Konsep anak bermain dengan alam bebas telah dijadikan platform bagi banyak sekolah modern. Terutama menjadi cara dan metode serta tujuan tersendiri bagi sekolah dengan label sekolah alam.

Di kota-kota besar, orang tua yang berminat untuk memasukkan anaknya ke sekolah alam semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ciri khas anak bermain dengan alam bebas menjadi sebuah lifestyle tersendiri untuk kalangan menengah ke atas.

Nah, sebenarnya apa dan bagaimana sih manfaat anak bermain dengan alam bebas? Berikut beberapa ulasan mengenai berbagai manfaat luar biasa yang akan diperoleh anak lewat metode pembelajaran ini.

1Kondusif

kabarinews.com

Belajar sambil bermain adalah suasana yang sangat kondusif dalam pendidikan anak. Anak tidak akan merasa tertekan dengan berbagai seragam atau aturan yang rigid. Hal ini secara langsung mencegah timbulnya stres pada anak selama proses belajar.

2Imajinatif

sutakwa.wordpress.com

Imajinasi adalah pondasi penting dalam kemampuan kreasi anak. Dalam metode yang diterapkan di sekolah alam. Anak dibebaskan untuk membangun dan membayangkan imajinasi mereka tentang tugas yang diberikan.

3Kreatif

langkahinspirasi.wordpress.com

Saat imajinasi terbangun, tentu saja anak kamu akan menjadi lebih kreatif. Anak-anak secara langsung menerapkan cara learning by doing dalam mempelajari apapun yang ada di alam bebas.

4Ilmu yang Bervariasi

rokorokoo.blogspot.com

Anak akan mengenal keragaman. Ia akan belajar mengapa tugas yang kerjakan berbeda dengan teman lainnya, bahkan tidak ada yang sama. Dan tidak ada yang disalahkan oleh guru.

Anak belajar tentang indahnya keragaman dan tidak ada hal yang keliru dari sebuah keragaman.

5Stimulan

sekolahalamgaharu.com

Menjelajah alam adalah stimulan terbaik dalam belajar. Anak akan mengenal berbagai warna tumbuhan. Anak juga diperbolehkan untuk ‘mencicipi’ semua daun dan buah yang ada di alam sekitar.

Anak-anak belajar tentang rasa, tentang hewan bersayap, hewan tanpa kaki dan masih banyak lagi yang akan dipelajari secara langsung lewat metode anak bermain dengan alam bebas ini.

6Teamwork dan Problem Solving

sekolahalamindonesiapalembang.com

Di sekolah alam, belajar dam beberapa kelompok kecil adalah salah satu metode yang lazim digunakan. Kelompok tersebut diberikan masalah dan harus diselesaikan secara bersama-sama.

Anak akan belajar tentang teamwork dan problem solving bersama teman kelompoknya. Ketika dikumpulkan menjadi satu dengan kelompok lainnya, anak juga akan belajar bagaimana cara problem solving yang paling efektif dan efisien.

7Mandiri

jejak-risa.blogspot.com

Beberapa sekolah alam juga menyediakan materi da praktik langsung menjadi wirausaha. Misalnya adalah dengan menjual berbagai buah dan sayur yang dipanen dari hasil tanam anak-anak sendiri.

Buah dan sayur dijual di pasar tradisional terdekat dan anak-anak akan secara langsung belajar tentang negosiasi. Tawar menawar yang berhubungan dengan untung dan rugi barang yang dijual.

8Bijak, Arif, dan Berkarakter

sketsakita.wordpress.com

Dalam menanam sayuran misalnya, anak-anak belajar untuk bersikap bijak dan berkarakter. Jika yang ditanam adalah biji sayuran dengan jumlah yang sesuai instruksi akan tumbuh sayuran dengan jumlah yang pas.

Terkadang akan ada anak yang menanam biji terlalu banyak dalam satu lubang, maka akan tumbuh pula sayuran yang terlalu banyak. Anak-anak juga diwajibkan untuk merawat sayurannya hingga masa panen nanti.

Anak yang menanam tidak sesuai dengan instruksi akan merasakan kerepotan dalam merawat tanaman yang terlalu banyak. Dari kesalahan tersebut, anak-anak akan belajar untuk lebih bijak, arif, dan akhirnya dapat menjadi pribadi berkarakter.

9Orang Tua Ikut Belajar

paketwisataedukasi.com

Salah satu titik penting dalam konsep anak bermain dengan alam bebas adalah orang tua. Sekolah alam biasanya menyediakan parenting. Orang tua diberikan rambu-rambu mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak di rumah.

Hal ini sangat krusial, karena jika orang tua tidak serius belajar sekaligus menjalankan arahan materi parenting, anak lah yang akan terkena dampaknya. Akibatnya seluruh materi belajar anak bermain dengan alam bebas tidak terasa oleh anak.