Jeruk merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai dan banyak ditemukan di berbagai daerah bahkan di berbagai negara di dunia.

Buah yang satu ini memiliki rasa manis dan segar sehingga tak heran banyak yang menyukai baik orang dewasa maupun anak-anak.

Buah ini dapat dimakan langsung dengan mengupas kulit dan mengambil dagingnya. Atupun dapat dibuat sebagai minuman dingin maupun hangat.

Selain memiliki tampilan warna orange yang menawan, jeruk memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Bagi ibu hamil, rasa segar dari buah jeruk mungkin dapat menghilangkan rasa mual berlebihan ketika memasuki trimester pertama kehamilan.

Jeruk memiliki berbagai nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk ibu hamil. Beberpa nutrisi yang ada di dalam buah jeruk antara lain Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, folat, asam pantotenat, Vitamin B6, kalium, fosfor, za besi, kalium dan magnesium.

Nah, melihat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah jeruk, maka buah ini memang sangat sehat untuk ibu hamil.

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangat bermanfaat bagi kesehatan sang ibu dan calon buah hati yang ada di dalam kandungan.

Vitamin C ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pelepasan zat besi.

Tahu kah kamu,berdasarkan hasil penelitian ibu hamil yang memiliki asupan vitamin C selama kehamilan dapat mengurangi resiko penyakit alergi pada bayi dan menjaga otak bayi agar sehat.

Nah, berikut manfaat mengkonsumsi buah jeruk bagi ibu hamil.

1Mengatasi Dehidrasi

agitolearninternet.files.wordpress.com

Buah jeruk menyediakan kalium dan natrium yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ya buah yang satu ini berperan baik sebagai asupan cairan harian. Tentu selama kehamilan jangan sampai tubuh kekurangan air.

Selain itu kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi. Zat besi ini merupakan bagian terpenting bagi ibu hamil karena berfungsi dalam memproduksi sel-sel darah merah.

Mengkonsumsi jeruk dengan rutin akan berdampak baik bagi kesehatan selama kehamilan.

2Sumber Folat

www.biologi-sel.com

Asam folat merupakan senyawa yang dengan sangat mudah diserap bayi melalui rahim. Sehingga kandungan yang paling baik untuk ibu hamil adalah asam folat yang banyak terkandung di dalam buah jeruk.

Baca juga: Manfaat Buah Manggis untuk Mencegah Kanker Hingga Kecantikan

Folat berperan dalam membentukan sel darah merah dan jaringan baru. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jeruk setiap harinya.

3Mengobati Batu Ginjal

health.liputan6.com

Tahukah kamu dengan mengkonsumsi buah jeruk setiap hari selama kehamilan dapat meningkatkan nilai pH urine. Maka dari itu buah jeruk sangat bagus untuk mengobati masalah batu ginjal.

4Menjaga Pernapasan

obatparuparukronis.com

Jeruk mengandung karotenoid yang tinggi sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pernapasan selama kehamilan.

Bagi ibu hamil kesehatan pernapasan tentu sangat penting sehinga bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat karena sirkulasi udara yang baik.

5Membantu Memelihara Tekanan Darah

tokoalkes.com

Adalah hal yang wajar dialami ibu hamil yakni masalah tekanan darah yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Jeruk mengandung kalium kurang lebih 338 miligram. Kandungan yang tinggi dalam buah jeruk bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

Maka dari itu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah jeruk secara rutin agar ibu hamil bisa tetap sehat.

6Mencegah Sembelit

disehat.com

Jeruk memiliki kandungan serat yang sangat baik. Serat tersebut mudah larut daalm air, hal ini menjadi salah satu keunggulan dari buah jeruk.

Nah, kandungan serat tersebut dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari sembelit. Rasanya yang segar dan manis juga menyehatkan untuk ibu hamil.

7Memelihara Kesehatan Mata Bagi Janin

berkhasiat.web.id

Tahukah kamu kesehatan mata pada janin sudah ditentukan sejak dalam kandungan. Maka dari itu asupan gizi yang baik bagi ibu hamil sangat perlu diperhatikan.

Jeruk mengandung senyawa karotenoid yang menghasilkan vitamin A. Sehingga jeruk sangat baik dalam pembentukan penglihatan pada janin.

Luar biasa kan manfaat buah jeruk bagi ibu hamil?

Bagi kamu yang saat ini tengah menjalani masa kehamilan jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang baik.