Penderita kolesterol tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Harus berhati hati dalam memilih makanan agar kolesterol tidak semakin naik kadarnya.

Makanan untuk penderita kolesterol tentu berbeda dengan orang normal. Para penderitanya disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dengan baik.

Ada beberapa makanan yang bisa di gunakan untuk menurunkan kolesterol;

1Ikan Omega 3

ibu-hamil.web.id

Makanan untuk penderita kolesterol adalah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa di gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu sejenis ikan dan omega tiga.

Mengkonsumsi ikan dan omega tiga yang tinggi terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol.

2Buah Apel

ahlinyaasamlambung.web.id

Makanan untuk penderita kolesterol dari buah dan sayuran banyak sekali jenisnya. Buah apel terbukti sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi. Selain itu cuka apel juga baik untuk penderita kolesterol tinggi.

3Beras Merah

kompasiana.com

Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah.

Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

4Gandum

female.kompas.com

Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah.

Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.

5Bayam

ibudanbalita.com

Hijauan ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah.

Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat jus.

Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

6Buncis

dokterkamu.com

Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin.

Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

7Kedelai

manfaatdaun.com

Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh.

Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaiknya tidak dimasak dengan minyak biasa. Tapi gantilah dengan minyak zaitun.

8Bawang Putih

id.wikipedia.org

Bawang putih berefek positif terhadap kesehatan jantung serta menurunkan kolestrol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran di dalam salad atau rempah-rempah pada makanan.

9Kacang-kacangan

health.kompas.com

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan.

Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here