Selama ini orang tua menganggap mandi bersama anak mereka adalah hal yang tak lumrah dilakukan. Mungkin karena menjaga diri si anak juga. Supaya kelak mereka tidak sembarangan mandi bersama orang lain.

Padahal jika anak mandi bersama dengan orang tua akan mendapat beberapa manfaat lho. Berikut dampak positif jika si kecil mandi bersama orang tuanya.

1Anak Mengenal Fungsi Alat Mandi

id.aliexpress.com

Mandi bareng anak bisa dijadikan ajang untuk belajar. Alat mandi yang digunakan pasti bermacam-macam, setiap alat mandi itu tentunya memiliki fungsinya masing-masing.

Jadi, ketika kamu mandi dengan si kecil, kamu bisa mengajarkan mereka mengenai fungsi dari alat mandi itu. Seperti cara untuk menggunakan gayung, shower, toilet, handuk, dan peralatan lainnya.

2Anak Akan Belajar untuk Berhati-hati

www.babyswimming.com

Pembelajaran mengenai kehati-hatian bisa kamu ajarkan ketika kamu melakukan aktivitas mandi bersama dengan anakmu. Khususnya bagi mereka yang masih balita. Ajarkan kepada mereka tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di kamar mandi.

Dengan mandi bersama, pembelajaran yang dilakukan secara langsung pasti lebih menyenangkan dan mudah untuk diterima si anak.

3Mendekatkan Batin Anak dan Orang tua

wifewithoutborders.blogspot.com

Waktu mandi pun tiba. Ajak anak untuk masuk ke kamar mandi bersama dan ajak mereka bermain atau ceritakan sebuah dongeng di sana. Kamu juga bisa membahas aktivitas yang akan atau telah dilakukan selama satu hari ini.

Mengasyikkan bukan? Hal ini akan mempererat hubungan antara kamu dan anakmu. Karena si anak akan merasa nyaman untuk dekat dan berbagi cerita dengan orang tuanya.

4Anak Akan Terlatih untuk Berani

www.bilna.com

Tidak mudah lho untuk melatih keberanian si buah hati. Malah beberapa orang beranggapan bahwa anak akan lebih berani jika mandi sendiri.Tetapi anak usia balita kan belum bisa ditinggal sendirian di dalam kamar mandi.

Ketika mereka mandi harus ada pendampingan dari orang tua. Nah, saat bersama di dalam kamar mandi ini ajarkan anak untuk menjadi berani. Karena tidak perlu takut jika sedang berada di kamar mandi.

Sehingga rasa percaya diri anak pun akan tumbuh dengan sendirinya. Sehingga ketika mereka sudah tumbuh besar akan berani untuk mandi sendiri.

5Belajar Menjaga Diri

www.youtube.com

Anak perlu juga untuk belajar menjaga diri sejak kecil. Ajarkan saja anak tentang jati dirinya disaat mandi bersama. Beri pengertian mengenai perubahan bentuk tubuh yang akan mereka alami suatu hari nanti.

Orang tua juga bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu melindungi dirinya dari orang-orang yang dikenal maupun tak dikenal dari niat jahat. Beri tahu mereka supaya tidak melakukan sentuhan dengan orang lain di daerah yang tidak boleh terlihat.

Sehingga anak akan belajar untuk menjaga diri supaya tidak menjadi korban pelecehan yang sedang marak saat ini.

6Belajar Tanggung Jawab

www.youtube.com

Anak belajar tanggung jawab, gimana caranya? Bisa saja kamu ajarkan tanggung jawab ini sejak dini. Kamu ajak mereka untuk mandi bersama dan kamu ajarkan mengenai merawat tubuh dengan baik.

Di sini mereka akan belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Karena secara otomatis mereka akan belajar untuk merawat tubuhnya.

7Anak Belajar Menjaga Kebersihan Tubuh

calcagnodds.com

Ketika kamu mengajarkan tentang kebersihan tubuh kepada anakmu bagaimana mereka bisa mengerti jika tidak dipraktekkan? Maka mandi bersama adalah salah satu solusi untuk hal tersebut.

Kamu bisa menerangkan bagian mana saja dari tubuhnya yang harus dibershikan dengan baik. Kamu dapat mengajarkan secara langsung cara untuk menggunakan sabun dan shampoo.

Anak juga dapat belajar bagaimana cara memegang sikat gigi dan meletakkan pasta gigi secara benar di atasnya. Lalu belajar untuk menggosok gigi deh.

Akan seru pastinya ketika kita bisa bermain bersama anak sambil belajar dengan meluangkan waktu untuk mandi bersama.

Tetapi perhatikan juga dengan usia buah hatimu, pastikan bahwa usia mereka belum cukup matang untuk memahami dirinya. Ketika anak bertanya, jawablah semua pertanyaan dengan jujur supaya anak mendapatkan informasi dengan benar.

Orang tua pun tetap mengenakan pakaian disaat memandikan si kecil dan ayah akan memandikan anak lelakinya begitu juga si ibu dengan anak perempuannya.

Meskipun memberikan dampak yang baik, namun jangan terlalu sering untuk mandi bersama anak, lakukan saja sesekali supaya hal ini tidak menjadi kebiasaan.