cantikasia.com

Bahan Alami yang Baik Sebagai Makanan untuk Ibu Hamil

Posted on

Mengandung merupakan hal yang diinginkan oleh setiap wanita. Bukan hal yang mudah jika seseorang telah hamil dan memiliki janin dalam rahimnya.

Karena mereka harus memperhatikan asupan gizi untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung.

Selain memperhatikan gizi, mereka juga perlu memberikan nutrisi yang lebih banyak. Karena nutrisi tersebut akan diserap juga oleh si janin yang masih terus berkembang.

Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mudah dijumpai disekitar kamu.

Berikut beberapa makanan dari bahan alami bernutrisi yang dapat dikonsumsi ibu hamil.

Pisang

penabiru.com
penabiru.com

Beberapa orang yang memasuki kehamilan pada trimester pertama akan merasakan mual-mual.

Kamu dapat mengurangi rasa mual itu dengan mengonsumsi pisang karena pisang mengandung vitamin B6 yang mampu mengatasi morning sickness. Selain itu, pisang memiliki kandungan lain diantaranya adalah vitamin C, asam folat dan potasium.

Manfaat lain dari pisang bagi kamu yang sedang hamil mampu memenuhi kebutuhan energi, sebagai asupan karbohidrat dan protein, serta membantu kesehatan darah.

Bayam

klasifikasitanaman.com
klasifikasitanaman.com

Sayuran hijau ini baik dikonsumsi pada masa awal kehamilan. Bayam memiliki banyak sekali kandungan dan manfaat yang dapat kamu rasakan.

Salah satunya kandungan asam folat dalam bayam yang diperlukan untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur dan mencegah cacat lahir.

Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia, serta betakaroten yang berfungsi membantu menumbuhkan paru-paru janin kamu.

Serat bayam juga bermanfaat untuk mencegah wasir dan sembelit. Serta kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan dapat menjaga kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan

cantikasia.com
cantikasia.com

Kacang merupakan makanan yang kaya akan protein dan serat sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil agar terhindar dari sembelit.

Ada 3 jenis kacang yang baik dikonsumsi semasa kehamilan. Pertama adalah kacang hijau, memiliki berbagai macam kandungan, seperti lemak yang aman untuk tekanan darah.

Selain itu, dalam kacang hijau juga terkandung asam folat, vitamin B1 dan B2, protein, karbohidrat, kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang dan fosfor untuk menambah energi.

Selanjutnya kacang kedelai yang memiliki banyak manfaat, diantaranya mampu menjadi sumber energi, mencegah menopause dan membantu mendapatkan tulang yang padat.

Terakhir adalah kacang merah, dengan mengonsumsi kacang merah akan mampu memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah risiko diabetes, membantu pematangan sel darah merah, serta membantu perkembangan otak bayi.

Telur

sidomi.com
sidomi.com

Bahan makanan yang mudah didapat dan mudah diolah ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi ibu hamil.

Mengonsumsi telur mampu meningkatkan perkembangan otak bayi serta mengandung kalori yang diperlukan untuk menunjang kesehatan ibu bayi.

Akan tetapi kamu harus memperhatikan kolesterol yang terkandung dalam kuning telur. Batasi konsumsi telur hanya satu sampai dua butir dalam sehari.

Alpukat

penabiru.com
penabiru.com

Alpukat adalah buah yang digemari banyak orang. Buah berwarna hijau ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan baik juga jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Alpukat merupakan sumber serat yang mampu mengatasi kosntipasi pada masa kehamilan, selain itu terdapat juga vitamin K, vitamin C, kalium dan vitamin B6.

Kandungan asam folat yang terdapat dalam alpukat dapat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Alpukat dikenal juga memiliki lemak tak jenuh yang sehat, lemak ini adalah lemak baik yang akan melindungi kamu dari penyakit jantung.

Pepaya

akg.fkm.ui.ac.id
akg.fkm.ui.ac.id

Buah yang berasal dari Meksiko ini tumbuh dengan luas di daerah tropis. Pepaya dikenal dapat melancarkan pencernaan, sehingga bagus dikonsumsi setiap hari.

Manfaat buah pepaya yang dapat dirasakan oleh ibu hamil diantaranya adalah dapat membantu perkembangan organ penglihatan pada janin, mengatasi radang usus dan mencegah agar janin tidak kelebihan protein.

Pepaya juga mampu mencegah dehidrasi, menjaga tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi perlu diperhatikan, bagi ibu hamil hanya diperbolehkan mengonsumsi pepaya yang telah matang dan dalam jumlah yang sedikit.

Karena pepaya yang masih mentah mengandung pepsin pada getahnya, yang dapat menyebabkan kontraksi.

Lemak Ikan

brain-armor.com
brain-armor.com

Lemak ikan laut kaya akan omega 3 yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan sistem saraf janin. Lemak ikan memiliki kandungan seperti asam lemak tak jenuh yang mampu menunjang kesehatan dan perkembangan janin.

Kandungan lain yaitu, EPA (eicosapentaenoic acid) diketahui mampu mendukung pertumbuhan dan kinerja jantung, sistem kekebalan tubuh dan respon inflamasi.

Masih ada lagi nih kandungan lain, namanya DHA (docosahexaenoic acid) yang terdapat juga dalam lemak ikan, mampu merangsang pertumbuhan fungsi otak, mata dan sistem saraf pusat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *