Obesitas selain berpengaruh pada penampilan yang kurang menarik juga berpengaruh terhadap kesehatan. Zaman yang semakin maju justru meningkatkan jumlah orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Program diet bukan berarti berhenti mengkonsumsi makanan sama sekali. Walaupun memiliki cadangan makanan, tubuh kita tetap membutuhkan asupan nutrisi agar bisa menjadi bahan bakar melakukan aktivitas sehari-hari.

originispired.co.uk
originispired.co.uk

Oleh karena itu, berbagai informasi mengenai seluk beluk diet selalu menarik untuk diperbincangkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan apa yang kamu konsumsi selama kamu menjalankan program diet.

Selama diet sebaiknya hindari mengkonsumsi nasi, makanan dan minuman manis, serta makanan yang mengandung tinggi lemak seperti bakso, nugget. Jenis makanan ini paling berkontribusi dalam kenaikan berat badan.

Beberapa makanan berikut merupakan makanan sehat untuk diet.

1Buah Segar

teknikdiet.com

Buah-buahan segar mengandung banyak vitamin. Vitamin dalam buah segar terutama vitamin C dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kamu yang suka ngemil makanan tidak sehat, akan lebih baik jika digantikannya dengan buah segar.

Agar tidak bosan, kamu dapat memvariasikan jenis buah yang kamu konsumsi. Jika kamu malas untuk mengunyahnya, maka kamu dapat membuatnya menjadi jus. Namun, jus buah ini sebaiknya jangan ditambah gula.

2Sayuran Beraneka Warna

tunggo.com

Sayuran mengandung serat yang tinggi, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat. Selain itu serat juga memperlancar proses pencernaan.

Seperti halnya pada buah, akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi sayur-mayur yang bervariasi setiap harinya.

Adapun beberapa cara memasak sayur diantaranya bisa dibuat selada mentah dengan ditambah mayones dan yoghurt, dikukus dan di rebus.

Namun, sebaiknya jangan memasak sayur dengan digoreng. Kamu dapat sesekali mengkonsumsi kentang sebagai teman makan sayuran.

3Air Putih

gigisusu.net

Biasanya orang yang diet meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga. Pada kondisi ini harus diimbangi dengan memperbanyak meminum air putih. Air putih dapat melarutkan lemak sehingga mudah dimetabolisme menjadi urin dan keringat.

Selain itu meminum banyak air putih juga memberikan efek kenyang sehingga mengurangi hasrat untuk selalu makan. Meminum 2 gelas air putih sebelum makan dapat mengurangi porsi makan secara langsung.

4Teh Hijau

ayobuka.com

Beberapa produk kosmetik kecantikan menawarkan produk teh sebagai pelangsing. Sebenarnya kamu dapat mengkonsumsi semua jenis teh hijau untuk program diet. Teh hijau juga dapat memberikan efek mengenyangkan.

Selain itu teh hijau juga dapat mendorong pembakaran lemak. Jangan keliru antara teh hijau dengan teh manis ya. Jadi jangan juga kamu tambahkan gula ke dalam teh hijau kamu. Hal itu mengacaukan program diet kamu dengan mengonsumsi banyak gula.

5Tahu

berrykitchen.com

Makanan berwarna putih yang berasal dari kedelai ini selain tinggi protein ternyata juga tinggi serat pangan. Seperti halnya sayuran hijau, kedelai juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Kamu dapat mengkonsumsi tahu dan sayur mayur sebagai menu makan malam.

Konsumi berbagai makanan dengan protein tinggi sangat penting untuk diet kamu. Namun, kamu tidak perlu mengonsumsi berbagai pil atau suplemen yang menjanjikan protein. Cukup memakan makanan alami yang bisa kamu masak sendiri di rumah.

6Rempah

flash-translation.com

Kamu tentu tahu bahwa Indonesia adalah surganya rempah-rempah. Nah, selain sebagai penyedap rasa, rempah juga dapat memperlancar metabolisme tubuh dan membantu diet kamu. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan rempah pada masakan kamu.

Bagaimana? Kini diet yang kamu lakukan bisa jadi sangat mudah bukan?

SHARE