Segarnya air kelapa memang menjadi salah satu minuman pilihan pelepas dahaga. Tidak hanya rasanya yang segar dan manis, air kelapa ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Air kelapa berperan dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh dan kesehatan.

Manfaat yang pertama dapat mengatasi dehidrasi yang disebabkam oleh disentri, kolera, diare maupun flu.

Tahukah kamu bahwa kandungan elektrolit dan plasma di air kelapa digambarkan hampir sama dengan darah.

Bagi kamu yang telah setelah melakukan olahraga sangat baik mengkonsumsi air kelapa karena ia sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

Air kelapa juga bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Kandungan asam laurat dan sitikon dalam air kelapa merupakan dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel.

Kandungan ini berperan penting terhadap anti penuaan dini, anti karsinogenik dan anti trombotik yakni yang membantu meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan PH dan menjaga jaringan kulit.

Tidak hanya itu, air kelapa juga bermanfaat dalam meingkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa ini sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasain, thiamindan piridoksin serta folat.

Kandungan tersebut membuat air kelapa memiliki sifat anti virus dan anti bakteri. Tentu hal ini dapat membantu dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Air kelapa juga sangat bagus bagi ibu hamil. Dengan meminum air kelapa dapat meredakan morning sickness dan mecegah muntah-muntah.

Bagi penderita batu ginjal, air kelapa sangat baik untuk diminum. Seperti yang dikatakan di atas tadi, karena kandungannya yang kaya akan vitamin dan nutris, air ini bisa dikatan sebagaia air ‘super’.

Air kelapa dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal karena mengandung kalium yang berperan dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Air kelapa juga sangat baik untuk pencernaan. Di dalamnya terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, RNA polimerase, dan lain-lain.

Enzim tersebut membantu dalam mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh.

Masih banyak lagi manfaat dari air kelapa seperti membantu mengontrol diabetes, sebagai antioksidan yang cukup baik dan dapat mengatur tekanan darah.