Setiap orang tua pasti memiliki mimpi untuk melahirkan bayi yang sehat dan cerdas. Itulah sebabnya seorang ibu yang sedang hamil harus pandai memilah makanan selama masa kehamilan.

Ibu hamil dianjurkan untuk makan makanan bergizi dan menjaga berat badan tetap seimbang.

Zat nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil antara lain, zat besi, folid acid, karbohidrat, asam folat, protein dan beberapa kandungan gizi lainnya.

Bagi kamu yang sedang hamil, makanan-makanan di bawah sangat disarankan untuk kamu konsumsi selama kehamilan. Yuk, simak penjelasannya!

1Daging Tanpa Lemak

kitchensoko.com

Daging sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, daging adalah sumber protein tinggi. Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi daging tanpa lemak.

Peran daging selama kehamilan yaitu, membantu memperlancar proses pembentukan janin, mencegah risiko janin prematur, pembentukan tulang dan kekebalan tubuh. Hindari daging cepat saji ya, semacam hot dog.

Daging cepat saji memicu masuknya bakteri Toksoplasma dan Salmonella pada bayimu.

2Telur

mustangcorps.com

Setiap butir telur mengandung 90 kalori. Telur mengandung protein tinggi, 12 macam vitamin dan mineral. Selain itu telur kaya akan kolin. Kolin ini berfungsi membantu pertumbuhan badan dan perkembangan otak bayi.

Kolin juga bisa mencegah cacat tabung saraf. Kandungan omega-3 dalam telur bagus untuk penglihatan dan otak.

3Ikan Salmon

newhealthguide.org

Kalau kamu suka ikan, pilihan ikan salmon ini tepat sekali. Ikan salmon merupakan ikan yang paling aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan merkuri dalam ikan salmon paling rendah di antara ikan-ikan lainnya.

Manfaat ikan salmon yaitu membantu pengembangan sistem saraf pada janin. Upayakan kamu mengonsumsi ikan salmon maksimal 12 ons per-minggu.

4Ubi Jalar

bakeryandsnacks.com

Mengonsumsi ubi jalar ternyata bagus untuk ibu yang sedang hamil. Ubi jalar ini mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Tidak ada batasan khusus dalam mengonsumsi ubi jalar karena termasuk jenis umbi-umbian atau buah. Ibu hamil lebih aman mengonsumsi ubi jalar sebanyak mungkin dibandingkan dengan mengonsumsi telur, susu dan hati.

5Sayuran Hijau

radaronline.co.id

Macam-macam sayuran sudah tidak diragukan lagi untuk dikonsumsi ibu hamil. Terlebih lagi jika mengonsumsi sayuran hijau yang memiliki warna daun hijau tua.

Sayuran yang berdaun hijau tua mengandung lebih banyak vitamin A, C dan K. Selain itu kandungan folatnya juga tinggi.

6Biji-bijian

silk.com

Ada banyak jenis makanan biji-bijian, diantaranya oatmeal, gandum dan popcorn. Oatmeal merupakan jenis makanan dari biji-bijian yang sangat dianjurkan untuk konsumsi ibu hamil.

Biji-bijian mengandung serat dan nutrisi vitamin E yang tinggi. Selain itu, kandungan selenium dan fitonutrien-nya juga banyak. Fitonutrien ini berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh.

7Alpukat

onewebid.blogspot.com

Alpukat memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam alpukat antara lain, asam folat, kalsium dan vitamin.

Asam folat merupakan nutrisi yang paling penting dalam alpukat. Zat gizi yang satu ini bisa mencegah terjadinya deforminitas atau kelainan-kelainan pada janin.

Misalnya, kelainan struktur gigi dan rahang, kelainan saraf dan mencegah komplikasi pada ibu hamil.

8Walnut

cloudfront.net

Walnut merupakan salah satu jenis kacang yang mendapat peringkat tertinggi di antara jenis kacang lainnya. Kandungan antioksidan dalam walnut lebih baik dibandingkan vitamin E biasa.

Kacang yang satu ini baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Makanan walnut bisa menjadi alternatif jika kamu tidak suka ikan. Walnut mengandung vitamin B kompleks yang dibutuhkan ibu hamil

Walnut juga mengandung omega-3 yang tinggi sama seperti ikan salmon. Omega-3 ini penting untuk pertumbuhan otak janin.