Buah yang Merah Keunguan ini punya rasa yang Nikmat jadi tidak heran apabila banyak orang-orang yang suka pada Buah yang satu ini. Buah manggis, buah yang satu ini tentu sudah tak asing bagi kita. Perkembangan buah manggis sangat pesat di Indonesia.

Hampir setiap hari kita mendengar iklan mengenai buah super ini, mulai dari testimonial konsumen dan informasi mengenai manfaat bagian-bagian buahnya.

Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrim, selatan Florida.

Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya.

Kenyataan di lapangan menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun.

Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6–8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.

Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang.

Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.

Buah manggis ini juga sering disebut dengan sebutan buah ratu atau Queen Of Tropical Fruits, karena pada buah manggis terdapat mahkota di atasnya yang mirip dengan mahkota seorang ratu.

Buah yang dalam bahasa latin disebut Garcinia mangostana ini ternyata tak hanya memiliki bentuk yang unik, rasa buah yang manis serta enak dilihat, namun juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Dibalik kulit buahnya yang keras, buah dengan warna merah keunguan ini memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Berawal dari tahun 1993, semenjak itulah kulit buah manggis yang berakhir ditempat sampah sekarang bisa menjadi suatu hal yang lebih berguna bagi manusia. Oleh karena itulah, tak mengherankan jika manfaat kulit manggis Garcia menjadi buruan hangat saat ini. Telah banyak jurnal-jurnal yang membuktikan keampuhan dari khasiat kulit manggis ini.

Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat bermanfaat di dunia.

Kulit buah manggis dikenal sebagai ratunya kulit buah dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak. Dibalik rasa pahit, anyir dan berwarna merah ini terdapat beribu khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kita.

Selain zat super yang dinamakan xanthones, manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi, diantaranya vitamin C, BI & B2, zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan lainnya.

Kulit manggis yang diolah seperti apapun baik secara tradisional maupun modern, akan menghasilkan khasiat alami untuk terapi herbal yang minimal efek samping. Seperti kulit manggir yang direbus.

Meskipun cara tradisional ini sekarang banyak ditinggalkan, tetapi manfaat yang bisa didapatkan adalah sama karena pada intinya kulit manggis terletak pada sarinya.

Cara merebus yang tidak bisa menghilangkan rasa pahit kulit manggis kini bisa disiasati dengan konsumsi ekstrak yang banyak dijual di apotek. Konsumsi kulit manggis setiap hari dapat memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi tubuh.

Dalam kulit manggis terkandung 62,05% air, 0,63% lemak, 0,71% protein, serta 35,61% karbohidrat. Nilai gizi yang tidak bisa diabaikan ini terbukti memiliki kontribusi yang besar dalam melawan segala jenis bibit penyakit yang mengancam tubuh.

Penyakit degeneratif dan mematikan seperti penyakit jantung, HIV AIDS, kanker, diabetes, stroke, dan masih banyak yang lain bisa dicegah dan diturunkan resikonya dengan menggunakan kulit manggis.

Bahkan zat anti-oksidan dalam manfaat kulit manggis dapat memberikan efek positif bagi kecantikan kulit dan efek perawatan dari dalam tubuh manusia.

Nah, sekarang kamu tahu kan buah manggis sangat kaya akan nutrisi sehat. Berikut manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh.

1Mencegah Kanker

tipssehatbebasdarikanker.com

Buah manggis memiliki sifat anti kanker. Senyawa xanthones yang terdapat pada buah manggis bermanfaat untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar dan kanker hati.

Bahkan kandungan xanthones juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel pertumbuhan penyakit leukimia.

2Menangkal Radikal Bebas

www.tokosehat.net

Manggis adalah salah satu buah-buahan yang diketahui mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit.

Nah, bagi kamu yang tidak menyukai buah ini, tidak ada salahnya jika kamu mulai mencobanya. Selain rasanya yang manis dan segar juga berkhasiat sebagai pengakal radikal bebas.

3Kandungan Buah Manggis untuk Kecantikan

cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, kulit berminyak, noda kulit dan kulit kering dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah manggis.

Mengapa? Perlu kita ketahui bahwa buah manggis memiliki sifat antibakteri alami dan juga anti mikroba yang efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit.

Selain itu senyawa xanthone dalam kulit buah manggis adalah yang tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat memperbaiki sel yang rusak dan menyembuhkan penyakit kulit.

4Melancarkan peredaran darah

yessianggunperdana.web.unej.ac.id

Apakah kamu sering merasakan nyeri pada dada yang begitu hebat? Atau mempunyai kolesterol tinggi? Tidak ada salahnya kamu mencoba mengkonsumsi buah manggis.

Buah manggis mempunyai peranan dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia.

Hal ini dikarenakan buah manggis mampu meningkatkan aliran darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti kolesterol dan nyeri pada dada yang parah.

Selain itu juga dapat mencegah penyakit katarak karena melakukan peredaran darah yang lancar.

5Mencegah Penyakit Diabetes

dieteticdirections.com

Diabetes merupakan kondisi medis yang juga umum pada masyarakat modern. Selain faktor keturunan pola gaya hidup yang kurang sehat menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

Salah satunya pola makan yang tidak terkontrol sehingga kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Resiko diabetes akan mengintai siapa saja jika melakukan sistem pertahanan dengan obat yang salah.

Manggis adalah salah satu obat alami yang efektif dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik untuk mencegah diabetes.

6Menurunkan Berat Badan

yukkitadiet.com

Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya.

Ternyata kandungan xanthone selain bermanfaat untuk anti kanker dan mencegah diebetes, zat xanthone ini juga bemanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membran yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh.

Jadi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, memasukkan manggis ke dalam menu diet mungkin efektif agar program dietmu berhasil.

Banyak sekali manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Tak menyangka dibalik kulitnya yang keras buah ini ternyata mengandung khasiat yang luar biasa.

Bagi kamu yang ingin hidup sehat, perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, salah satunya buah manggis. Silahkan mencoba.

7Baik Untuk Pencernaan

www.duniainformasikesehatan.com

Manfaat kulit manggis ternyata juga dapat membantu pencernaan, pencernaan yang baik merupakan sumber kesehatan kita. Beberapa penyakit pencernaan akan menyebabkan masalah kronis seperti kanker usus dan rusaknya fungsi tubuh secara keseluruhan. Kulit manggis membantu pencernaan agar bersih dan dapat berfungsi normal.

8Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil

www.vemale.com

Buah ini memiliki karakteristik rasa yang lembut, manis dan menyegarkan. Ibu hamil biasanya banyak makan buah manggis untuk mengatasi rasa mual atau haus berlebihan.

Buah manggis masih menjadi misteri untuk semua ibu hamil. Beberapa orang mengatakan bahwa buah manggis merupakan larangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun jika melihat kandungan di dalamnya bisa dikatakan bahwa buah manggis bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Jadi, mari kita buktikan bahwa buah manggis mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Ibu hamil membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan. Folat diperlukan dalam gizi ibu hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak.

Manggis memiliki kandungan folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis, jumlah ini tentu sangat besar. Manfaat manggis untuk ibu hamil membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.

Manggis juga mengandung sekitar 0,3 miligram mangan dalam setiap 50 gram daging buah. Semua ibu hamil membutuhkan mangan untuk membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin.

Kesempurnaan bentuk dan fisik dari bayi ditentukan dari jumlah kecukupan asupan mangan. Buah manggis sangat baik dikonsumsi saat mulai tanda tanda kehamilan di trimester pertama. Bahkan mangan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

Ibu hamil membutuhkan asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang berperan untuk membentuk dukungan imun tubuh yang kuat selama kehamilan. Manggis kaya dengan sumber vitamin C, bahkan dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.

Vitamin C berperan untuk meningkatkan kesehatan ibu, menjaga sistem kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi kuman dan bakteri, serta mempersiapkan kulit ibu hamil saat janin tumbuh besar.

Serat adalah salah satu zat khusus yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama saat masuk ke trimester pertama. Ibu hamil selalu mengalami gangguan kehamilan seperti sembelit dan rasa tidak nyaman karena pengaruh hormon pada sistem pencernaan.

Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat. Kebutuhan wanita hamil sekitar 26 gram serat setiap hari. Serat pada buah manggis akan mengurangi rasa sembelit.

Manggis juga mampu mencegah preklamsia pada ibu hamil. Preklamsia adalah sebuah kondisi yang bisa terjadi pada semua ibu hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, karena pola makan yang buruk dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil.

Kondisi ini bisa menjadi penyebab keguguran, kematian ibu dan janin, kelahiran prematur dan cacat janin. Konsumsi buah manggis setidaknya 2 buah sehari akan mengurangi semua resiko preklamsia. Manfaat manggis untuk ibu hamil mampu mempengaruhi tekanan darah dan penyerapan protein dalam darah.

Selama hamil juga, kulit bagian perut ibu hamil akan merenggang sesuai dengan perkembangan janin yang terus membesar. Ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula setelah kelahiran. Manggis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Vitamin C juga mendukung agar kulit ibu bisa menjadi lentur sesuai dengan kondisi dan ukuran janin.

Bagi ibu hamil yang memiliki kolesterol tinggi akan mendatangkan resiko kesehatan yang cukup buruk untuk tubuhnya sendiri dan juga janin. Ibu hamil harus mencukupi asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Tapi untuk menurunkan kolesterol maka ibu hamil memerlukan camilan yang sehat.

Buah buahan untuk ibu hamil seperti manggis ini, rendah kalori dan juga tidak mengandung kolesterol. Manggis bisa menjadi camilan yang menyehatkan untuk ibu hamil dengan riwayat tinggi kolesterol.

Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang pencernaan yang buruk dan kesehatan yang kurang baik. Hal ini dipengaruhi karena tubuh sedang mempersiapkan pertumbuhan janin. Untuk mencegah semua masalah ini maka ibu hamil bisa makan buah manggis secara rutin.

Manfaat manggis untuk ibu hamil mengandung vitamin B kompleks yang mendukung proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Makanan yang masuk ke tubuh ibu hamil bisa dicerna dengan baik dan kesehatan ibu hamil akan tetap terjaga.

Manggis adalah adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung kalium. Kalium diperlukan oleh ibu hamil untuk mengontrol detak jantung, memelihara kesehatan jantung janin dan juga sistem tekanan darah. Manggis akan melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai gangguan penyakit jantung.

Kalium juga bisa didapatkan dari manfaat kurma untuk ibu hamil.

Banyak ibu hamil yang merasa memiliki penampilan buruk selama hamil hingga setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena ibu hamil memiliki sel kulit mati yang lebih besar pada kulit. Untuk menghindari semua resiko ini maka konsumsi buah manggis yang mengandung senyawa xanthon.

Senyawa ini akan memberikan perlindungan kepada kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mati dan rusak.

Tapi jangan terkejut apabila setelah mengkonsumsi manggis atau kulit manggis kamu mengalami beberapa keluhan. Karena buah manggis juga memiliki efek samping. Seperti alergi ringan, atau bahkan alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh.

Manfaat kulit manggis juga tidak hanya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, namun dapat bermanfaat untuk perawatan kecantikan.

Khusus untuk wanita, Anda pasti menyukai khasiat dari kulit buah manggis yaitu membuat kamu lebih awet muda. Kandungan anti oksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan pada kamu yang mengalami berbagai penyakit kulit.

Caranya adalah dengan mengolah kulit buah manggis menjadi minuman yang dikonsumsi secara rutin. Minuman sari kulit buah manggis terkenal dengan nama sirup xanthone. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya dengan mencuci bersih kulit 2 buah manggis dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa mengolah jus buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis, kamu bisa menambahkan madu.

Bicara soal olahan manggis, berikut ini ada beberapa cara mengolah buah manggis yang bisa kamu coba ya.

9Es Krim Manggis

7manfaat.blogspot.com

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

500 gr kulit buah manggis, jemur hingga kering kurang lebih satu hari penuh
2 butir telur
125 gr gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
500 liter susu cair

Cara membuatnya juga sangat mudah lho.

Siapkan kulit manggis tanpa buah, cuci bersih kemudian jemur sampai kulit manggis kering. Lalu parut kulit manggis yang sudah kering sampai menjadi bubuk kulit manggis.

Campurkan bubuk kulit manggis dengan telur, kocok perlahan. Tambahkan gula pasir, vanili dan garam. Kocok kembali sampai rata. Kemudian masukan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai adonan es krim mengembang.

Tuang adonan ke dalam mangkuk stainless steel, masukan ke dalam freezer. Tunggu sampai setengah beku, kemudian kocok lagi. Simpan kembali di dalam freezer. Tunggu lagi sampai setengah beku, kemudian kocok kembali. Ulangi terus sampai tiga kali sampai es krim menjadi lembut.

Setelah kocokan ketiga, tuang es krim ke dalam cup-cup kecil. Dapat pula dengan memberi taburan choco chips di atasnya. Simpan es krim di dalam freezer sampai beku.

10Milk Shake Manggis

www.konsultankolesterol.com

Bahan-bahan :

3 buah manggis yang telah matang

50 ml susu cair

1 sdm simple sirup. Jika tidak ada anda bisa menggunakan gula pasir sebagai penggantinya

Es serut secukupnya

Kupas beberapa buah manggis dan buang bijinya. Lalu campurkan semua bahan, yakni manggis, susu cair, es serut dan sirup. Blender semua bahan hingga halus. Milk Shake manggis Siap disajikan.

Mudah bukan? Untuk penakaran porsi, tergantung seleramu saja.

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan buah manggis, kamu bisa mencobanya di kebun dekat rumah.

Ada petani yang beranggapan bahwa kalau menanam manggis, cukup menanamnya dengan menggunakan bibit dari biji. Toh nanti hasilnya akan persis sama dengan induknya. Pendapat ini memang ada benarnya mengingat manggis bersifat aporniksis.

Akan tetapi, perlu diingat walaupun buahnya akan persis sama dengan induknya, tanaman manggis asal biji baru akan berubah awal atau berbuah pertama kali setelah berumur sepuluh tahun atau lebih semenjak tanam.

Sebaliknya, kalau kita menanam bibit vegetative, tanaman manggis akan berubah setelah berumur lima tahun setelah tanam. Bibit manggis yang ada saat ini terdiri dari bibit asal biji, sambungan, dan susunan.

Bibit yang baru dibeli sebaiknya janagn langsung ditanam. Suhu yang panas dan adanya goncanagn selama pengangkutan menyebabkan bibit menjadi stress.oleh kareana itu, pemulihan kondisi iklim dilokasi yang baru belum tentu sama dengan iklim ditempat asal bibit sehingga perlu waktu untuk penyesuaian dengan lingkungan yang baru.

Waktu yang diperlukan oleh bibit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru bisa bervariasi dari 2 minggu hingga beberapa bulan, tergantung dari kondisi kesegarannya. Ini bisa diamati dari adanya tanda-tanda pertumbuhan pada bibit tersebut.

Setelah bibit kelihatan segar, bibit bisa ditanam dikebun. Akan tetapi, bila waktu penanamannya masih lama, sebaiknya selain disiram bibit diberi pupuk daun. Bibit daun yang bisa dipergunakan antara lain Forest, supermes, atau algafer dengan konsentrasi berbeda-beda sesuai petunjuk pada kemasannya.

Larutan pupuk ini disemprotkan ke bagian bawah dan atas permukaan daun secara merata. Untuk menjaga pertumbuhan yang baik, pemupukan dapat dilakukan setiap minggu. Penyemprotan dengan insektisida dan fungisida hanya dilakukan bila terdapat gejala serangan hama dan cendawan.

Tidak hanya buahnya saja yang mengandung banyak manfaat dari manggis, kulit dan daunnya juga memberikan banyak kebaikan bagi tubuh manusia.

Daun manggis dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker. Khususnya penyakit kanker hati, usus dan paru-paru, karena ekstrak atau sari dari daun manggis dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Ekstrak dari daun manggis mengandung catechins yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Dikatakan bahwa zat ini lebih efektif dari pada vitamin C dan Vitamin E dalam melawan radikal bebas.

Karena ekstrak yang terkandung pada daun manggis dapat melunakkan lemak yang mengeras, maka daun manggis ini pun bisa di gunakan sebagai obat bagi penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi yang sebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah oleh partikel-partikel terutama lemak.

Salah satu faktor penyebab sakit mata adalah karena terkumpulnya lemak pada mata yang menyebabkan mata menjadi minus. Oleh karena itu ekstrak dari daun manggis pun bermanfaat untuk mengobati mata.

Namun demikian, terkadang terjadi kesalahpahaman dalam mengkonsumsi buah manggis ini. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa ada beberapa pantangan yang harus ditaati ketika kamu akan mengkonsumsi manggis.

Makan manggis dengan gula, ataupun minuman dan juga makanan yang memiliki kandungan gula memiliki beberapa dampak buruk dan juga disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini tidak lepas dari reaksi antar kandungan gula yang sama-sama tinggi yang terkandung di dalam buah manggis.

Bahaya pertama yang dapat muncul apabila kamu makan manggis dan gula secara bersamaan adalah dapat menyebabkan munculnya resiko mengalami mabuk. Mabuk ini biasanya dengan gejala mual, pusing, dan vertigo.

Bahaya berikutnya yang dapat muncul ketika anda makan manggis dan gula secara bersamaan adalah dapat menyebabkan meningkatnya gula darah secara drastis. Ya, kedua jenis makanan ini memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi apabika digabungkan. Mengkonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan tentu saja dapat menyebabkan terjadinya gula darah anda menjadi naik secara drastis dan signifikan.

Bahaya makan manggis dan gula bersamaan lainnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa sangat lemas dan juga mengantuk. Hal ini memiliki kaitan yang sangat erta dengan meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Hal ini akan meyebabkan tubuh merasa tidak dapat mengerjakan berbagai aktivitas, kemungkinan mengalami pusing dan juga sakit pada bagian kepala kamu.

Tapi jangan khawatir ya gaes, jika kamu memahami bagaimana cara mengkonsumsi manggis yang baik dan benar, pasti manfaat dan khasiat dari buah manggis tersebut akan terasa dan tidak menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Untuk lebih mengetahui soal buah-buahan, ada baiknya kamu mencari tahu buah apa saja yang tidak bisa dimakan bersamaan dengan makanan lainnya.

Banyaknya manfaat kulit manggis ini mudah mudahan dapat membantu kita menjaga dan menumbuhkan budaya konsumsi obat alami.

SHARE