Buah satu ini memang belum lazim dikenal di masyarakat umum. Selain harganya mahal, buah satu ini juga tidak bisa ditemukan di sembarang tempat.

Sekilas, buah bit mirip dengan ubi jalar dengan kulit merah. Tapi, saat dibelah, daging buah bit berwarna merah darah. Buah bit juga memiliki rasa yang sangat khas. Buah ini bisa dinikmati sebagai jus buah bit tanpa gula atau dimakan langsung.

Khasiat yang dikandung buah bit ternyata luar biasa. Buah bit kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, terutama untuk ibu hamil dan bayi.

Buah bit mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, serat, asam folat, caumarin, fosfor, betasianin, kalium, triptofan, zat besi dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut manfaat buah bit bagi ibu hamil dan juga bayi.

1Menjaga Imunitas Ibu Hamil

blog.tokopedia.com

Bagi ibu hamil yang ingin imunitas atau kekebalannya terjaga, dapat mengonsumsi buah bit ini. Jika imunitas baik, maka ibu maupun calon bayi akan tahan dan tidak mudah terkena penyakit.

Bagi kamu ibu hamil, buah bit dapat dikonsumi dengan cara dibuat jus. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah bit akan membuat kamu memiliki imunitas yang baik.

2Menurunkan Kolesterol pada Ibu Hamil

ahlikolesterol.com

Hamil, adalah masa di mana berat badan sulit dikontrol. Berat badan ibu biasanya meningkat seiring semakin bertambahnya usia janin. Pada saat itu, kadar kolesterol pada ibu hamil juga ikut naik.

Untuk mengendalikannya, ibu dapat mengonsumsi buah bit. Buah bit dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Jus buah bit akan terasa khasiatnya jika dikonsumsi secara rutin.

3Pencegahan Dini pada Kanker

barokahassyifa.com

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah bit dapat membantu pencegahan dini pada kanker.

Selain makanan bergizi, ibu hamil juga butuh nutrisi untuk memastikan pertumbuhan janinnya tidak terganggu oleh apapun. Selain untuk ibu hamil, buah bit ternyata juga bermanfaat untuk bayi. Berikut ini manfaat buah bit untuk bayi.

4Untuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi Bayi

pamapedia.com

Kebutuhan kalsium dan fosfor pada masa pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi dapat dipenuhi, salah satunya dengan buah bit ini.

Jika kebutuhan bayi akan dua zat ini terpenuhi, gigi bayi akan tumbuh dengan baik. Selain itu, dengan tulang yang kuat, bayi juga akan mudah merangkak dan berjalan.

5Menyetabilkan Darah pada Bayi

ibu-hamil.web.id

Dalam masa pertumbuhan, bayi rentan mengalami kekurangan darah. Masalah ini dapat diatasi dengan buah bit.

Buat bit dapat membantu memperbaiki dan menciptakan hemogolobin dalam darah bayi. Sehingga sel darah merah pada bayi dapat stabil. Akhirnya, bayi bisa terhindar dari anemia atau kurang darah.

6Mencegah Radang Pada Bayi

gigisusu.net

Peradangan sering terjadi pada bayi, baik disebabkan virus ataupun oleh bakteri. Tapi kamu bisa menggunakan buat bit untuk mengatasi masalah ini. Kandungan mineral dalam buat bit dipercaya dapat menahan dan mencegah peradangan yang biasanya dialami oleh bayi.

7Mata Bayi yang Sehat

gigisusu.net

Kandungan betakaroten pada buah bit ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan mata. Agar mata bayi tetap terjaga dan sehat, kamu bisa memberikan buah bit ini pada bayi secara rutin.

8Merangsang Kecerdasan Otak Bayi

liputanislam.com

Selain asupan gizi yang cukup, buah bit juga dapat diberikan pada bayi untuk merangsang perkembangan otaknya. Konsumsi buah bit secara rutin pada bayi bisa membuat bayi menjadi cerdas nantinya.

Demikianlah manfaat buah bit bagi ibu hamil dan juga bayi. Selain ibu hamil dan bayi, buah bit juga dapat dikonsumsi oleh siapa saja yang membutuhkan. Manfaat yang didapat juga tidak akan jauh berbeda. Selamat mencoba.