Beberapa mitos yang selama ini beredar di masyarakat adalah bunda menyusui harus banyak memakan daun katuk, urap, dan marning jagung. Mitos ini dipercaya turun temurun.

Secara umum bunda yang menyusui tentu saja memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda jika dibandingkan dengan wanita biasa. Bunda menyusui harus menjaga kecukupan nutrisi baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bayinya.

Mitos makanan ibu menyusui di atas ada benarnya seperti urap dan daun katuk yang merupakan sayuran hijau kaya vitamin, mineral, dan serat. Namun untuk marning jagung belum diketahui alasannya secara ilmiah.

Selain urap dan daun katuk, beberapa makanan dibawah ini sangat direkomendasikan untuk bunda menyusui.

1Beras Merah

bantushareya.tk

Kebutuhan kalori ibu menyusui lebih tinggi dibandingkan kebutuhan kalori wanita biasa. Meskipun kebutuhan kalori pada masing-masing wanita berbeda tergantung pada aktivitas yang dilakukan.

Cara gampangnya, bunda menyusui lebih cepat merasa lapar dibandingkan wanita biasa. Kebutuhan karbohidrat biasanya didapatkan dari nasi atau kentang. Sesekali gantilah nutrisi karbohidratmu dengan beras merah.

Kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dibandingkan beras putih pada umumnya. Selain itu beras merah juga dapat menyediakan kalori untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi.

2Telur dan Daging

www.puskesmas1cilongok.blogspot.com

Telur dan daging merupakan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan protein. Jenis daging yang dapat dengan mudah kamu temui untuk dikonsumsi diantaranya daging ayam, daging kambing, dan daging sapi.

Adapun telur mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

3Ikan

www.barusip.com

Ikan mengandung DHA yang dapat membantu perkembangan sistem syaraf pada si kecil. Pilihlah ikan yang mengandung DHA tinggi seperti ikan salmon.

Jika kamu bosan dengan ikan Salmon, kamu dapat memvariasikan jenis ikan yang lainnya seperti Ikan Kembung, Ikan Salem, dan lain-lain. Hindari beberapa jenis ikan yang berisiko terkontaminasi merkuri seperti Hiu, Makarel, dan Kakap.

4Susu

www.essenstoria.blogspot.com

Sama seperti halnya dengan telur. Susu juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Namun, nilai lebih dari susu adalah kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan bunda.

Kamu dapat mengkonsumsi susu dengan berbagai olahannya seperti yoghurt dan keju. Agar tidak bosan minumlah susu sapi biasa dengan cara yang berbeda seperti dengan membuatnya menjadi milkshake dan lain-lain.

5Sayuran Hijau

www.dinkesboalemokab.wordpress.com

Sayuran hijau seperti brokoli, daun katuk, bayam, dan kangkung tak hanya baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Wanita pada umumnya juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran ini.

Sayuran hijau mengandung vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan yang baik untuk bunda dan si kecil. Selain itu sayuran hijau juga rendah kalori sehingga sangat cocok untuk bunda yang menginginkan memiliki tubuh tetap langsing.

6Buah-Buahan

www.teknikhidup.com

Buah-buahan mengandung banyak vitamin non esensial yang baik untuk bunda menyusui. Konsumsilah buah-buahan yang bervariasi untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Jika bunda bosan memakan buah-buahan segar, jadikan buah-buahan sebagai jus yang lebih mudah untuk dikonsumsi sekaligus menyegarkan.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Susu formula semahal apapun tak akan pernah bisa menyaingi kandungan gizi ASI. Masing-masing bunda memproduksi ASI dengan kandungan gizi berbeda disesuaikan kebutuhan anak.

Bunda yang baik adalah bunda yang memberikan ASI eksklusif kepada si kecil untuk mempersiapkan kesehatan dan kecerdasannya di masa depan. Oleh karena itu, bunda harus menjaga asupan nutrisi untuk produksi ASI yang berkualitas.

SHARE