Siapa yang tidak suka belajar sejarah sewaktu sekolah? Mungkin dulu kita tidak tahu apa manfaat belajar sejarah. Tetapi seiring bertambahnya usia dan kedewasaan, kita akan semakin merasakan sendiri bahwa ilmu sejarah ternyata penting untuk dipelajari.

Dengan mempelajari sejarah, maka manusia akan memiliki identitas, dapat memperbaiki dirinya terus dari waktu ke waktu.

Wah, ternyata sejarah punya pengaruh besar ya terhadap kehidupan manusia. Memang apa saja sih manfaat belajar sejarah?

1Mampu Mendidik

transilvaniareporter.ro

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan ungkapan belajar dari masa lalu atau belajar dari sejarah.

Ungkapan tersebut secara tersirat memiliki arti bahwa sejarah mengandung unsur edukatif yang dapat dijadikan sebagai pendidikan atau pelajaran bagi seluruh lapisan manusia.

Caranya yaitu dengan mengambil hikmah dari sejarah atau peristiwa yang telah terjadi, seperti misalnya nilai kearifan, kejujuran, kebenaran, keadilan dll.

2Menginspirasi

undergroundnewyorkpubliclibrary.com

Banyak karya pada masa lampau yang tidak hanya memiliki nilai seni, tapi juga memperlihatkan kecanggihan teknologi yang melebihi zamannya.

Contohnya borobudur, piramida Giza, tembok raksasa China, dan sebagainya. Karya-karya megah yang berdiri hingga ribuan tahun tersebut merupakan sumber inspirasi untuk menciptakan karya seni maupun untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

3Membangun Pola Pikir

huffingtonpost.com

Sejarah mampu membangun kerangka berpikir seseorang menjadi lebih terstruktur. Ketrampilan pun akan didapat dari pengajaran sejarah, baik ketrampilan dalam arti fisik maupun ketrampilan berpikir.

Sebagai bagian dari ilmu, pada dasarnya sejarah memberikan pengetahuan yang bersifat teoritis, berupa pemahaman terhadap suatu peristiwa di masa lampau.

Hal ini dapat terlihat pada sikap berpikir sebab-akibat, perubahan, pertumbuhan, perkembangan, juga kronologis yang membantu seseorang memahami peristiwa di masa lampau secara menyeluruh.

4Menghibur

decohubs.com

Karya-karya sejarah dalam bentuk fisik, biasanya mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya. Maka saat ini mulai banyak wisata sejarah yang memberikan manfaat bagi penikmatnya, sekaligus sebagai sarana rekreatif.

Tidak cukup sampai pada nilai rekreatif saja, tempat-tempat yang memiliki bersejarah juga biasanya mengandung nilai-nilai religi, dan sering digunakan sebagai sarana penghayatan spiritual plus tempat untuk rekreasi.

5Memberikan Pendidikan Politik

huffingtonpost.com

Pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah, tidak lain merupakan pendidikan politik yang diajarkan kepada siswa. Jadi sebetulnya anak-anak sekolah sudah diajarkan bagaimana politik bekerja.

Mengapa bisa begitu? Karena pelajaran sejarah akan merujuk pada kurikulum yang berlaku. Sementara kurikulum itu sendiri nerupakan produk dari kebijakan politik pemerintah. Di sinilah letak ilmu politik yang bisa mengedukasi para siswa.

6Membantu Menyusun Masa Depan

maguzz.com

Sejarah pada hakikatnya adalah studi tentang manusia dan kehidupannya dalam konteks waktu tertentu. Sementara waktu itu sendiri dalam pengertian sejarah berupa sebuah garis memanjang yang lurus ke depan dan menunjukkan kesinambungan.

Sehingga dengan berkesinambungannya waktu masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang, maka masa sekarang sangat ditentukan oleh keberadaan masa lalu, dan masa yang akan datang sangat ditentukan oleh keberadaan masa sekarang.

Di dalam sejarah memang tidak ada yang baru. Seluruh peristiwa kita sekarang sesungguhnya hanyalah berupa pengulangan dari peristiwa di masa lampau.

Oleh karena itu, manfaat kita belajar sejarah agar bisa terus berusaha untuk memperbarui diri dan kepribadian agar menjadi lebih baik di masa-masa yang akan datang.

SHARE