua protein hewani dari laut baik untuk ibu hamil. Sebagai contoh kerang. Kerang mengandung banyak merkuri, sehingga tidak baik untuk ibu hamil.

2Daging Tanpa Lemak

intisari-online.com’

Ibu hamil memerlukan zat besi yang lebih banyak. Salah satu sumber zat besi hewani yang paling umum adalah daging. Daging yang baik adalah daging tanpa lemak agar tidak menyebabkan obesitas pada ibu hamil.

3Susu

freshstmj.com

Susu mengandung kalsium yang tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Selain itu susu juga merupakan sumber protein hewani selain daging. Protein berperan sebagai zat pembangun serta pembentukan jaringan-jaringan baru pada janin.

Kamu dapat memilih berbagai variasi rasa pada susu agar tidak bosan. Selain itu kamu juga dapat berkreasi dengan berbagai buah untuk membuat variasi rasa susu susu sesuai dengan kesukaan kamu.

4Kacang-kacangan

necturajuice.com

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan lain-lain merupakan sumber utama protein nabati. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk janin.

Nah, kalau kamu malas untuk memakan kacang-kacangan, tak ada salahnya kamu mengonsumsinya dalam bentuk selai yang dioleskan pada roti-roti kesukaanmu. Bagaimana? Jadi lebih menggugah selera bukan?

5Sayuran Hijau

abiummi.com

Sayuran hijau merupakan sumber serat pangan dan vitamin. Masing-masing sayuran memiliki keunggulan zat gizi yang berbeda. Akan lebih baik apabila kamu mengkonsumsi sayuran yang bervariasi.

Sayuran sangat penting lantaran hampir tidak ada makanan yang bisa menggantikan peranan sayur mayur. Bagi kamu yang tidak suka mengkonsumsi sayur mayur, kamu harus tetap memaksakan diri mengkonsumsi sayuran.

6Buah-buahan

dhanyinfo.net

Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang paling utama. Sama halnya dengan sayuran, masing-masing buah juga memiliki keunggulan vitamin yang berbeda. Kamu bisa mengatur jadwal konsumsi buah yang berbeda setiap harinya.

Apabila kamu tidak suka mengkonsumsi buah, tak ada salahnya kamu mengkonsumsinya sebagai jus. Selain itu, kamu juga berkreasi dengan membuat selai berbagai buah. Selai buatan sendiri selain dapat dibuat sesuai dengan selera kita, juga tidak mengandung bahan pengawet.

Anak yang sehat, cerdas dan aktif merupakan dambaan setiap orang tua. Oleh karena itu kita harus mempersiapkannya sejak awal kehidupannya. Jangan lupa jaga setiap asupan ibu hamil keluarga kita.

Jadi, jangan tunggu terjadi masalah dengan kehamilanmu atau orang-orang kesayangan kamu. Kamu bisa rekomendasikan makanan-makanan sehat diatas untuk menjaga kehamilan yang baik dan sempurna.

Selamat menjadi ibu yang sehat untuk buah hati yang sehat.