Para jagoan memasak yang tak lain lagi adalah ibu, lebih mengenal baking soda sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Karena banyak sekali resep-resep roti yang mencantumkan baking soda sebagai salah satu bahan dalam adonannya.

Tapi, kini baking soda telah diketahui memiliki manfaat dan fungsi lain lho. Salah satunya sebagai bahan pembersih alternatif. Selain harganya yang murah, baking soda pun cukup efektif digunakan sebagai bahan pembersih.

Berikut ini keguaan baking soda yang bisa kamu buktikan sendiri. Mudah dan simpel kok.

1Membersihkan Dinding

www.sadolinuganda.com

Tak perlu pusing lagi dengan dinding yang penuh coretan anak-anakmu. Baking soda akan membantu membersihkannya. Taburkan saja baking soda pada lap pembersih yang biasa kamu gunakan.

Lalu, gosok secara perlahan pada dinding hingga gambar atau coretan anak-anakmu hilang. Dinding pun terlihat bersih kembali.

2Mengembalikan Warna pada Perak

www.cutoutandkeep.net

Campurkan baking soda dan air secukupnya hingga menjadi pasta. Lalu, bersihkan peralatan perakmu satu persatu menggunakan pasta tersebut dan bilas dengan air hangat. Langkah terakhir, segera saja kamu keringkan semua perak dengan handuk.

3Pembersih Dapur

www.somewhatsimple.com

Mungkin saja lemari atau kompor di dapurmu begitu kotor. Taburi saja baking soda di atasnya, lalu bersihkan menggunakan lap sambil digosok-gosok agar kotoran-kotoran tersebut dapat terangkat. Setelah selesai digosok, bilaslah dengan air.

4Membersihkan Gelas yang Bernoda

www.businessinsider.com

Gelas kesayanganmu mungkin sudah terlalu lama kamu gunakan. Sehingga berbagai macam noda yang tertinggal membuatnya tak cantik lagi. Tapi jangan khawatir, cucilah gelas itu menggunakan baking soda dan air secukupnya.

Kemudian bilas hingga bersih. Jangan kaget kalau gelas kesayanganmu nampak seperti baru lagi.

5Mengurangi Jerawat

www.yougetridof.com

Wajah berjerawat yang mengganggu penampilanmu kini bisa kamu atasi dengan memakai baking soda guys. Campurkan baking soda dan satu sendok teh madu. Kemudian gunakan sebagai masker wajah.

Diamkan maksimal 15 menit saja. Kemudian cuci wajah dengan air bersih hingga tak ada lagi campuran baking soda yang tertinggal.

6Mempercantik Kuku

foodsandhealthylife.com

Masalah utama yang sering dialami pada kuku adalah munculnya jamur kuku. Namun sekarang, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan tenang. Campurkan baking soda dan beberapa tetes cuka apel hingga berbentuk pasta.

Kemudian, aplikasikan pasta tersebut pada kuku yang berjamur. Diamkan selama lima menit, setelah itu bilas.Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari ya.

7Melembutkan Kaki

www.aneking.com

Ambil sebuah baskom besar dan masukkan air hangat serta dua hingga tiga sendok baking soda ke dalamnya. Setelah itu, masukkan kakimu ke dalam baskom tersebut.

Baking soda ini akan membantu untuk melembutkan kaki-kakimu. Setelah itu, istirahatkan kedua kakimu selama 20 menit. Lalu, gosoklah kaki dengan campuran baking soda dengan beberapa tetes air hingga menjadi pasta.

8Scrub Wajah

www.healthyteller.com

Ada cara lain nih untuk membersihkan wajahmu yang mungkin terlihat kusam. Campurkan enam sendok makan baking soda dengan dua sendok air, aduk hingga membuatnya berbentuk pasta. Usapkan pasta ke wajah dan bilas dengan air hangat.

9Memutihkan Gigi

www.coolhealthyrecipes.com

Gigi kuning pasti merusak penampilan dan membuatmu kurang percaya diri. Tenang guys, kan ada baking soda. Kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air lemon hingga menjadi pasta.

Setelah itu, gunakan pasta itu untuk menghilangkan noda di gigi. Kamu bisa menggunakan ujung jarimu untuk mengoleskan pasta baking soda itu ke permukaan gigi. Diamkan selama dua menit saja. Setelah itu bersihkan.

10Gunakan Sebagai Shampoo Kering

www.sheknows.com

Saat rambut sudah berminyak dan shampoo yang biasa kamu pakai habis, manfaatkan saja baking soda sebagai penggantinya. Ambil saja sejumput baking soda dan letakkan di akar rambut. Kemudian pijat ke seluruh bagian kepala.

Guna baking soda ini untuk mengurangi minyak berlebih di rambut kamu. Jadi, cara ini bisa sesekali kamu gunakan, tapi kamu harus tetap pakai shampoo seperti biasa juga lho guys. Jangan hanya mengandalkan baking soda.