Olahraga yang baik saat puasa adalah olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran.

Bukan jenis olahraga berat seperti di Gym yang cenderung dapat membuat tubuh capai dan lelah, walau demikian, seseorang yang telah terbiasa melakukan olahraga dan tiba- tiba berhenti  saat bepuasa secara otomatis bobot tubuh akan naik dengan drastis.

Dan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa adalah sore atau bahkan malam hari. Namun yang paling baik sekitar satu atau dua jam sebelum buka puasa atau pagi setelah sholat shubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk kamu lakukan ketika sedang berpuasa.

Bersepeda

sepeda kiki widyasari
kumpulan.info

Bersepeda setelah sholat shubuh juga baik untuk kesehatan karena, karena makanan belum lama diproses menjadi energi. Setelah itu energi yang sudah diproses dapat digunakan untuk beraktivitas  selama 10 jam kedepan.

Jogging Ringan

exercise jogging SS
www.switchvideo.com

Jogging ringan baik dilakukan saat puasa agar tubuh tetap bugar. Lakukanlah jogging ringan selama 20-30 menit, tetapi lihat juga kemampuan diri. Durasi jogging di saat puasa memang tidak bisa sebanyak saat tidak puasa.

Jangan terlalu memaksakan jogging terlalu lama agar tidak terkena resiko dehidrasi. Jika kamu pergi ke gym atau memiliki alat treadmill, kamu dapat melakukan jogging ringan. Sesuaikan kecepatan dan durasi alat treadmill dengan kemampuanmu.

Yoga

hatha-yoga
thehauteroom.com

Yoga merupakan olahraga peregangan otot yang dikombinasikan dengan pengaturan nafas, dan Yoga menjadi olahraga favorit saat puasa, karena ringan dan tidak harus mengeluarkan banyak keringat.

Aerobik

senam-aerobik-anak-1
duniafitnes.com

Olahraga ini sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, dan ini bisa dilakukan secara efektif tanpa harus melakukan berolahraga berat dan berkeringat, tentu hal ini sangat membantu, walaupun puasa namun progam diet tetap jalan dan Olahraga Aerobik adalah jawabannya.

Badminton

Sussex-county-badminton-slider-7
www.sussexbadminton.co.uk

Olahraga yang berbentuk permainan/pertandingan seperti tenis dan bulutangkis juga seru dilakukan saat puasa. Selain sehat, tentunya, juga bisa mengisi waktu di pagi hari maupun menjelang berbuka.

Melakukan ini bersama teman/keluarga sembari menunggu waktu berbuka, kemudian dilanjutkan dengan acara berbuka bersama pasti menyenangkan. Untuk olahraga badminton/tenis, jangan lupa perhatikan durasi serta sesuaikan dengan kemampuan fisikmu.

 

SHARE