Di tengah ramainya jenis penyakit yang muncul akibat pola hidup masyarakat yang cenderung asal-asalan, maka sudah saatnya kesadaran diri mulai ditumbuhkan.

Selain pola hidup, penyakit yang muncul banyak disebabkan oleh konsumsi makanan yang tak sehat, kotor, dan sembarangan.

Yuk, coba kita cek lagi. Makanan apa saja yang seharusnya kita konsumsi sebagai prioritas kesehatan tubuh.

1Buah-buahan

papasemar.com

Buah merupakan contoh serat yang mudah dicerna. Buah-buahan sangat baik untuk menutrisi tubuh anda. Ini dikarenakan, aneka buah-buahan merupakan sumber serat dan vitamin C yang mana berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat, bugar dan fit sepanjang hari.

Buah merupakan sumber vitamin dan air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Buah juga merupakan sumber antioxidan alami terbesar yang ada di dunia.

Buah dapat mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

2Sayur-sayuran

mencegahpenyakit.com

Serat yang terdapat pada sayuran berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Dr. Charles Klien, seorang ahli gizi dari New York menyebutkan bahwa manfaat sayuran dan buah, terutama yang dibuat menjadi jus, dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh, menghilangkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, atau dibuat menjadi jus. Dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi kesehatan kita.

3Kacang-kacangan

sehatdokter.com

Memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium tinggi, dan sejumlah vitamin serta mineral. Tambahkan kacang dalam salad atau sup yang dibuat untuk menambah lezat dan sehat makananmu.

Kacang-kacangan dan biji-bijian padat nutrisi, yang berarti mereka mengepak banyak gizi ke dalam tempat yang kecil. Bijian dan kacang-kacangan mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, yaitu yang dapat membantu pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan.

Oleh karena kacang-kacangan mengandung kadar protein yang tinggi, sehingga akan memberikan cukup energi dan membantu tubuh untuk membangun otot.

Kacang-kacangan secara alami bebas kolesterol, dan mengandung sangat sedikit lemak jenuh. Kacang tawar mengandung sangat sedikit sodium.

4Ikan Salmon

puspanendah.blogspot.com

Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan pilihan sehat, tapi salmon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Selain itu, salmon juga rendah kolesterol.

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh. Keberadaan ikan salmon di perairan Indonesia juga sebenarnya melimpah ruah.

Kurangnya eksplorasi yang akhirnya membuat ikan salmon ini tidak begitu banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Padahal jika dilihat dari manfaatnya, ikan salmon tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lain yang biasa dikonsumsi.

5Ubi

family.fimela.com

Ubi kaya dengan vitamin. Dalam ubi terkandung vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, ubi juga rendah kalori, khususnya jika dipanggang atau dimasak tanpa gula.

Konsumsi ubi dapat mencegah diabetes, meningkatkan imunitas, mengurangi tekanan darah, sumber energi, menyehatkan pencernaan, dan dapat menjaga kesehatan mata.

6Cokelat Hitam

health.kompas.com

Inilah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah anda tetap normal. Jadi bagi anda yang yang takut dengan naik turunnya tekanan darah, mulailah mengkonsumsi coklat hitam.

Rasanya memang agak pahit namun sangat nikmat bila sudah dimakan. Cokelat hitam lebih banyak digunakan untuk membuat adonan kue. Biasanya, masyarakat lebih senang mengonsumsi cokelat olahan yang sudah dicampur susu.

7Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh

meetdoctor.com

Manfaat makanan sehat bagi tubuh memberikan peranan pentingnya untuk kesehatan tubuh. Bagaimanapun, makanan sehat merupakan faktor terpenting untuk membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, faktor pola makan yang buruk akan membuat kamu lebih mudah terkena penyakit. Makanan merupakan asupan terpenting yang masuk ke dalam tubuh.

Maka dari itu, akan sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Begitu pentingnya peranan makanan sehat bagi tubuh, kamu harus selalu menyeleksi setiap makanan yang masuk ke tubuh.

Seperti diketahui bersama, seiring perkembangan zaman kini banyak menjumpai penyakit-penyakit kronis yang baru. Hal ini tidak lain, karena faktor makanan-makanan instan yang biasa disantap sehari-hari.

Makanan instan atau junk food mengandung banyak zat kimia berbahaya, seperti pewarna makanan, zat pengawet dan lain sebagainya.

Jika makanan tersebut diakumulasi di dalam tubuh, akan mengakibatkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel kanker berkembang dalam tubuh.

Di sinilah kamu akan merasakan manfaat makanan sehat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan aneka macam penyakit berbahaya.

Apa saja sih manfaat makanan sehat bagi tubuh yang wajib diketahui? Untuk mengetahui manfaatnya, ada beberapa zat yang wajib dikonsumsi sehari-hari untuk mendapatkan manfaat makanan bergizi untuk tubuh.

Karbohidrat. Karbohidrat merupakan zat terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh, karena peranan karbohidrat sendiri untuk menghasilkan energi dan memberikan tenaga untuk tubuh manusia. Kamu bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi, kentang, gandum, dan lain sebagainya.

Protein. Kandungan protein pada makanan tak kalah pentingnya dari karbohidrat. Karena protein berfungsi untuk membantu masa pertumbuhan anak dan sebagai cadangan energi untuk manusia. Adapun makanan berprotein terdapat pada telur, daging, ikan dan lain sebagainya.

Vitamin. Nah, kandungan yang tak kalah pentingnya adalah vitamin yang bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh. Ada banyak vitamin yang bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Lemak. Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai zat pelarut vitamin serta cadangan energi untuk rubuh.

Serat. Serat juga sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh dan meminimalisir kelebihan berat badan. Kamu bisa mendapatkan serat dari sayuran dan buah-buahan.

Air. Air merupakan unsur terpenting yang wajib dikonsumsi oleh tubuh untuk melarutkan semua zat yang bergizi di dalam tubuh

Mineral. Mineral juga sangat penting untuk membentuk struktur tubuh.

Harus cukup memberikan kalori, harus ada perbandingan yang baik antara zat makanan pokok, yakni: karbohidrat, protein, dan lemak. Protein yang masuk harus cukup banyak dan mengandung asam amino.

Harus cukup mengandung vitamin, garam mineral, mudah dicerna oleh organ pencernaan manusia, dan higienis.

8Dampak Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

newbodyshapenow.com

Makanan cepat saji atau dikenal juga dengan istilah fast food mengacu pada makanan yang disajikan dalam waktu yang relative cepat. Sebagai pelanggan tidak perlu menunggu lama agar makanan siap tersedia di mejamu.

Bagi orang yang super sibuk, makanan cepat saji mungkin bisa menyelesaikan masalah. Tetapi satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah, makanan cepat saji ini disinyalir menjadi faktor penyebab berbagai penyakit pada tubuh.

Makanan cepat saji memang bisa menjadi solusi untuk menghemat waktu. Namun, makanan cepat saji bukan solusi untuk kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Beberapa penelitian bisa mengemukakan jika makanan cepat saji dapat mengakibatkan efek yang sangat merugikan bagi kesehatan.

Membuat ketagihan. Tahukah kamu jika makanan cepat saji bisa membuat ketagihan?

Mengkonsumsi makanan cepat saji seperti French Fries atau burger dapat membuat seseorang terus menerus ingin mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut.

Ini karena di dalam makanan saji terdapat bahan seperti gula buatan dan juga pewarna makanan, beberapa dari faktor yang membuat makanan saji sangat menggugah selera.

Jika bahan makan seperti tersebut masuk terus menerus ke dalam tubuh, tentu efeknya akan sangat merugikan bagi tubuh dan kesehatan.

Penyebab Utama Obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan tergolong suatu penyakit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit lain.

Bahkan lebih dari separuh warga Amerika menderita obesitas. Amerika bisa dikatakan sebagai pioneer produsen makanan cepat saji saat ini memiliki jumlah penderita obesitas yang sangat tinggi.

Bahkan di Amerika, jumlah anak-anak yang menderita obesitas pun cukup tinggi. Hal ini juga disebabkan tingkat konsumsi makanan cepat saji di Negara tersebut memang tinggi dan membudaya.

Makanan cepat saji mengandung banyak gula buatan dan garam yang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Faktor seperti minyak goreng dan bahan pengawet lainnya yang digunakan di dalam pembuatan makanan cepat saji membuat tubuh sulit untuk menguraikan lemak yang masuk, begitu juga jumlah kalori yang tergolong banyak di dalam makanan cepat saji.

Menyebabkan Kerusakan Hati. Kerusakan hati juga sering dikaitkan dengan konsumsi makanan cepat saji. Walau pun mungkin bahaya yang satu ini tidak secara langsung banyak diketahui oleh masyarakat.

Lemak trans atau minyak trans yang digunakan saat proses penggorengan makanan cepat saji memang dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama dari kerusakan agar tetap bisa dikonsumsi. Tetapi akan merugikan kesehatan setelah dikonsumsi.

Tubuh secara alami akan berusaha membersihkan kandungan atau zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh.

Tetapi adanya lemak trans serta bahan pengawet buatan akan membuat hati bekerja ekstra untuk membersihkan berbagai zat yang tergolong racun untuk tubuh. Sehingga hal tersebut lama kelamaan bisa menyebabkan kerusakan pada hati.

Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular. Penyakit yang berkaitan dengan jantung, apa pun itu akan menyebabkan seseorang mengalami akibat paling fatal seperti kematian.

Mengkonsumi makanan cepat saji yang mengandung banyak sodium dan kolesterol akan menyebabkan kerusakan pada jantung.

Kandungan sodium yang tinggi yang terdapat di makanan cepat saji seperti kentang goreng, minuman bersoda atau daging olahan bisa membuat tekanan darah meningkat.

Di damping itu sodium dalam jumlah berlebihan dapat menyumbat arteri. Kedua hal ini bisa menyebabkan kerja jantung melemah yang selanjutnya bisa mengakibatkan dirimu sulit untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penyebab Utama Diabetes Tipe 2. Makanan cepat saji menjadi solusi banyak orang yang sibuk dan tidak dapat menyempatkan diri untuk memasak di rumah.

Gula dan garam yang digunakan dalam jumlah yang tinggi di dalam makanan cepat saji seperti yang sudah dijelaskan tadi, akan menyebabkan obesitas jika terlalu sering dikonsumsi.

Sedangkan obesitas sendiri merupakan salah satu faktor penyebab dari penyakit diabetes tipe 2. Jadi secara langsung dapat dikatakan bahwa inilah makanan untuk penderita diabetes yang wajib dihindari.

Radang pada Dinding Lambung. Peradangan dinding lambung juga disebut PUD atau Peptic Ulcer Disease adalah penyakit yang paling sering terjadi pada lambung.

Biasanya orang yang menderita penyakit satu ini sering mengalami rasa perih yang sangat di bagian lambungnya. Makanan cepat saji yang dapat menyebabkan peradangan dinding lambung adalah pizza, dan keripik gurih.

Hilangnya Nafsu Makan. Biasanya, di dalam makanan akan terdapat zat yang menggugah nafsu makan.

Sedangkan makanan cepat saji yang kurang akan nutrisi akan membuatmu kehilangan nafsu makan jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Menyebabkan Ketidaknormalan Sistem Pencernaan. Serat adalah satu zat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Di dalam makanan cepat saji yang kebanyakan melalui proses digoreng dan bahan dasar yang kurang sehat dapat menyebabkan kekurangan serat dalam tubuh.

Kurangnya serat akan menyebabkan ketidaknormalan pada sistem pencernaan. Contohnya, sulit buang air besar, sembelit dan lain sebagainya.

Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi. Nutrisi sangat penting fungsinya bagi berbagai sistem dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan cepat saji yang sering akan menyebabkan tubuh kekurangan banyak nutrisi.

Ini karena makanan cepat saji tidak mengandung vitamin, minerat atau serat dan zat lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan.

Jika terus menerus mengkonsumsi makanan cepat saji, bisa jadi tubuh atau organ – organ tertentu di dalam tubuh dapat mengalami gangguan.

Penyebab Stress. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah dan banyak lagi yang lainnya.

Beberapa penelitian ternyata mengungkapkan bahwa lemak dengan jumlak yang banyak yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan stress pada seseorang.

Dari penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak (makanan cepat saji),

cenderung memiliki risiko terkena stress jika dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan rendah lemak.

Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi disebut menjadi tiga besar penyakit yang diderita oleh orang Amerika.

Dan mengkonsumsi makanan cepat saji akan menyebabkan kondisi tersebut semakin memburuk. Misalkan saja, makanan cepat saji seperti hamburger mengandung 540 kalori dan 29 gram lemak.

Di dalam hamburger juga terdapat 10 gram lemak jenuh, dan 1,5 gram lemak trans serta kandungan sodium sebanyak 1040 gram.

Jadi, jika kamu memakan makanan penyebab darah tinggi seperti ini, akan menyebabkan tubuh bekerja sangat ekstra untuk menyerap zat-zat tersebut.

Termasuk meingkatkan detak jantung menyumbat pembuluh darah yang selanjutnya menjadi penyebab tekanan darah menjadi tinggi.

Radang Sendi. Banyaknya sodium yang terkandung di dalam makanan cepat saji dapat berdampak pada fungsi-fungsi persendianmu. Selain itu, kurangnya nutrisi di dalam makanan cepat saji mengakibatkan kerja persendian menurun.

Menjadi Penyebab Kanker. Bahan pengawet yang terdapat di dalam makanan cepat saji dapat memberi efek jangka panjang yang sangat berbahaya.

Bahan pengawet tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh, mempengaruhi organ-organ tubuh dan bisa menumbuhkan sel-sel kanker.

Efeknya mungkin tidak secara langsung dapat kamu rasakan. Namun konsumsi dalam intensitas waktu yang sering dan dalam jangka waktu yang lama akan membentuk sel kanker di beberapa tahun kemudian.

Ingat kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia yang harus dicegah, mulailah dari mengurangi makanan cepat saji.

Mengganggu Sistem Pernafasan. Obesitas sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya kelebihan berat badan akan juga mengganggu sistem pernafasan.

Bahkan tanpa diagnosa dokter sekalipun, obesitas dapat menyebaban nafas terengah-engah serta nafas pendek. Obesitas bahkan juga bisa berpengaruh sangat besar pada terjadinya penyakit asma dan sulit tidur.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan Jurnal Thorax menambahkan jika anak-anak mengkonsumsi makanan cepat saji akan meningkatkan resiko terhadap penyakit asma dan rhinitis.

Menyebabkan Kerusakan Sistem Saraf Pusat. Ada beberapa jenis sakit kepala dan berbagai faktor yang menyebabkannya. Beberapa penyebabnya dapat ditemukan di dalam makanan yang dimakan seperti garam, nitrat. MSG dan juga daging olahan.

Sebuah penelitian yang dipublikasi di Public Health Nutrition menunjukan bahwa memakan makanan siap saji dan cepat saji seperti pizza dan hamburger meningkatkan tingkat depresi yang berkaitan dengan sistem saraf.

Menyebabkan Muka Berjerawat. Seringkali seseorang menyalahkan munculnya jerawat di muka pada coklat atau gara-gara kacang-kacangan yang dimakan.

Padahal sebenarnya penyebab jerawat bukanlah kacang atau coklat, penyebab jerawat menurut Mayo Clinic adalah karbohidrat.

Maka dari itu makanan cepat saji yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan gula darah yang juga menyebabkan munculnya jerawat di muka.

Merusak Enamel Gigi. Ketika mengkonsumsi makanan cepat saji yang notabene mengandung banyak karbohidrat dan gula, bakteria yang terdapat di dalam mulut akan memproduksi asam.

Zat asam tersebut bersifat keras pada gigi. Kemudian zat asam tersebut akan merusak enamel gigi yang juga sebagai penyebab dari gigi berlubang.

Menyebabkan Osteoporosis. Jika kamu penyuka makan makanan cepat saji, perlu di waspadai jika makanan cepat saji mengandung banyak sodium. Sodium yang jumlahnya banyak ini jika masuk ke dalam tubuh akan juga berdampak merugikan pada tulang.

Menyebabkan perasaan Haus yang Terus Menerus. Kandungan garam yang cukup banyak di dalam makanan cepat saji selain menaikan tekanan darah juga dapat memiliki dampak lain.

Dampak lain ini berupa dampak jangka pendek yang dapat langsung kamu rasakan setelah mengkonsumsi makanan cepat saji. Garam yang terlalu banyak akan membuatmu merasa kehausan yang terus menerus.

Menyebabkan Sindrom Metabolis. Sindrom metabolis dapat diakibatkan oleh kombinasi penyakit yang terjadi di dalam tubuh. Penyakit-penyakit tersebut antara lain hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi dan diabetes.

Sindrom metabolis pada dasarnya terjadi karena lemak trans yang menumpuk di dalm tubuh karena konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan.

Membuat rambut mudah rontok. Nah, salah satu penyebab kepala seseorang terlihat botak di bagian tengahnya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Kandungan MSG pada makanan cepat saji, bahkan di restoran dan warteg jauh di atas jika memasak sendiri di rumah. Lama kelamaan akan menyebabkan kebotakan rambut yang tentunya mengganggu penampilanmu.

Sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji sebenarnya tidak masalah jika kamu tidak memiliki penyakit seperti jantung atau darah tinggi.

Kamu bisa mengimbangi konsumsi makanan cepat saji dengan berolahraga dan asupan serat atau nutrisi lain yang bisa kamu dapat dengan konsumsi buah atau sayur.

Gangguan Mental dan Emosional. Anak-anak yang memiliki pola makan tidak sehat (kurang nutrisi) lebih mudah mengalami berbagai gangguan psikologis, seperti gangguan cemas atau gangguan kemampuan belajar, yang membuat mereka lebih sering membutuhkan konseling.

Nutrisi yang buruk juga dapat berdampak negatif pada kemampuan anak untuk berkembang dan beradaptasi secara normal.

Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan adanya hubungan antara defisiensi (kekurangan) zat besi dengan gangguan hiperaktif pada anak-anak. Defisiensi iodium juga berhubungan dengan beberapa gangguan perkembangan.

Beberapa kebiasaan makan pada anak-anak seperti makan tidak teratur atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis berhubungan dengan terjadinya depresi.

9Tips Pola Makan Sehat

rizqy-agung.com

Perbanyak konsumsi bahan makanan dari tumbuhan. Bahan makanan dari tumbuhan merupakan bahan makanan utama untuk pencegahan kanker.

Hal ini karena sayur dan buah merupakan sumber utama phytochemicals, yaitu zat alamiah yang berfungsi melindungi tubuh dari pembentukan tumor.

Dengan mengkonsumsi 2-4 porsi buah-buahan dan 3-5 porsi sayur-sayuran, diperkirakan akan menurunkan risiko kanker sebesar 20 %.

Perbanyak jumlah serat dalam makanan sehari-hari. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat sebagai pengganti karbohidrat sederhana (seperti tepung atau gula), merupakan pilihan yang tepat untuk mencegah obesitas dan kanker.

Serat yang terkandung dalam sayur dan buah, tidaklah terdapat pada daging, susu, maupun minyak. Sedangkan proses pemutihan tepung terigu justru akan menghilangkan kandungan serat gandum.

Serat bermanfaat memperlambat waktu pencernaan makanan sehingga rasa kenyang terasa lebih lama dan tubuh dapat menyerap zat gizi dari makanan dengan baik.

Serat juga berikatan dengan asam empedu yang mengandung kolesterol dan akan mengeluarkannya dari tubuh lewat tinja, sehingga akhirnya kadar kolesterol akan turun.

Manfaat serat yang lainnya yang tak kalah penting adalah efek anti sembelit yang dimilikinya, sehingga kesehatan usus menjadi lebih baik karena buang air besar dapat dilakukan secara lancar setiap hari.

Minimalkan penggunaan lemak jenuh. Lemak jenuh yang terkandung pada produk hewani seperti daging, susu, dan keju akan meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Bahan pangan yang dapat digunakan untuk menggantikan lemak jenuh adalah minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak canola yang mengandung lemak tak jenuh. Selain mengurangi risiko penyakit, minyak nabati relatif tidak meningkatkan berat badan.

Variasi makanan. Susunlah menu makanan secara bervariasi, menggunakan berbagai jenis sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang alami. Antioksidan adalah penghancur radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Radikal bebas berbahaya bagi sel tubuh dan berperan menimbulkan kanker. Lingkungan yang tercemar, bahan makanan yang diawetkan serta asap rokok merupakan contoh sumber radikal bebas di sekitar.

Konsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan akan menurunkan kadar radikal bebas di dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan jaringan tubuh dan terjadinya kanker.

Bahan makanan alami. Pilihlah bahan makanan yang masih alami. Proses pengolahan bahan pangan seringkali malah menghilangkan zat gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Riset para ahli telah menunjukkan bahwa zat gizi, nutrisi, dan antioksidan dari bahan pangan alami lebih baik kualitasnya dari pada yang berupa olahan ataupun berupa suplemen makanan.

Makan secukupnya. Makanlah secukupnya, dalam artian jangan sampai kekurangan namun juga janganlah berlebihan.

Kekurangan zat gizi karena makan terlalu sedikit sudah tentu akan menyebabkan tubuh tidak memiliki modal yang cukup untuk metabolisme sehari-hari dan untuk membangun kekebalan terhadap penyakit.

Namun demikian makan yang berlebihan juga akan menyebabkan penimbunan bahan makanan yang tidak terpakai sehingga terjadi kegemukan dan peningkatan kadar lemak, yang justru akan membebani kerja organ hati, jantung, dan ginjal.

Makan secara teratur. Sedapat mungkin aturlah agar makan dilakukan secara teratur waktunya. Hal ini penting karena sekresi asam lambung dan enzim pencernaan umumnya mengikuti irama harian sesuai dengan jadwal makan sebelumnya.

Tidak teraturnya jadwal makan dapat menyebabkan berbagai keluhan sakit maag, karena adanya iritasi dari asam lambung dan enzim pencernaan pada saluran cerna yang kosong.

SHARE