Selama ini kita mengenal bawang putih sebagi bumbu dapur. Bawang putih yang baik adalah umbinya penuh, tidak lunak, bebas dari kerusakan dan noda hitam serta tidak bertunas hijau.

Tahukah kamu, ternyata bawang putih mempunyai khasiat kecantikan.
Cantik. Setiap wanita tentu ingin tampil cantik. Kebanyakan dari mereka ada yang menghabiskan banyak unag untuk perawatan kecantikan.

Memang cantik itu butuh biaya. Sekarang ini kita mengenal cantik itu identik dengan pergi ke salon, melakukan perawatan menggunakan teknologi canggih, menggunakan merk kecantikan yang mahal.

Sudah mahal tapi masih perlu berhati-hati, karena ada kemungkinan terdapat dampak bagi kecantikan.

Pernahkah kamu berpikir memanfaatkan bahan alami untuk perawatan kecantikanmu? Kamu bisa memanfaatkan kekayaan alam untuk kecantikan, yang tentu tak memberikan efek samping yang membahayakan kulit.

Salah satu kekayaan alam yang bisa kamu manfaatkan adalah bawang putih. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan bawang putih juga bermanfaat untuk kecantikan. Ini lah beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan.

1Mengusir Jerawat

www.sukawera.com

Jerawat merupakan musuh terbesar bagi kaum hawa. Rasa kurang percaya diri tentu menghampiri ketika si kecil itu tumbuh di wajah. Kamu tak perlu khawatir dan cemas, bawang putih bisa menjadi alternatif obatnya. Bahan alami ini tentu aman.

Peranan zat antibakteri dan antiviral yang terkandung di dalam bawang putih mampu mengurangi peradangan kulit. Dan juga kandungan minyak asitri yang tinggi dapat mencegah munculnya jerawat berlebih pada kulit wajah.

Untuk mengaplikasikan bawang putih ini caranya mudah, ambil satu suing bawang putih kemudian haluskan. Setelah halus, oleskan bawang putih di atas jerawat.

Rasanya akan sedikit perih, kamu perlu menahannya sebentar selama beberapa menit. Setelah itu bilas samapi bersih.

Jika jerawatmu tidak terlalu parah, keesokan harinya akan mengempes. Namun, jika jerawatmu agak parah lakukan lagi pengobatan menggunakan bawang putih ini sampai jerawat hilang dari wajah kamu.

Perlu kamu ingat, jangan sesekali memencet jerawat dengan tangan, karena bisa menyebabkan jerawatmu bertambah banyak atau dapat menimbulkan bekas di wajah.

Selain jerawat, penggunaan bawang putih ini juga bisa mengilangkan komedo. Cukup oleskan bawang putih yang sudah halus di daerah yang terdapat komedo.

2Melawan Penuaan

www.cantiknsehat.com

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus bisa muncul di wajah. Akan tetapi bisa saja garis-garis halus tersebut juga muncul pada usia yang lebih dini. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan zat-zat kimia atau seringnya terkena paparan sinar matahari.

Tak ada salahnya kini kamu coba menggunakan bawang putih sebagai masker. Ambil beberapa suing bawang putih, lalu haluskan. Oleskan bawang putih yang sudah halus merata pada wajah. Lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

3Mengatasi Kerontokan Rambut

i.ytimg.com

Rambut rontok merupakan hal yang meresahkan, baik bagi perempuan maupun laki-laki. Ada beebrapa hal yang dapat memicu kerontokan rambut . antara lain penggunaan shampoo yang tidak cocok, sakit, ataupun stress.

Tak perlu khawatir, bawang putih dapat membantu masalah kerontokan rambut. Caranya sebelum tidur, lumuri kulit kepala dengan minyak bawang putih, sambil beri pijtan-pijatan halus pada kulit kepala.

4Menghilangkan Bekas Selulit

cdn.klimg.com/merdeka.com

Sudah kita tahu sebelumnya, bahwa kandungan antibakteri dan anti peradangan dalam bawang putih dapat mengurangi peradangan kulit.

Selain itu dapat menghilangkan bekas luka dan mengurangi selulit di area paha, perut, dan pantat. Caranya, haluskan bawang putih kemudian oleskan pada bekas luka.

5Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

blog.shopious.com

Kandungan allicin yang terkandung dalam bawang putih membuat kulit menjadi lembutdan membuat wajah tampak halus. Caranya jadikan bawang putih sebagai masker. Ambil beberapa suing bawang putih lalu haluskan. Beri sedikit air, kemudian oleskan pada wajah.

Nah, tak menyangka kan, ternyata terdapat banyak manfaat bawang putih untuk kecantikan. Kamu bisa menerapkannya di rumah, tak perlu jauh-jauh ke salon untuk melakukan perawatan kecantikan.