Bagi ibu-ibu yang bekerja di luar rumah, seringkali mereka memasak dalam jumlah yang banyak. Hal itu dimaksudkan, supaya ketika suami atau anak mereka ingin makan, hidangan sudah tersedia dan bisa langsung disantap.

Akan tetapi, menu yang dimasak terkadang kurang bervariasi. Bukan berarti mereka tidak tahu banyak resep masakan, bisa saja mereka terbentur dengan waktu untuk segera pergi bekerja, sehingga akan memasak hidangan yang mudah, praktis, dan cepat.

Nah, anggota keluarga yang lain bisa saja merasa bosan dan mungkin dalam sehari hanya makan satu kali dengan hidangan yang telah disiapkan, akhirnya masakan tersebut sisa banyak hingga keesokan harinya.

Terkadang para ibu suka bingung jika ada makanan sisa yang begitu banyak akan digunakan untuk apa. Apa makanan ini masih bisa diolah kembali? Tenang ibu-ibu, jika makanan sisa itu memenuhi syarat berikut ini, olah saja kembali menjadi hidangan yang lebih lezat.

1Memastikan Kelayakan Masakan

ceriwis.com

Mungkin yang telah kamu masak adalah masakan berkuah santan, masakan itu akan mudah basi jika tidak sesekali dipanaskan. Sehingga, pastikan bahwa masakan bersantan itu masih bisa untuk dimakan kembali.

Lalu pastikan juga masakan sisa milikmu tidak berbau, tidak berubah rasa, tidak berjamur, dan tidak berubah warna. Jika masakanmu mendapati salah satu dari keempatnya, maka makanan sisa itu tidak bisa untuk didaur ulang.

Tetapi, kamu bisa mengubah makanan sisa itu menjadi pupuk kompos yang akan memberi nutrisi pada tanaman-tanaman di rumahmu agar tumbuh semakin subur.

2Jangan Olah Kembali Bayam dan Kangkung

hansravieandreas.blogspot.com

Sayuran hijau ini sering menjadi primadona untuk dijadikan menu andalan yang lezat, bisa kamu olah sebagai sop, pecel, maupun cah kangkung.

Tetapi ingat, kamu harus tau bahwa bayam dan kangkung itu tidak layak untuk dikonsumsi dan dapat berbahaya bagi tubuhmu setelah 4 jam dimasak.

Apalagi untuk sop, terkadang bayam dimasak bersamaan dengan kuahnya, sedangkan untuk memakan sop paling nikmat jika masih hangat. Maka jangan sekali-kali kamu memakan sop bayammu jika sudah kamu hangatkan kembali ya.

3Tambahkan Bahan Makanan Baru

www.ohsu.edu

Nah, jangan sedih ibu-ibu, kamu bisa mendaur ulang masakanmu menjadi menu baru yang lebih menggoda pastinya. Siapkan saja bahan makanan baru yang menurutmu cocok untuk dipadukan dengan makanan sisa milikmu yang masih layak untuk dikonsumsi.

Pasti bahan-bahan tersebut akan membantumu untuk membuat masakan yang akan habis dalam sekejap tanpa perlu membuang makanan lagi.

4Berani untuk Mencoba Berkreasi

www.recipeshubs.com

Jangan takut jika kamu ingin mendaur ulang makananmu, cobalah tambahkan bahan yang memang menurutmu itu akan cocok. Berani saja untuk melakukannya, namanya juga berkreasi. Salah sekali kan bukan masalah.

Dengan begitu kamu akan belajar untuk menciptakan menu masakan baru dari mendaur ulang makanan sisa. Kembangkan saja imajinasimu dalam menciptakan menu baru.

Contohnya saja nasi goreng, makanan yang satu ini sudah pasti terkenal bukan? Bisa jadi nasi goreng merupakan menu andalan yang kamu gunakan untuk mendaur ulang nasi sisa hari kemarin. Apakah betul?

Untuk membuatnya memang sangat sederhana, kamu hanya perlu menambahkan beberapa bumbu dan bahan makanan baru ke dalam nasi dan nasi goreng sudah menjadi hidangan yang sangat lezat.

5Berikan pada Hewan Peliharaan

scottconstant.wordpress.com

Ketika kamu memasak ikan, jangan buang tulangnya, sisihkan saja dalam wadah tersendiri, nanti kamu bisa berikan tulang itu untuk hewan peliharaanmu, supaya mereka juga bisa mencicipi masakan yang kamu buat.

Atau mungkin nasi sisa kemarin sudah tidak dapat kamu konsumsi, berikan saja nasi itu untuk makan ayam atau ikan yang kamu ternakkan di kolam. Akan lebih berguna bukan?

ciricowokcinta.blogspot.com
ciricowokcinta.blogspot.com

Jika hewan peliharaanmu itu penurut, sesekali berikanlah dia makanan yang lebih enak untuk dimakan juga, supaya dia senang dan hidup semakin makmur.

SHARE