Penderita diabetes kini banyak ditemui di Indonesia. Tahun 2014 lalu, penderita diabetes di Indonesia adalah paling banyak nomor lima di dunia.

Bahan makanan yang banyak mengandung gula dan glukosa yang beredar di Indonesia menjadi salah satu penyebab suburnya penyakit ini. Beras, minuman manis, berbagai makanan manis alami maupun buatan menjadi biang penyebab penyakit ini.

Sebenarnya diabetes sendiri adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menghasilkan insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang berguna untuk mengatur gula darah.

Jikapun bisa memproduksi, jumlah insulin dalam tubuh penderita diabetes masih sangat kurang. Jika kondisi ini terjadi, saat diperiksa kadar gula darah penderita diabestes akan tinggi.

Ada dua jenis tipe diabetes. Pertama tipe dimana tubuh sama sekali tak bisa memproduksi hormon insulin. Penderita diabetes jenis ini harus mendapat suntikan insulin yang teratur.

Tipe kedua, adalah penderita tidak dapat memproduksi ini insulin dalam kadar cukup. Tipe ini yang sekarang banyak diderita. Biasanya diidap oleh seseornag yang sudah berusia lanjut, obesitas dan memiliki riwayat keturunan diabetes.

Jika seseorang sudah divonis diabetes, ia harus mengubah total pola makannya. Jika ia makan dengan kandungan gula yang tinggi, maka diabetesnya akan semakin parah.

Sehingga perlu rasanya seseorang tahu jenis makanan apa saja yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

1Buah

cirebontrust.com

Penderita harus mulai mengganti asupan gulanya dengan asupan gula alami yang rendah. Salah satunya bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah.

Buah-buahan segar seperti apel, pir, pepaya dan persik selain kaya serat juga mengandung vitamin dan karbohidrat. Sehingga bisa menggantikan kebutuhan karbohidrat dalam nasi yang kadar gulanya tinggi.

2Bayam

source: www.jadibunda.com

Bayam memiliki kandungan lutein. Kandungan ini berguna untuk menormalkan kadar gula yang tinggi. Lutein sendiri adalah zat yang berhasil ditemukan oleh Universitas Harvard pada tahun 1945.

Penderita diabetes akut bisa menderita kebutaan. Lutein yang bisa menormalkan kadar gula dalam darah ini akhirnya digunakan juga untuk pengobatan mata.

Bayam juga mengandung serat yang tinggi.Bayam juga rendah lemak. Tips penyajian untuk penderita diabetes adalah cukup direbus saja. Bisa disajikan dengan jenis sayuran lain yang kaya serat seperti sawi.

3Minyak Zaitun

www.klatenherbal.com

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan dalam minyak zaitun juga dapat menurunkan lippoprotein LDL pada sel darah.

lippoprotein LDL sendiri adalah penyebab kegemukan dan termasuk dalam lemak jahat. Bagi orang kegemukan dan jarang berolahraga resiko menderita diabetes semakin besar.

Minyak zaitun bisa dikonsumsi sebagai pengganti minyak goreng. Bisa juga langsung dikonsumsi dengan salad atau roti.

4Bawang Putih

hulssay.wordpress.com

Bawang putih sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Penderita kolesterol biasanya juga akan memunculkan risiko diabetes.

Bawang putih juga mengandung B-1, vitamin A dan protein yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga bawang putih sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Senyawa alisin pada bawang putih juga bermanfaat untuk menguragi gejala diabetes. Bawang putih bisa diolah menjadi bumbu. Kini juga tersedia kapsul bawang putih yang digunakan sebagai obat.

5Beras Merah

cari-manfaat.com

Beras merah sudah menjadi makanan wajib bagi penderita diabetes. Kandungan gula pada beras putih sangat tinggi. Sementara kadar gula beras merah lebih rendah.

Selain itu, beras merah ternyata lebih kaya serat dibanding beras putih. Perbandingan serat beras merah dengan beras putih adalah 1:8.

Itulah sebabnya, seseorang yang mengonsumsi beras merah jarang mengantuk setelah makan. Beda halnya dengan beras putih.

Seseorang akan mudah ngantuk dan tertidur setelah makan selepas mengonsumsi beras putih. Seseorang yang langsung tidur setelah makan, produksi kadar gulanya akan naik dan berisiko diabetes.