Kita pasti sudah sering mendengar kata ‘diet’. Yup, kata ini sering diasumsikan dengan ‘tidak makan supaya kurus’. Inilah yang menjadi kesalahan persepsi tentang diet ini dan perlu diketahui hal ini malah mengarah kepada diet yang tidak sehat.

Padahal sebenarnya, diet itu sendiri adalah jumlah makananan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Tidak ada kaitannya dengan kata ‘tidak makan’, karena diet itu lebih kepada pengaturan pola makan, baik porsi, ukuran, maupun kandungan gizinya.

Jadi sekali lagi yang perlu diluruskan, ‘diet’ tidak bisa diartikan ‘tidak makan. Paham? ūüôā

Nah, tahukah Kamu?? Diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Menurunkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.Meningkatkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.

Pantang Terhadap Makanan Tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat (glukosa) dan kalori)

Di sini, kita akan lebih berkonsentrasi kepada diet untuk menurunkan berat badan karena kelebihan berat badan seringkali dipermasalahkan terutama bagi kalangan muda (ya kaaan? hayo ngakuu). Ooh, mau bahas tips diet yaa.

Bukaan, tips diet kan udah biasa kan yaa, makanan berserat pasti, olahraga teratur tinggal cus,banyak minum air mineral easy lah. Nah tapi, kita di sini mau bahas makanan apa saja, yang rata-rata semua orang suka, yang tentunya yang bisa mendukung program diet kita. This is it.

1Oatmeal

localtvwghp.files.wordpress.com

Bagi lidah orang Asia, saat pertama kali mencobanya mungkin rasanya begitu aneh. Meskipun begitu, oatmeal dapat membantu program diet karena dengan tingginya jumlah serat di dalamnya dapat menjadikan perut terasa kenyang lebih lama.

Nah, untuk mengakali rasanya tersebut, pada saat konsumsi oatmeal dapat dikombinasi dengan berbagai variasi rasa, seperti buah-buahan,coklat, dan sebagainya tapi tetap tidak mengganggu program diet kita. It’s yummy, right?

Oatmeal ini mengandung protein, berindeks glikemik rendah, dan baik bagi pencernaan serta menjaga level kolesterol. So, cocok banget bagi kamu yang lagi program diet.

2Buah Apel

windsorvapes.com

Kamu suka makanan manis? Tapi takut tambah gendut? Nah, apel bisa jadi alternatif yang menyehatkan buat program dietmu nih. Kenapa? Karena buah apel termasuk sebagai makanan yang rendah kalori, lemak, sodium, dan juga serat pangan yang baik.

Apel sangat cocok dikonsumsi sehabis makan karena bisa digunakan sebagai pensuci mulut dan membersihkan sisa makanan yang menyelip pada sela-sela gigi.

3Dada Ayam

indonesian.alibaba.com

Kedengarannya aneh ya, kalau makanan satu ini jadi pendukung program diet kita. Kok bisa yaa? Nah, jadi gini, dada ayam merupakan bagian yang paling banyak menyimpan protein dan paling sedikit menampung lemak, jadi sangat cocok untuk diet.

Eits, tapi ingat, dagingnya saja lhoh, tidak dengan kulitnya. Karena seperti yang kita tahu, kulitnya lebih banyak mengandung lemak. So, nggak mau program diet kamu tidak berguna kan?

4Daging Sapi Bebas Lemak

ummi-online.com

Yup, daging sapi yang bebas lemak merupakan salah satu makanan yang baik banget untuk program diet kamu. Daging sapi ini terdiri dari 27gr/100 gr daging. Selain itu daging sapi juga mengandung berbagai jenis vitamin B, creatine, hormon pertumbuhan, zat besi, dan masih banyak lagi.

Pilih daging sapi yang benar-benar bebas lemak ya, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat hebat dari daging sapi, jangan yang kualitas 2 atau daging sapi dari sapi yang kurang sehat.

5Daging Unggas

health.kompas.com

Berikutnya adalah daging unggas, daging unggas ini bisa semua jenis unggas, daging unggas cocok untuk program diet pembentukan otot, bulking, maupun cutting. Hanya saja kita harus hati-hati saat memasaknya jangan sampai salah memasak.

Jika kamu tidak ingin kehilangan berbagai macam kandungan nutrisinya seperti protein, asam amino esensial, selenium, niasin, vitamin B6, dan asam lemak omega-3 serta berbagai nutrisi lainnya, jangan di goreng ya.

6Buah Pisang

sunpride.co.id

Buah bertekstur lembut ini telah melewati berbagai proses penelitian dan telah terbukti mengasup kebutuhan nutrisi harian dan melengkapinya. Buah ini termasuk ke dalam superfood diet yang diakui dunia. Masih belum percaya?

Begini caranya diet dengan buah pisang, sediakan pisang paling tidak 1 tangkai, biasanya 1 tangkai berisi 15-20 pisang, jenisnya bebas, kalau bisa besarnya minimal yang tanggung, jangan terlalu kecil karena yang kecil gak bikin kenyang.

Setiap pagi sarapanlah dengan 3 pisang ditambah dengan 2 gelas air putih, untuk siangnya makanlah nasi sedikit saja ditambah 2 pisang agar kamu kenyang.

Untuk malam harinya kamu bisa makan nasi dengan porsi yang sama seperti tadi makan siang dan ditambah 3 pisang.

7Buah Alpukat

manfaatbagus.com

Jus Alpukat? Siapa yang mau nolak? Haha. Buat Kamu yang lagi diet, mungkin banyak godaan dari luar, misalnya pas kumpul di kantin sama temen-temen, kebanyakan mereka pasti makan makanan cepat saji.

Jangan sampai tergoda lho yaa, karena makanan tersebut justru memperbesar peluang terhadap obesitas. Serem kan.

Nah, kita bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan jus alpukat atau bubur alpukat, yang rasanya enak banget kalo ditambah es. Alpukat juga termasuk ke dalam buah untuk diet.

Meskipun buah ini mengandung lemak, golongan lemak yang terlampir berjenis tak jenuh atau lemak baik yang justru diperlukan oleh tubuh.

8Pepaya

rohaminaherba.com

Yup buah atau makanan berikutnya untuk program sehat diet kamu adalah pepaya. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana buah ini ya, secara buah ini memang sudah dikenal banget oleh masyarakat.

Tapi yang perlu kamu tahu bahwa pepaya ini mengandung banyak sekali kandungan yang berguna bagi tubuh kita seperti kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin.

Ini lho per detailnya pepaya yang kita makan sehari-hari.Serat, potongan kecil pepaya, dapat menyediakan 2.7 gr serat. Rendah kalori, pepaya kecil yang beratnya 1/2 kg mengandung 68 kalori atau 3 persen dari diet standar 2.000 kalori.

Pemangkasan diet 3.500 hingga 7.000 kalori setiap minggu, dapat menurunkan berat badan sebanyak 1 sampai 2 kg. Rendah lemak, Sepotong pepaya, hanya mengandung 0.41 gr lemak. Sehingga mengkonsumsi pepaya tidak akan membuat berat badan naik dan air, sepotong pepaya mengandung 138 gr air atau 89 persen dari berat totalnya.

Untuk manfaat pepaya sendiri sangat banyak sekali guys seperti anti inflamasi ,dapat menguatkan sistem imun, membantu menyehatkan tulang

Baik untuk penderita diabetes, mencegah penyakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, untuk mencegah asma dan dapat menurunkan berat badan.

Untuk cara efektif mengkonsumsi pepaya pagi hari, potong kotak-kotak dan sajikan sebagai salad untuk sarapan. Untuk menu siang hari, coba minum 1 gelas jus pepaya tanpa gula setelah makan siang.

Lakukan itu secara rutin selama seminggu, yakin dech kamu akan dapat manfaatnya.

9Mentimun

majalah-holiday.com

Makanan berikutnya yang bagus banget untuk diet kamu adaah mentimun, yup jangan dikira mentimun ini hanya untuk anti kanker dan perawatan wajah saja ya, tapi juga bagus untuk menurunkan berat badan kita.

Kandungan yang ada di dalam mentimun itu komplek lengkap seperti pepaya, memang sich rasanya beda tapi manfaatnya hampir luar biasa sama.

Kamu bisa mengkonsumsi mentimun dengan dijadikan lalapan untuk setiap makan kamu. Caranya kurangi porsi makan kamu dan kenyangkan perut kamu dengan mentimun, lakukan itu setiap hari dan setiap makan selama sekitar 2 minggu, dijamin akan segera turun berat badan kamu.

Karena mentimun ini mengandung rendah kalori guys, kira-kira 45 kalori dan sepenuhnya banyak airnya, jadi saat kamu mengkonsumsi mentimun kamu tidak akan merasa kehausan sehari penuh.

10Buah Berry

female.kompas.com

Yup, bagi kamu yang ingin diet sehat dan mantap, jangan lewatkan buah berry ya, segala jenis berry bisa banget mendukung program diet kamu.

Kandungan rendah kalori dan banyak seratnya bisa menurunkan berta badan kamu, tapi yang perlu kamu perhatikan untuk buah berry ini adalah tidak bisa diet buah berry saja, kamu perlu konsumsi buah yang lain seperti pisang, pepaya atau yang lainnya.

Secara buah berry kecil-kecil tidak akan bikin perut kamu kenyang dan tentunya buah berry selain harganya mahal, kamu juga agak kesulitan nyarinya, istilahnya buah berry ini hanya sebagai sampingan saja kalau lagi ada.

11Brokoli dan Kol

hypermart.co.id

Jika di atas ada buah-buahan, nah untuk ini adalah sayuran, dimana sayuran brokolo dan kol adalah sayuran yang tepat banget mendukung diet kamu.

Kamu yang suka dengan sayuran tentu akan menjadi makanna yang tepat banget buat kamu yang diet, secara harganya murah dan mudah pula untuk mendapatkannya.

Brokoli dan kol ini mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, apalagi yang sedang diet, tentu recomended banget. Kamu bisa konsumsi brokoli dan kol ini dengan membuat sayuran segar.

12Jeruk Bali

rumahbuah.com

Yup, berikutnya untuk program diet kamu adalah jeruk bali. Sudah tahu jeruk bali kan guys? ini bukan jeruk yang berasal dari bali lho, Cuma karena buahnya yang besar saja akhirnya dinamakan jeruk bali.

Jeruk bali ini merupakan buah yang selain kaya dengan vitamin c juga kaya akan serat dan kandungan air, jadi sangat bermanfaat sekali untuk menurunkan berat badan.

Selain itu jeruk bali juga dapat membantu mengecilkan perut kamu yang besar lho, mantap kan. Kamu dapat mengkonsumsi jeruk bali ini secara langsung atau dibuat jus, yakin dech dengan kesegaran jeruk bali akan bikin kamu sukses dengan program diet kamu.

Eh harus kamu perhatikan dalam membuat jus ya, usahakan saat membuatnya jangan menggunakan gula atau paling tidak gunakan gula sedikit saja, karena gula tidak baik bagi kamu yang ingin diet.

13Singkong

manggumedia.blogspot.com

Yup makanan berikutnya jika kamu ingin diet makan aja singkong guys. Singkong ini merupakan salah satu menu makanan pengganti nasi yang paling baik lho, ini sudah dibuktikan sejak jaman nenek moyang kita yang makan singkong sebagai pengganti nasi.

Singkong sangat baik dikonsumsi dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam singkong bila dikombinasikan dengan Indeks Glikemik cukup rendah yaitu kurang dari 55 saja.

Untuk cara pengolahannya kamu bisa rebus itu singkong, bisa singkong yang masih kecil atau pun yang sudah besar, untuk singkong juga bisa digoreng tapi lebih baik hindari singkong goreng, karena minyaknya kurang baik bagi tubuh kamu yang sedang diet.

Makanlah singkong di pagi hari sebagai ganti sarapan, singkong pohon akan bikin kamuk kenyang dan bertenaga samampai siang hari.

14Talas

lapistalaslaris.com

Yup, sudah kenal dengan talas belum guys? ini merupakan salah satu makanan pengganti nasi sebagai diet yang bagus buat diet kamu lho. Talas ini makanan sejenis singkong karena berada di bawah tanah, cara ambilnya juga kayak singkong pastinya, tapi kamu bisa beli di pasar tradisional, walay sangat jarang penjualnya.

Talas mempunyai Indeks Glikemik atau GI sekitar 54 saja. Kadar Indeks Glikemik yang cukup rendah sangat baik bagi kamu yang sedang melalukan diet alami untuk menurunkan berat badan.

Talas ini mengandung 80% karbohidrat dan protein sekitar 5,3 garm, sangat baik dikonsumsi karena bermanfaat menurunkan dan mencegah resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan tekanan darah tinggi

Selain itu talas juga memiliki kandungan nutrisi yang seimbang dan lengkap, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Bagi kamu yang diet dapat mencoba dengan mengkonsumsi talas rebus disetiap harinya, ingat jangan dimasak yang lainnya ya, di rebus saja, karena jika dimasak dengan yang lainnya mungkin saja akan ada efek sampingnya.

15Jagung

manfaat.co.id

Yup sudah kenal banget dengan makanan satu ini ya guys, jagung merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia dan produksinya juga melimpah.

Jagung ini bisa menjadi makanan untuk diet kamu, kandungan karbohidrat tinggi dan rendah kalori akan bikin kamu sehat, kamu juga tidak akan merasa lapar dengan makan jagung.

Jagung yang mengandung antioksidan, serat, vitamin B, mineral dan fruktosa sangat baik dikonsumsi oleh tubuh. Apa lagi Indeks Glikemik pada jagung hanya 55-60 saja, jadi cocok banget bagi kamu ketika ingin diet rendah kalori dan karbohidrat.

Untuk jagung ini bisa konsumsi dengan merebusnya, sama dengan talas dan singkong, tapi jagung ini mempunyai beberapa variasi, bisa dengan dbuat brondong atau di bakar dengan beberapa rasa yang kamu suka.

16Kentang

pedulisehat.info

Berikutnya guys, makanan yang dapat menjadi diet kamu adalah kentang. Kentang merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit di Indonesia. Kentang memang memiliki Indeks Glikemik yang cukup tinggi namun kentang lebih baik dari pada nasi.

Makanan yang berbentuk lonjong bulat ini mengandung vitamin c, serat dan kalori (rendah) sehingga bagus banget untuk program diet kamu, kamu bisa memasak kentang rebus, tapi tidak mengapa jika kamu goreng dan makan dengan saus, asalkan jangan terlalu banyak atau juga bisa dengan dilumatkan menjadi sebuah bubur kentang.

17Gembili

kuliner.suaragresik.com

Sudah tahu gembili belum guys? dengar namanya agak unik ya, gembili ini memang makanan orang jaman dahulu, pastinya sekarang sudah mulai pinah dan banyak ornag yang tidka mengenalnya.

Gembili yang mengandung inulin yang cukup banyak dapat membantu untuk meningkatkan kinerja usus hingga bisa membuang sisa makanan dengan lebih mudah.

Selain itu kandungan inulin dalam gembili juga mampu meningkatkan daya serap tubuh atas kalsium serta memproduksi vitamin B yang cukup baik.

Sedangkan nutrisi lain yang ada dalam gembili yakni lemak, protein, kalori, vitamin B, fosfor, kalsium, karbohidrat, zat besi serta vitamin c, dengan kadungan yang sebanyak itu tentu sangat bagus untuk program diet kamu, kamu juga gak akan kelaparan walau sehari cuma makan gembili.

Dan memang perlu keahlian khusus untuk mengolah gembili ini, karena ada kandungan dari gembili yang bisa bikin rasa menjadi pahit, biasanya orang tua yang ahli dalam mengolah gembili, kalau ingin mencoba minta tolonglah pada orang tua untuk memetik buah di dalam tanah ini.

18Buah Sukun

panoramio.com

Untuk makanan berikutnya yang bagus untuk diet kamu, sekaligus bisa pengganti makanan berat adalah sukun, karena teksturnya yang padat sehingga mengenyangkan perut walau tidak makan nasi seharian.

Sukun ini merupakan tanaman yang buahnya berbentuk unik, sukun tidak menarik bentuk dan warnanya tapi rasanya manis dan memanjakan lidah kalau sudah masak.

Kandungan flavonoid didalamnya sangat baik dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Kadar Indeks Glikemik nya pun rendah walaupun rasanya manis, jadi tetap aman dikonsumsi bagi penderita Diabetes dan Obesitas.

Dalam mengolah sukun untuk dikonsumsi sebaiknya direbus atau di kukus saja sehingga nutrisi yang terkandung didalamnya tetap terjaga dan aman, boleh sich makan sukun yang digoreng tapi jangan banyak-banyak ya, karena kandungan minyak dalam sukun goreng kurang baik untuk program diet.

19Ganyong

kupancake.blogspot.com

Sudah kenal dengan makanan satu ini belum guys? makanan ini memang makanan jadul atau jaman dahulu, karena ganyong memang banyak dikonsumsi orang-orang jaman dahulu, sekarang sudah jarang sekali dan bisa dikatakan hampir punah.

Ganyong ini mengandung kalsium dan fosfor dapat mengatasi masalah gizi buruk yang terjadi pada balita. Selain itu ganyong yang mengandung Vitamin C, Lemak, Air, Karbohidrat, Kalori, Fosfor, Zat Besi dan Kalsium juga mampu mengatasi demam, maka tak heran dulu banyak orang yang sehat walau hanya dengan makan ganyong.

Ganyong juga bermanfaat untuk penenang, peluruh kencing, sampai dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan manfaat sebanyak itu tentunya bisa kamu coba untuk program diet kamu.

Cara diet dengan ganyong  kamu tidak perlu banyak makan nasi ya guys, karena ganyong ini tekstrunya padat sehingga akan bikin kamu kenyang berjam-jam.

20Ubi Jalar

palembang.tribunnews.com

Makanan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk diet adalah ubi jalar, yup ubi jalar ini merupakan buah yang teksturnya juga padat seperti singkong, gembili, kentang dan ganyong.

Ubi jalar ini memang tidak di setiap daerah ada, tapi bukan berarti sulit mencari ubi jalar ini, bisa kamu dapatkan di pasar tradisional atau langsung membeli dari petani.

Ubi jalar mempunyai beberapa jenis, ubi putih, merah dan ungu, untuk putih dan merah rasanya hampir sama tapi agak beda dengan yang warna ungu.

Di Amerika, ubi jalar yang dikenal dengan nama Sweet Potato dinobatkan sebagai makanan yang memiliki nutrisi lengkap. Kandungan baik dalam ubi yang patut anda ketahui adalah fosfor, kalsium, betakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, protein, lemak, air dan karbohidrat. Indeks Glikemik Ubi Jalar ini juga termasuk rendah yaitu hanya 54 saja sehingga lamban diserap sebagai gula darah.

Cara mengkonsumsi ubi jalar banyak variasinya mulai dari ubi goreng, ubi panggang, ubi rebus, kolak ubi, kolak biji salak, puding, kue/bolu/cake, keripik dan masih banyak lainnya.

Telebih ubi jalar yang merupakan makanan diet pengganti nasi ini memiliki fungsi dapat mencegah konstipasi. Dengan ini, ubi jalar pun sangat cocok untuk menurunkan berat badan dengan sehat dan alami.

21Pasta

pixabay.com

Yup berikutnya adalah pasta, pasta ini bukan pasta sikat gigi lho guys, tapi pasta makanan, dimana pasta ini bisa menjadi alternatif pengganti makanan untuk program diet kamu.

Pasta yang mengandung nutrisi asam folat hingga lemak yang jumlahnya sangat rendah serta Indeks Glikemik sebesar 4,1 saja sangat tepat dikonsumsi oleh tubuh.

Memang sich makanan satu ini belum populer di Indonesia. Mungkin hanya beberapa orang saja yang tau dan sudah terbiasa mengkonsumsinya. Padahal jika orang sudah tahu manfaat pasta tentu dia akan mengganti nasi dengan pasta, baik untuk sarapan pagi ataupun makan malam, secara pasta ini juga bisa bikin kenyang, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa harganya agak mahal, ya ini memang makanan diet orang berduit.

22Papeda

bello.id

Makanan yang bagus untuk program diet kamu berikutnya adalah papeda, mungkin agak terdengar asing ya guys, secara papeda ini memang terbuat dari sagu dan di jawa memang sangat jarang sekali yang produksi sagu. Makanan ini lebih banyak dikonsumsi oleh orang kalimantan, sulawesi dan papua.

Walaupun harus ada teknik khusus ketika memakannya, namun papeda layak masuk ke dalam daftar menu makan sehat dan bagus banget sebagai pengganti nasi dan tentunya bisa kamu gunakan untuk program diet.

23Beras Merah

klikdokter.com

Sudah pernah makan beras merah belum guys? kalau belum pernah kamu harus coba dech.Sudah pernah makan beras merah belum guys? kalau belum pernah kamu harus coba dech.

Beras merah ini berbeda banget dengan beras putih yang kamu makan setiap harinya, beras ini beras yang mengandung banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita seperti asam amino, selulosa, mineral magnesium dan mangan.

Jika kamu diet dengan beras ini tentu sangat tepat, kamu bisa kenyang seperti makanberas putih biasa tapi efeknya beda di tubuh kamu, keren kan? Tapi memang tidak bisa dipungkiri, jumlah beras merah tidak banyak sebanyak beras putih, jadi harganya jauh banget dengan beras putih.

24Roti Gandum Utuh

female.kompas.com

Yup, untuk program diet kamu, kamu bisa menggunakan roti gandum utuh. Roti gandum ini merupakan roti yang mengandung karbohodrat yang komplek, jadi kamu tidak akan lapar ketika diet dengan roti ini.

Roti gandum utuh juga baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, multivitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik lainnya, tentu ini juga baik banget untuk diet kamu, asal dengan syarat kamu rutin dan mengurangi porsi nasi dan jajan kamu.

25Putih Telur Ayam

hariansehat.com

Tahu gak guys di dalam putih telur itu mengandung bannyak kandungan bermanfaat lho. Biasanya kalau orang suka kuning telur, padahal yang paling banyak kandungannya itu yang berwarna putih bukan kuning. Untuk itu kalau kamu mau diet makanlah yang putih jangan yang kuning.

Dalam 100 gr putih telur rebus mengandung 12,6 gr protein. Selain itu, putih telur juga kaya selenium, riboflavin, asam lemak omega-3, vitamin B12, B6, vitamin A, folat, zat besi, zinc, fosfor, dan berbagai nutrisi lainnya.

Maka tak heran mereka yang ototnya bagus suka mengkonsumsi putih telur, lihat saja para pria yang hobi fitness, mereka suka banget dengan putih telur, karean itu sangat mendukung pembentukan otot mereka.

Yup itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk program diet kamu. Kamu bisa pilih salah satu diatas, asalkan rutin dan bener-bener niat pasti deh berhasil diet kamu dan pasti kamu doyan semua makanan diatas, selamat mencoba ya, semoga berhasil

Siapa yang nggak doyan coba sama tuh makanan? Masih ragu diet lezat tetep sehat? Don’t stop trying, Guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here