Memasuki musim penghujan, cuaca berubah mendung, udara juga menjadi dingin. Tentu hal tersebut membuat kamu lebih cepat lapar dari hari-hari biasanya.

Perut menjadi gampang bergejolak, minta agar segera diisi makanan. Nah, di musim-musim seperti inilah kamu bisa menyantap makanan hangat yang nikmat berikut ini;

1Laksa

resepmasakanlezat.xyz

Mungkin masih belum banyak yang mengenal makanan ini. Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Tionghoa dan Melayu.

Laksa sangat cocok disantap saat musim hujan. Kuahnya yang kental sangat pas dipadu dengan aneka daging di dalamnya, ditambah sayuran tauge.

2Tongseng

bebekgarang.com

Tampilan tongseng sekilas memang mirip dengan gulai. Namun, yang membedakannya adalah aroma daging dan bumbunya yang sangat kuat.

Perbedaan paling mencolok adalah pada daging yang disajikan. Biasanya daging dimasak masih dengan tulang yang melekat. Tongseng dianggap sebagai makanan khas Jawa Tengah, khususnya daerah Solo.

3Gulai

resepindonesia.net

Makanan berbahan dasar aneka daging ini sangat pas menemanimu saat musim hujan. Gulai  harus diolah dengan kuah yang memiliki cita rasa bumbu rempah yang cukup banyak.

Gulai bisa kamu peroleh dimana saja, karena memang makanan ini merupakan kuliner Indonesia yang terkenal enak. Masak sendiri juga bisa, tapi tentu butuh waktu lama dan persiapan yang oke.

4Makaroni Kuah

yukmasakvegetarian.blogspot.com

Sajian berkuah yang lezat ini bisa dijadikan pilihan utama santapan saat hujan. Kandungan makaroni berbahan gandum yang kaya akan serat bisa membuat penernaanmu lancar dan tidak perlu khawatir akan menimbun lemak.

Bumbu makaroni kuah bisa kamu buat sama seperti bumbu sop buntut atau cukup tambahkan makaroni pada mie rebus biasa.

5Sop Buntut

nulisin.com

Sop yang familiar dengan isi ekor sapi yang khas ini memang lezat. Perpaduan dagingnya yang empuk dan campuran aneka sayuran bisa memanjakan lidahmu saat musim hujan.

Tentu kamu harus menyiapkan dagingnya dulu. Cara memasaknya mungkin tidak sepraktis memasak mie rebus ya.

6Bakmi Godog

kotabsd.com

Mie godok (dalam bahasa Jawa) atau mie rebus. Olahan mie khas Jawa, khususnya Jogja ini banyak digemari masyarakat Indonesia.

Tak heran jika di pinggir jalan banyak ditemui penjual mie godok. Rasanya nikmat dan gurih, dengan bumbu khas Indonesia.

Tanpa racikan bumbu khusus pun kamu tetap bisa menyajikan mie rebus. Cukup rebus mie instan biasa, tambahkan potongan cabai rawit, makan selagi panas.

SHARE