Jika selama ini setiap kamu makan pepaya, maka biji-bijinya yang berwarna hitam itu dibuang begitu saja, sekarang kamu harus berpikir ulang untuk tak membuangnya.

Kenapa? Karena biji pepaya ternyata punya manfaat besar untuk kesehatan lho. Percaya atau tidak, biji pepaya bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan, mulai dari masalah kesehatan yang ringan sampai berat.

Penasaran? Cek 9 manfaatnya berikut ini.

1Sirosis Hati

1health.id

Biji pepaya ternyata bisa menjadi obat alami untuk membantu mengatasi penyakit yang cukup berat, yaitu sirosis hati.

Pengobatan di Negara Cina biasanya menggunakan takaran sesendok teh biji pepaya untuk dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter untuk mengobati sirosis hati secara alami.

Berdasarkan penelitian dan percobaan yang sudah dilakukan, membuktikan bahwa konsumsi biji pepaya dengan perasan air jeruk nipis selama dua bulan telah terbukti menyembuhkan sirosis hati secara efektif.

2Antivirus

m.keepo.me

Biji pepaya juga bekerja sebagai antivirus lho. Konsumsi biji pepaya secara teratur dinilai dapat membantumu menyembuhkan infeksi virus ringan, sekaligus menjaga kekebalan tubuh.

3Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

obatkankerherbaltradisional.blogspot.com

Jika sudah ada tanda-tanda bahwa di dalam tubuhmu berkembang sel kanker, maka biji pepaya dipercaya dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor

Jenis penyakit kanker tersebut antara lain kanker usus besar, kanker payudara, kanker darah (leukemia), kanker paru-paru, dan kanker prostat.

4Ginjal

obatkankerherbaltradisional.blogspot.com

Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan juga membuktikan bahwa biji pepaya baik untuk kesehatan ginjal, bahkan bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.

Biji Pepaya akan menjadi suplemen atau gizi pelindung bagi kesehatan ginjal. Peneliatian telah menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun berbahaya.

5Obat Cacing

Biji pepaya terbukti bisa membunuh cacing parasit yang ada sebelumnya di dalam usus. Kandungan alkaloid yang disebut carpaine inilah yang membantu membasmi sumber masalah pada sistem pencernaan seseorang.

Itulah mengapa bagi sebagian orang, biji pepaya sering digunakan sebagai obat untuk menghilangkan cacing kremi.

6Memperlancar Sistem Pencernaan

slideshare.net

Sama seperti buahnya, biji pepaya juga meningkatkan kesehatan dan membantu memperlancar sistem pencernaan.

Biji pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein sehingga dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

7Membasmi Bakteri Jahat

sulaiman-analis.blogspot.com

Biji pepaya sebagai antibakteri yang dapat membantu tubuh memperkuat imunitasnya agar tak mudah sakit, tak mudah terserang bakteri jahat.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan telah menemukan bukti nyata bahwa biji pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staphylococcus.

Maka kamu tak perlu khawatir lagi akan menghabiskan uang untuk membeli vitamin, suplemen, dll. Sudah ada biji pepaya yang murah meriah dan menyehatkan.

8Anti Kolesterol

kompasiana.com

Biji pepaya mengandung zat antikolesterol yang hebat. Biji buah pepaya juga berguna sebagai antioksidan dalam darah.

Kandungan tersebut telah teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya yang ternyata secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Kandungan saponin yang terdapat dalam biji buah pepaya bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum, seperti aksi resin, yaitu dengan cara mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

9Antioksidan

tipspetani.blogspot.com

Ekstrak biji buah pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, anthraquinones, dan anthocyanosides. Zat kimia ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk semakin mendukung kinerja imun.

Dengan adanya kandungan tersebut maka biji buah pepaya mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan yang dibutuhkan dalam darah.