Pepaya buah yang sangat banyak di daerah pedesaan. Berwarna orange kemerahan yang sangat menggoda. Cukup diminati masyarakat karena teksturnya yang tidak keras dan manis.

Bagaimana cara kamu makan buah pepaya? Ya tentu saja cara yang umum yaitu mengupas kemudian buang bijinya dan buahnya diiris menjadi potongan yang lebih kecil agar lebih mudah dimakan.

Biji buah seringkali dipandang sebelah mata dan hanya dibuang tanpa dimanfaatkan lagi. Namun tahukah kamu? Ternyata manfaat biji pepaya ternyata sangat bagus untuk tubuh kita.

Biji pepaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sirosis hati, melancarkan pencernaan, mencegah uban, mencegah dan menyembuhkan infeksi parasit, dan mencegah jantung dan stroke.

Berikut beberapa manfaat biji pepaya yang akan sangat bagus untuk kesehatanmu.

1Sirosis Hati

slimming-capsule.net

Penyakit ini merupakan penyakit di mana sel-sel hati akan mengalami kerusakan. Ketika pembaruan sel maka sel akan diganti dengan sel yang rusak, sehingga lama kelamaan hati mengalami penurunan fungsinya

Banyak penyebabnya penyakit ini, bisa dikarenakan penumpukan zat racun yang sudah terlalu banyak, infeksi virus hepatitis B, atau karena konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dalam jangka waktu yang lama.

Biji buah pepaya ini efektif untuk menyembuhkan penyakit ini karena biji pepaya mengandung zat penawar racun dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Zat antioksidan ini sangat ampuh dalam mengangkat zat radikal bebas.

2Melancarkan Pencernaan

herbaneka.com

Ya kalau kamu sering merasa susah buang air besar dengan mengonsumsi buah pepaya bisa melancarkan buang air besar. Tapi bukan hanya buahnya saja, ternyata biji buah pepaya juga berkhasiat melancarkan pencernaan.

Hal ini terkait dengan enzim papain yang terdapat dalam biji pepaya yang merupakan enzim protease. Selain melancarkan pencernaan, juga berkhasiat untuk membersihkan saluran pencernaan.

3Mengatasi Uban

ummi-online.com

Uban sendiri timbul karena pigmentasi rambut berkurang. Pigmen inilah yang membuat rambut berwarna hitam. Uban bisa muncul karena beberapa faktor yaitu faktor usia, keturunan atau karena konsumsi obat yang berlebihan.

Kaitannya dengan manfaat biji buah pepaya dalam menghitamkan rambut yaitu kandungan yang terdapat dalam biji pepaya. Biji pepaya mengandung senyawa glucoside carcirindan yang bias menghitamkan rambut.

4Mencegah dan Mengobati Infeksi Parasit

tarmiziblog.blogspot.com

Kandungan enzim proteolitik dan alkaloid anthelmintik dari biji pepaya dapat membersihkan cacing, parasit, dan telur telur cacing serta memecah limbah protein makanan yang sangat merugikan bagi tubuh.

Seperti yang dikatakan orang tua jaman dulu, yang katanya daun pepaya bisa digunakan sebagai obat cacing. Dan ternyata mitos ini benar adanya. Memang baik daun maupun biji pepaya bisa digunakan untuk obat cacingan.

5Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

tropicanaslim.com

Penyakit jantung dan stroke sangat erat kaitannya dengan kadar kolesterol tubuh manusia. Semakin tinggi kadar kolesterol di tubuh kita, semakin tinggi pula kemungkinan kita terkena penyakit jantung dan stroke.

Dalam biji pepaya ada zat flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Zat zat tersebut memiliki efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa.

Efek hipolipidemia ini sangat berguna untuk terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati dan kolesterol dalam jumlah yang terlalu tinggi. Adapun saponin berfungsi untuk menurunkan aktifitas kolesterol.

6Cara Mengonsumsi Biji Pepaya

traditionaloven.com

Banyak sekali bukan manfaat biji pepaya ini? Terus bagaimana cara mengonsumsinya? Ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi biji pepaya.

Dijadikan jus bersama buah pepaya. Cara ini sangat mudah dan juga bisa sekalian meminum jus pepaya yang sehat dan menyegarkan. Kalau anda tidak suka pepaya bisa juga dijus tanpa buahnya.

Sebagai minuman hangat serbuk biji. Jemur dahulu biji pepaya 2-3 hari, setelah kering haluskan biji. Seduh serbuk dengan air panas, bisa ditambah gula atau madu untuk menambah rasa.

Untuk mengobati sirosis hati, haluskan 5 butir buah pepaya campur dengan satu sendok teh dan sari jeruk nipis segar. Minum sesuai dengan anjuran dokter.

7Efek Samping

ibubidanku.blogspot.com

Hindari mengonsumsi pada wanita hamil. Karena pada biji pepaya terdapat zat yang bisa memicu keguguran pada janin. Konsumsi yang berlebihan akan dapat mengurangi kesuburan pada pria.