Siapa saja tentu sangat menyukai buah yang satu ini, buah naga adalah buah yang memiliki rasa yang manis serta mempunyai banyak khasiat dalam bidang kesehatan tubuh.

Buah naga (Hylocereus undatus) adalah buah yang berasal dari Meksiko. Di negara asalnya, buah Naga di kenal dengan nama Pitaya atau Pitahaya dan pada awalnya tanaman ini hanya dijadikan sebagai hiasan karena warna merah yang dimiliki buah ini sangat menyolok.

Meskipun begitu buah naga ini aslinya berasal dari negara Amerika, karena pertumbuhan buah naga ini sangatlah baik. Buah naga berbentuk bulat lonjong dan memiliki daun – daun cukup tajam yang berwarna hijau di setiap kulitnya.

Seperti yang saya katakan tadi, kalau buah naga ini banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain memiliki banyak gizi,  buah naga juga banyak mengandung manfaat yang sangat baik.

Selain itu bentuk tektur buah ini unik bersisik seperti kulit naga membuat orang menjadi penasaran terhadap buah tersebut. Buah naga memiliki 2 jenis, yakni buah naga merah dan buah naga putih.

Buah naga merah lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan buah naga putih.

Salah satunya adalah buah naga merah dapat digunakan sebagai indikator untuk mendeteksi makanan yang mengandung formalin dan boraks.

Masih banyak makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya itu. Contohnya bakso, siomay, lontong, ayam, dan masih banyak lagi. Menjaga diri agar tetap sehat dan terhindar dari bahan-bahan berbahaya itu adalah wajib hukumnya. Adanya inovasi baru dari siswa dan anak bangsa perlu diacungi jempol. Karena sangat bermanfaat buat kita semua.

Caranya sangat mudah. Potong-potong kulit buah naga. Masukkan ke dalam gelas, campur dengan air putih / air tawar, lalu beri air perasan jeruk nipis. Eits, ini bukan untuk es campur lho ya. Hihi.

Nah, setelah semuanya tercampur, tunggu hingga air berubah warna menjadi merah. Setelah airnya merah, ambil selembar tissue dan lipatlah. Celupkan tissue yang sudah dilipat tadi kedalam air rendaman kulit buah naga.

Setelah basah lalu tempelkan diatas makanan yang hendak diteliti. Misalnya kita mau mendeteksi adanya formalin dalam tahu, maka potong tahu menjadi dua dan tempelkan tissue yang sudah diceluplan diatas tahu tersebut.

Tunggu selama 10 menit. Bila warna merah tissue memudar, maka tahu tersebut tidak mengandung formalin / boraks dan aman untuk dikonsumsi. Sebaliknya bila tidak memudar, maka tahu tersebut mengandung formalin.

Selain itu, praktik pada teh yang mengandung boraks akan menjadi coklat, dan yang tidak mengandung boraks akan menjadi merah muda seperti warna asal kulit buah naga.

Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning.

Keempat macam buah naga ini pada dasarnya sama-sama memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya.

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh.

1Menurunkan Kolesterol

obatsakit2011.blogspot.com

Bagi masyarakat Indonesia, penyakit yang sering dijumpai adalah penyakit kolesterol tinggi karena pola konsumsi yang tidak sehat dan kurangnya olahraga untuk menyeimbangkannya.

Ternyata, buah naga merah memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Karena buah naga merah mengandung senyawa berupa vitamin B yang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hypertensi.

2Memperbaiki Sistem Pencernaan

ediponorogo.wordpress.com

Dengan rutin mengkonsumsi buah naga merah, maka kesehatan pencernaan akan semakin baik.

Dan juga apabila terjadi masalah dalam sistem pencernaan kita maka si merah yang lezat ini dapat menjadi obat yang sangat nikmat.

Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini dapat menjadi andalan saat kita mengalami gangguan pencernaan.

Bahkan bagi kamu yang juga sedang menjalani program diet, tingginya serat dan kalorinya yang rendah sangat tepat untuk dijadikan pilihan.

3Kesehatan Mata

dbagus.com

Selain wortel ternyata buah naga merah juga memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi, hal ini berarti buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kita.

Dibandingkan dengan wortel yang terkadang sangat tidak disukai oleh anak-anak, buah naga merah dapat menjadi pilihan para ibu untuk menjaga kesehatan mata sang buah hati tercinta.

Kamu bisa menyajikan buah naga dalam bentuk jus segar. Sehingga siapapun yang mengkonsumsinya tidak akan bosan walau harus diminum setiap hari. Tapi kamu juga mengkonsumsinya secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

4Anti Kanker

arrahmah.com

Penyakit kanker termasuk penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Buah naga merah juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam bidang kesehatan, kandungan anti oksidan yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker.

Buah ini sangat kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker.

Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

Hal ini tentu saja sangat berguna bagi kita dalam memelihara kesehatan tubuh dari penyakit yang sangat berbahaya ini. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

5Meningkatkan Kekebalan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com

Kandungan vitamin C dalam buah naga merah berguna untuk menjaga kekebalan tubuh kita dari serangan berbagai virus penyebab penyakit.

Selain itu, juga terdapat kandungan protein dan potassium yang dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang.

6Mengurangi Resiko Diabetes Melitus

tropicanaslim.com

Buah yang berasal dari benua Amerika ini mengandung vitamin B3 yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Meskipun buah naga merah mengandung gula, namun karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kadar gula yang dapat terkontrol di dalam tubuh secara otomatis dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

Bagi kamu yang memiliki keturunan berisiko penyakit ini. Disarankan untuk rutin mengkonsumsinya.

Semakin kamu rutin mengkonsumsinya, ancaman penyakit ini akan semakin dapat kamu kendalikan.

7Menjaga Kesehatan Tulang

solusikesehatankita.wordpress.com

Bila kamu mencari alternatif untuk pasokan utama kalsium selain susu dan olahannya, maka buah naga bisa menjadi pilihannya.

Menurut FAO, badan PBB yang mengurusi bidang pangan dunia, menyatakan bahwa kandungan kalsium dan fosfor dalam buah naga cukup tinggi.

Buah ini mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya mencukupi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah, dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu.

Namun buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah lumayan. Perlu diingat bahwa zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

Menjaga kekuatan tulang menjadi solusi atas ancaman penyakit pengeroposan tulang dan permasalahan tulang lainnya. Khususnya untuk menghadapi hari tua.

8Baik Untuk Program Diet

ibujemari.blogspot.com

Bagi kamu yang sedang atau berencana untuk melakukan program diet, buah naga merah ternyata termasuk buah yang bagus untuk diet, cocok untuk program menurunkan berat badan.

Buah ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu memenuhi asupan gizi harian kamu selama diet. Kemudian buah ini sangat sedikit kandungan kalorinya, hanya sekitar 10% kandungan buah ini yang merupakan karbohidrat. Untuk setiap 100 gram, buah ini hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat harian sebanyak 3%. Sangat sedikit bukan?

Hal berikutnya yang dapat membantu program diet menurunkan berat badan adalah kandungan serat pada buah ini. Serat akan membantu memperlancar pencernaan, membantu penyerapan nutrisi makanan dengan lebih optimal.

Saat diet kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan, namun tentu saja tetap penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Disinilah pentingnya sistem pencernaan yang dapat bekerja secara lancar.

9Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Lainnya

surabaya.tribunnews.com

Selain memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit, buah naga merah masih memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Di atas telah disebutkan bahwa antioksidan dalam buah naga ini dapat mencegah kanker, namun sebenarnya tidak hanya itu saja.

Antioksidan yang berasal dari vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara keseluruhan, sehingga Anda tidak mudah sakit. Rajin mengonsumsi buah ini akan membuat Anda jarang terkena penyakit-penyakit ringan macam flu, batuk, sariawan, sakit tenggorokan, dan yang lainnya.

Kemudian biji buah ini sangat kaya akan asam lemak esensial. Asam lemak jenis ini cukup sulit didapatkan, paling banyak biasanya terdapat pada minyak ikan, kemudian minyak dari biji-bijian.

Kenapa dinamakan esensial? karena asam lemak ini sangat penting untuk tubuh, yang mana kebutuhannya mutlak untuk dipenuhi. Nutrisi ini penting kebutuhan kesehatan tubuh pada tingkat sel.

Untuk mendapatkan asam lemak esensial ini yang perlu kamu perhatikan adalah harus mengonsumsi buah naga ini dengan cara di jus atau di blender, karena sistem pencernaan kita tidak mampu untuk menghancurkan biji buah naga dengan sendirinya.

Sampai saat ini masih belum ditemukan efek samping konsumsi buah naga, buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, penderita diabetes, penyakit jantung, hingga penderita asma.

Namun perlu diketahui bahwa satu satu nya efek yang akan kamu terima adalah air seni dan feses yang agak berubah kemerah-merahan. Bayi berumur 1 tahun juga telah dapat diberikan konsumsi buah naga.

Manfaat dan khasiat buah naga merah tidak hanya sebatas untuk orang dewasa saja, akan tetapi jika diberikan pada bayi secara teratur maka sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Sistem pencernaan bayi sangat lemah sehingga buah-buahan bertekstur kasar tidak di anjurkan untuk asupan si kecil. Buah naga memilki daging yang lunak dan bertekstur lembut, walaupaun memiliki banyak biji tetapi terbukti aman di konsumsi sehingga buah naga tetap aman untuk bayi.

Sebenarnya yang menjadi tolak ukur umur bayi yang aman untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan melihat kondisi si kecil. Apakah ada alergi atau tidak, jika tidak maka mengkonsumsi buah naga dapat diteruskan.

Buah naga merah memiliki kandungan gizi yang berguna untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Diantara kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu lemak, protein, vitamin, serat, mineral, kalsium, karoten posfor dan riboflavin.

Jika melihat kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga, tentunya sangat ideal untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam tiap tahap perkembangannnya. Buah yang satu ini bisa langsung diberikan pada bayi sebagai MPASI.

Tidak perlu diolah terlebih dahulu sebab teksturnya lembut sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna.

Melimpahnya kandungan vitamin dan mineral pada buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi bayi. Dengan mengkonsumsi buah naga maka akan meningkatkan sistem imun si kecil sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan tumbuh kembangnya.

Selain itu, buah naga juga berkhasiat dalam meningkatkan kinerja otak sehingga si kecil tumbuh menjadi seorang anak dengan IQ yang bagus.

Vitamin C pada buah naga akan berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Berikan buah naga sesuai dengan kreasimu sehingga si kecil tidak akan merasa bosan. Kamu bisa memberikan buah naga dalam bentuk puree, bubur, puding mapun diberikan langsung.

Buah naga juga mengandung protein cukup tinggi yang berfungsi dalam proses metabolisme tubuh bayi. Disamping itu jika diberikan secara rutin maka berguna untuk mejaga kesehatan jantung si kecil.

Buah naga juga mengandung karotin yang berfungsi untuk menguatkan otak dan menjaga kesehatan mata si kecil.

Seperti halnya buah-buahan pada umumnya, buah naga akan memberikan efek positif bagi kesehatan si kecil jika diberikan secara rutin. Buah-buahan memang sangat efektif untuk diberikan pada bayi sebagai MPASI.

Melimpahnya kandungan vitamin dan mineral menjadikan buah-buahan sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Efek samping dari mengkonsumsi buah naga merah untuk bayi sejauh ini tidak ditemukan, justru buah ini sangat ideal dalam menkunjang pertumbuhan dan menjaga kesehatan si kecil.

Disamping buah naga, untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, berikan juga jenis buah yang lainnya seperti alpukat, jeruk dan pisang.

10Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

www.sehatcenter.com

Didalam buah naga merah terkandung banyak nutrisi penting yang sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kecantikan seperti vitamn C, protein, kalsium, kalium, serat, mineral, zat besi dan fosfor.

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki bentuk unik dan rasanya yang manis hambar. Buah naga ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu buah naga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Buah naga merah ternyata memiliki manfaat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Di dalam kandungan buah naga merah kaya akan vitamin B3, vitamin ini bermanfaat untuk melembabkan berbagai jenis kulit, selain itu juga dapat menghaluskan kulit yang kasar.

Cara pemakaiannya :

Pertama-tama kamu harus siapkan buah naga yang ukurannya sedang, setelah itu buah naga di bersihkan terlebih dahulu lalu di blender dengan ditambahkan ½ gelas air putih. Apabila buah naga telah halus, selanjutnya saring dan buang ampasnya.

Setelah itu oleskan ke seluruh kulit wajah, kulit leher dan bila kamu inginkan dapat di oleskan keseluruh tubuh. Untuk hasi maksimal, kamu dapat melakukan perawatan kulit ini 1 minggu sekali secara rutin dan teratur.

Dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini

Selain dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, buah naga merah dapat mencegah timbulnya penuaan dini.

Hal ini dikarenakan didalam buah naga terdapat kandungan vitamin E dan betacarote yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel jahat yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Mencegah dan menghilangkan jerawat

Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam mencegah dan menghilangkan jerawat.

Caranya yaitu :

Siapkan ¼ buah naga merah segar, lalu haluskan dengan menggunakan blender sampai halus. Setelah itu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama satu malam, bersihkan pada pagi hari dan lakukan perawatan ini sampai jerawat hilang.

Mengatasi kulit yang terbakar panas matahari

Caranya yaitu :

Campurkan 2 sendok makan air perasan buah naga merah dengan 2 sendok makan air perasan mentimun, lalu oleskan pada bagian kulit yang terbakar panas matahari dan biarkan sampai kering agar meresap kedalam pori-pori kulit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin, lakukan perawatan ini sampai sembuh.

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Caranya yaitu :

Siapkan perasan air buah naga secukupnya, lalu oleskan keseluruh kulit yang ingin dilindungi. Biarkan selama 30 menit agar air perasan buah naga merah meresap kedalam kulit, lalu bersihkan dengan air dingin dan lakukan perawatan ini seminggu 2 kali.

Hasil ekstraksi semua bagian buah naga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak, misalnya akibat luka. Bahkan di negara barat dimanfaatkan sebagai anti sunburn atau meredakan panas akibat terbakar sinar matahari, sebab kandunga air, protein, zat kimia hydroxyproline, kemampuannya menarik air, serta DNA kolagen dalam buah naga mampu memperbaiki sel-sel epitel kulit kembali normal.

Dari penelitian para ahli, buah naga yang mengandung air hampir 90 persen, ternyata juga mengandung DNA kolagen yang sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Tapi, ini bisa diperoleh bila buah naga diolah sedemikian rupa hingga menjadi bahan kosmetik berupa krim wajah.

Apapun jenisnya, buah naga mengandung banyak vitamin, terutama vitamin E dan C. Kedua vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang bagus untuk kulit, terutama untuk menghambat proses penuaan dan mengatasi kerutan di wajah (antiwrinkle).

Kandungan vitamin buah naga yang tinggi bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Bila dimanfaatkan sebagai masker, buah naga dapat mencegah munculnya jerawat.

Buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga akan diganti dengan sel-sel kulit baru yang lebih bagus. Itu karena buah naga mengandung biji kecil-kecil yang merata.

Nah, kamu bisa menggunakan masker buah naga untuk mendukung perawatan kecantikanmu.

Siapkan daun, bunga, kulit pembungkus  dan daging buah buah naga. Ambil masing-masing bagian sedikit saja, misalnya satu lembar daun,satu kuncup bunga, dan setengah bagian daging buah naga yang belum dikupas.

Potong kecil-kecil, masukkan ke dalam blender dan haluskan. Oleskan pada kulit yang mengalami luka atau sunburn. Biarkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air. Masker dengan pembuatan ini dapat memperbaiki kondisi kulitmu.

Jika kamu ingin mengatasi kerutan pada kulit, kamu bisa mengolah buah naga dengan cara berikut. Ambil buah naga berukuran sedang. Kupas kulitnya, lalu cuci hingga bersih.

Selanjutnya potong kecil-kecil, tambahkan sedikit air dan haluskan dengan blender. Setelah menyerupai pasta, masukkan ke dalam wadah, lalu tambahkan dua sendok makan madu. Aduk-aduk dan oleskan ke wajah. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Selanjutnya oleskan pelembab.

Buah naga juga mampu membantu kamu untuk melangsingkan tubuh. Kandungan serat pada buah naga mampu mengikat lemak yang menumpuk pada tubuh. Oleh karena itu dengan kandungan serat yang tinggi buah naga bisa membantu tubuhmu terlihat lebih langsing.

Jika kamu hanya menggunakan buah naga untuk dikonsumsi, jangan buang kulitnya. Karena kamu bisa mengolah kulit buah naga menjadi beragam makanan.

Berdasarkan uji klinis, ternyata tak hanya daging buah naga yang menyimpan sejuta khasiat. Kulitnya yang cerah dan cenderung bersisik juga diketahui mengandung senyawa aktif seperti pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol.

Kedua senyawa ini sangat ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah. Bahkan keampuhan ini menyamai obat Troxerutin yang dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro.

Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mereduksi potensi pembuluh darah pecah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah.

Selain memelihara fleksibilitas pembuluh darah, ternyata kulit buah naga juga berperan untuk menghambat pertumbuhan tumor sel tumor B16F10. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Departement of Applied Chemistry National Chinan University.

Untuk mendapatkan manfaat kulit buah naga ini, bisa dengan cara mengkonsumsi langsung ekstrak kulit buah naga yang banyak beredar di pasaran. Tapi jika kamu tidak takut repot, cobalah mengolah kulit buah naga menjadi teh yang siap seduh setiap saat.

Caranya cukup mudah. Ambil kulit buah naga dan potong tipis-tipis. Setelah itu keringkan di bawah sinar matahari selama 1 atau 2 hari, tergantung pada tingkat pencahayaan matahari. Setelah cukup kering, kulit buah naga sudah bisa dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya teh.

Mulai pagimu dengan meminum teh dari olahan ini. Untuk khasiat lebih optimal, akhirilah harimu juga dengan satu cangkir teh kulit buah naga sebelum tidur. Khasiatnya sangat baik, selain memelihara pembuluh, juga bisa untuk mereduksi kadar gula darah dan menghaluskan kulit.

Jika kamu penasaran, kamu juga bisa mengolah kulit buah naga menjadi sambal yang akan memanjakan lidahmu.

Ternyata di samping buahnya yang lezat. Kulit buah naga juga nikmat untuk di buat sayuran oseng sambel kulit buah naga.

www.bsukses.com
www.bsukses.com

– Setelah kulit di bersihkan, silakan potong potong daun kulit warna hijau kulit buah naga.
– Iris kecil kecil sesuai selera.

Bumbu sederhana. (bisa kamu kreasikan)
– Bawang merah secukupnya
– Bawang putih secukupnya
– Cabai secukupnya
– Garam.
– Tomat.
Setelah Bumbu di olah menjadi sambel. Silakan panaskan miyak dan tumis bumbu terlebih dahulu.
Setelah bumbu setengah matang silakan masukkan irisan kulit buah naga dan tumis hingga masak. Selamat mencoba ya!