Masa kehamilan biasanya dibagi menjadi tiga, trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Trimester pertama biasanya merupakan usia kehamilan yang rawan keguguran. Hal ini disebabkan janin belum cukup kuat menempel pada dinding rahim.

Ibu hamil muda pada trimester pertama selain harus menjaga dari aktivitas berat yang terlalu berat, juga harus menjaga makanan yang dikonsumsi.

Beberapa makanan secara ilmiah mengandung zat tertentu yang tidak baik untuk perkembangan janin atau bahkan dapat memicu terjadinya keguguran. Berikut ini makanan yang harus dihindari ibu hamil muda.

1Seafood

abiummi.com

Seafood sebenarnya kaya akan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Namun, demikian beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi seperti kerang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda.

Sebaiknya pilihlah ikan salmon atau ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan omega 3 dan omega 6 pada janin.

2Minuman Berkafein

ummi-online.com

Minuman berkafein seperti teh, kopi hitam maupun segala macam kopi tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Minuman berkafein dapat meningkatkan detak jantung ibu maupun janin.

3Nanas

ummi-online.com

Makanan ini paling terkenal sebagai penyebab keguguran kandungan. Nanas biasanya digunakan sebagai pengempuk daging sapi maupun daging lainnya yang liat. Kandungan bromelin yang tinggi dapat melunakan tekstur daging.

Bromelin inilah yang mengakibatkan melunaknya leher rahim. Leher rahim yang lunak memacu persalinan dini atau keguguran.

Kandungan bromelin nanas muda lebih banyak dibandingkan nanas matang. Ibu hamil muda lebih baik menghindari makanan seperti rujak yang menggunakan nanas.

4Pepaya Muda

mencegahpenyakit.com

Pepaya muda biasanya juga ikut meramaikan rujak. Namun demikian pepaya mentah atau muda mengandung lateks yang tinggi. Lateks dapat memacu rahim berkontraksi pada masa awal kehamilan.

5Air Kelapa Segar

katariau.com

Selama ini air kelapa muda dipercaya dapat membuat kulit bayi bersih dan memperlancar kelahiran. Hal ini ternyata hanya berlaku untuk usia kehamilan 8 bulan keatas. Air kelapa muda justru melemahkan kandungan pada usia kehamilan muda.

6Telur Mentah atau Telur Setengah Matang

kintakun-collection.co.id

Pada tradisi jawa, ibu hamil yang sudah mendekati hari persalinan biasanya disarankan memakan telur ayam mentah. Telur ayam terutama telur ayam Jawa mentah dipercaya dapat meningkatkan stamina saat menjalani persalinan.

Namun demikian ibu hamil muda sebaiknya menghindari mengonsumsi telur ayam mentah maupun setengah matang. Hal ini disebabkan telur ayam mentah masih mengandung bakteri Salmonella yang tinggi. Bakteri ini berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin.

7Durian

infoginekologi.web

Kandungan utama durian yang tidak baik untuk ibu hamil muda adalah asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat dapat memicu keguguran. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan berat badan janin menjadi rendah.

8Makanan yang Terlalu Asam dan Terlalu Pedas

konsultasisehat.com

Ibu yang menyukai makanan asam dan pedas sebaiknya dikontrol terutama pada saat hamil. Ibu hamil muda tidak baik mengonsumsi makanan ini terlalu banyak. Makanan terlalu asam maupun terlalu manis dapat menyebabkan kandungan panas.

9Makanan yang Mengandung MSG

en.wikipedia.org

Makanan yang terlalu banyak mengandung MSG seperti mie instan tidak baik dikonsumsi oleh semua orang, terlebih lagi ibu hamil muda. Makanan yang banyak mengandung MSG dikhawatirkan menghambat pertumbuhan otak janin.

Kehamilan merupakan pertanda awal seorang wanita telah menjadi wanita yang sempurna. Oleh karena itu kamu harus benar-benar menjaga kandunganmu. Konon katanya keguguran rasanya lebih sakit dibandingkan melahirkan.

Beberapa makanan di atas hanyalah sebagian dari banyaknya pantangan untuk ibu hamil. Kamu bisa melakukan konsultasi intensif dengan dokter kandungan profesional mengenai apa saja yang benar-benar sangat dilarang untuk kehamilan kamu.

Jadi, upayakan yang terbaik untuk kehamilan kamu.